Tips Simpel Agar Shalat Selalu Tepat Waktu

Menjalankan ibadah sholat fardhu merupakan hal yang wajib bagi setiap muslim dan muslimah. Namun kesibukan yang begitu menyita waktu, kebiasaan malas, dan berbagai pengaruh lingkungan tak jarang membuat sholat terasa begitu berat dijalankan.

Hal inilah yang tak jarang membuat kita sering terlambat atau bahkan terlewat dalam menjalankan sholat wajib tersebut. Nah, untuk sekedar berbagi inilah beberapa tips menjalankan sholat tepat waktu yang semoga bermanfaat.

Langkah pertama buatlah jadwal kegiatan yang tidak melanggar jadwal waktu shalat.

Setelah itu tempel waktu jadwal shalat di dinding kamar dengan tempat yanng mudah dilihat. Janagan lupa Anda juga perlu menyimpan jadwal sholat dalam ukuran kecil yang bisa disimpan di dompet yang akan membuat Anda muddah mengetahui kemana pun Anda pergi.

Buatlah ruangan shalat di rumah dengan suasana yang senyaman mungkin dengan menjaga kebersihan atau kerapihannya. Kenyamanan ruangan sholat akan mempengaruhi semangaat dan kekhusukan saat sholat. Lihat juga tata cara sholat tahajud.

Atur dan seting alarm waktu shalat baik pada jam di rumah ataupun di HP sebagai penanda supaya kita segera melaksanakan shalat. Jika perlu pilih suara alarm yang enak didengar atau lucu agar kita termotivasi untuk segera shalat.

Unduh aplikasi tentang jadwal waktu sholat dari Playstore dan pilih lagi atau melodi yang Anda inginkan saat waktu sholat tiba. Saat ini ada banyak aplkasi semacam ini yang bisa diunduh secara gratis.

Atur pekerjaan Anda agar bisa diselessaikan atau dtunda beberapa mennit seblum waktu sholat tiba dan bersegeralah untuk berwwudhu.

Sebelum pulang kerja dari kantor sebaiknya mengambill air wudhu terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan Anda menjalankan shalat di tengah perjalanan yang mungkin saja tidak mudah menemukan tempat wudhu.

Atur pekerjaan kantor dengan membuat skala prioritas sehingga Anda bisa bekerja dengan lebih terencana. Atur manajemen waktu dan kelola pekerjaan Anda agar bisa selesai sebelum waktu sholat tiba. Istirahatlah beberapa sambil niat sholat agar Anda bisa lebih fresh dan lebih khusuk saat menjalankan sholat.

Demikianlah beberapa tips simpel agar shalat selalu tepat waktu yang semoga bermanfaat.