Tips Mengatasi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening atau kelenjar limfa merupakan adanya pembengkakan pada gumpalan jaringan kecil yang bentuknya bulat dan tersebar di seluruh tubuh yang dikenal dengan kelenjar getah bening.

Kelenjar ini adalah bagian dari sistem imun atau daya tahan tubuh karena menggandung sel-sel darah putih dan antibodi. Dengan kata lain bahwa kelenjar getah bening memiliki peran dalam melawan infeksi dan penyakit.

Pembengkakan pada kelenjar getah bening bisa disebabkan karena tubuh diserang penyakit atau terinfeksi, sehingga memperbanyak produksi sel imun yang ada dalam tubuh. Jika banyaknya produksi sel imun akan menyebabkan pembesaran atau pembengkakan pada kelenjar limfa.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pembengkakan pada kelenjar getah bening :

  1. Gunakan Bawang Putih

Zat anti inflamasi dan anti mikroba yang dimiliki oleh bawang putih ampuh mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening. Caranya dengan menghaluskan bawang putih dan membalurkan ke area tubuh yang bengkak sambil dipijat perlahan. Cara ini dilakukan setiap hari hingga pembengkakan hilang.

  1. Kompres dengan Air Hangat

Mengompres air hangat pada area tubuh yang bengkak mampu menghilangkan benjolannya, karena air hangat bisa melunakkan jaringan kulit serta mampu memperlancar peredaran darah. Sel darah tidak akan mengalami penggumpalan pada benjolan getah bening apabila peredaran darah lancar

  1. Gunakan Madu

Kita semua mungkin tidak asing lagi dengan madu, dan semua orang juga tahu bahwa madu memiliki banyak manfaat baik itu untuk kecantikan maupun kesehatan. madu juga mampu meredakan pembengkakan kelenjar getah bening dengan cara meminumnya secara rutin serta mengoleskan pada bagian tubuh yang bengkak, karena madu juga megandung zat anti inflamasi.

  1. Gunakan Kunyit dan Susu

Menggunakan kunyit yang dihaluskan secukupnya dan diperas ke dalam segelas susu mampu menghilangkan pembengkakan kelenjar getah bening. Karena adanya kandungan zat anti inflamasi pada susu dan kunyit sehingga cara ini mampu mengatasi peradangan kelenjar getah bening.

Itulah beberapa cara atau langkah yang bisa kita manfaatkan dan praktekkan untuk menghilangkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.