Tips Saat Melakukan Perjalanan Jauh atau Touring

Lakukanlah Tips Berikut Jika Anda Berpergian Jauh Menggunakan Sepeda Motor
Apakah anda merencanakan atau pernah berpikir untuk mengisi waktu liburan anda dengan touring yang jarak jauh ? Misalnya lintas antar pulau atau pergi ke pulau bali dengan menggunakan sepeda motor ?

Jika iya, berarti kalian harus menyiapkan hal-hal berikut ini sebelum berangkat touring.

Menentukan jarak tempuh dan rute

Tips yang pertama, yang dimana harus kalian lakukan jika niat untu melakukan touring jarak jauh adalah memutuskan tujuan kalian dan mau lewat mana saja. Pertimbangkan dan juga hitung jarak yang akan kalian tempuh dan juga kota mana saja yang hendak kalian lewati.

Kalian juga harus menentukan mau lewat jalur pantai, jalur pegunungan atau kombinasi antara jalur gunung dan jalur pantai. Kalian bisa gunakan bantuan Waze atau Google Maps untuk mencatat jarak antar kota yang akan kalian lewati.

Lakukan pemanasan terlebih dahulu

Sebelum kalian berangkat melakukan perjalanan yang jauh dimana membutuhkan waktu sekitar 1 atau 2 jam. Lakukan pemanasan terlebih dahulu seperti olahraga selama 5 menit. Hal tersebut supaya otot-otot di seluruh badan tidak mudah kaku.
Otot yang tidak mudah kaku dan juga aliran darah yang lancer akan menjadikan badan lentur. Sehingga saat kalian melakukan maneuver di atas motor, otot kalian pun akan lebih fleksibel.

Bukan berarti melakukan pemanasan dengan sembarangan. Lakukanlah pemanasan yang baik dan benar mulai dari leher atau kepala, kemudian pundak, lengan bawah, lengan atas, pinggang serta lutut, hingga kaki. Dan lakukan relaksasi dengan menarik nafas dan membuangnya secara perlahan, lakukanlah sebanyak 3 kali.

Motor harus dipersiapkan matang-matang

Sebelum kalian melakukan perjalanan jauh atau touring, motor yang digunakan untuk touring harus dipersiapkan dengan baik. Oleh sebab itu, kalian harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan tune-up motor di bengkel resmi (dealer) terpercaya. gadai bpkb mobil di tangerang
Dan jangan lupa untuk bilang ke montir atau pihak bengkel bahwa pemeriksaan motor ini untuk keperluan perjalanan jauh atau touring antar kota agar pihak bengkel dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

Siapkan perlengkapan atau keperluan touring

Selain perlengkapan mesin motor, SIM dan STNK kalian juga wajib dipastikan hidup dan pajaknya tidak kedaluarsa. Beberapa perlengkapan pendukung lainnya untuk motor yang bisa kalian pasang untuk touring. Seperti klakson, braket box, box samping, box utama, engine guard, klakson dan windshield.