Tips Ternak Udang Vaname Yang Benar

Tahukah Anda bagaimana sih tips ternak udang vaname yang benar? Jenis hewan laut yang berasal dari wilayah beriklim sub tropis ini termasuk kedalam keluarga udang yang masuk kedalam udang yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dengan cepat dan maksimal. Hal tersebut tentunya dapat mempercepat waktu panen, tak heran jikalau banyak peternak yang memilih untuk budidaya udang vaname untuk bisnis yang menguntungan.

Meskipun demikian bukan berarti Anda mengindahkan tata cara ternak udang vaname yang benar. Sebab penerapan langkah ternak udang vaname yang benar tentunya juga menjadi faktor pendukung untuk menghasilkan panen yang maksimal dan sesuai dengan harapan.

Lalu bagaimanakah kiat sukses ternak udang vaname yang benar demi mendapatkan panen yang maksimal? Berikut adalah info selengkapnya.

Trik Jitu Ternak Udang Vaname yang Benar Demi Hasil Panen Maksimal

Berikut ini trik jitu ternak udang vaname yang benar demi hasil panen maksimal yang sebaiknya Anda tahu.

1.Mempersiapkan lahan pembdudayaan

Tips ternak udang vaname adalah dengan mempersiapkan lahan guna pembudidayaan terlebih dahulu. Pastikan bahwa tempat yang Anda pilih baik dalam segi lingkungan yang mampu menghalangi proses pembibitan.

2.Penebaran bibit

Sebelum bibit disebar biasanya kolam akan melalui proses aklamasi terlebih dahulu.Setelah itu barulah memasuki tahapan penebaran bibit udang vaname. Waktu yang tepat untuk melakukan penebaran bibit adalah siang hari ketika matahari mencapai puncak sinarnya.

3.Pemeliharaan udang vaname

Pemeliharaan jenis udang vaname cukup simpel dan tidak membutuhkan perhatian khusus. Biasanya 7 hari sejak penebaran benih udang Anda tidak perlu memberinya pakan terlebih dahulu, sebab mereka memanfaatkan makanan alami yang berada pada kolam.

Jika tahapan ini telah lolos, Anda bisa memberinya pakan tambahan dengan kandungan protein yang tinggi mencapai 30% dari takaran pakan yang diberikan. Berikan pakan 3-4 kali selama satu hari dengan takaran yang pas.

4.Masa panen

Nah jika udang telah menginjak usia 3-4 bulan biasanya siap untuk dipanen. Jangan lupa untuk melakukan pengapuran 2-3 hari terlebih dahulu pada kolam sebelum melakukan proses panen.

Nah itulah tadi tips ternak udang vaname yang benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini yang semoga bermanfaat, terima kasih.