8 Tips Membuat Kue Kering Untuk Pemula !

Tahukah kalian apa saja tips membuat kue kering agar renyah? Nah berikut ini mimin akan memberikan informasi tips membuat kue kering anti gagal dan pastinya hasilnya enak dan renyah. Yuk simak berikut ini caranya !

Kue kering memang cocok dinikmati dalam suasana apapun seperti minum kopi dan teh, santai, bahkan saat liburan. Teksturnya yang ringan dan jenisnya yang beragam membuat kue kering sering menjadi pilihan camilan.

Di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, banyak orang mulai membuat stok kue kering untuk suguhan dan hantaran lebaran. Jika Anda ingin mulai belajar cara membuat cookies tapi masih takut gagal, delapan tips sederhana ini bisa Anda praktikkan.

Tips Membuat Kue Kering Enak, dan Renyah!

tips membuat kue kering

1. Pastikan untuk menyaring bahan tepung yang akan digunakan

Jangan malas, ayak bahan-bahan berupa tepung, termasuk gula halus, coklat bubuk, dan sebagainya. Tepung yang diayak akan menghasilkan butiran yang halus dan tidak menggumpal sehingga kue kering Anda akan renyah namun tetap lembut. Untuk jenis tepungnya, gunakan tepung terigu berprotein rendah atau sedang untuk membuat cookies.

2. Aduk mentega dan gula hingga pucat

Saat mengocok mentega dan gula, pastikan warnanya pucat dan teksturnya creamy. Ini akan membuat kue menjadi lembut dan mengembang dengan baik.

Namun, pastikan Anda tidak mengocok kedua bahan tersebut terlalu lama karena dapat membuat kue menjadi rata dan menggumpal.

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Nanas Kering Dijamin Endulita

3. Campur bahan kering secara bertahap

Saat mencampur bahan kering, sebaiknya lakukan sedikit demi sedikit. Jika bahan kering dicampur sekaligus, adonan akan sulit tercampur, sehingga kue tidak matang secara merata dan tampilannya tidak enak.

Gunakan spatula atau sendok kayu untuk mengaduk hingga rata, lalu lanjutkan dengan tangan agar mentega tidak meleleh namun tetap terkena suhu hangat tangan.

4. Gunakan rumus 3: 2 : 1 : 1/2

Maksud dari formula ini adalah perbandingan antara penggunaan tepung atau bahan kering lainnya, lemak (mentega atau margarin), gula, dan telur

Misal jumlah tepung terigu 300 gram, maka lemak yang dibutuhkan 200 gram, gula pasir 100 gram, dan telur 50 gram (sekitar 1 butir telur). Perbandingan bahan yang tepat tentunya akan menghasilkan kue yang lebih enak dan renyah.

5. Gunakan panci pendek

Saat memanggang kue, pastikan untuk menggunakan loyang kue khusus yang pendek saat memanggang. Jika Anda menggunakan loyang tinggi yang digunakan untuk kue, suhu loyang mungkin lebih tinggi dari yang diinginkan karena lebih banyak menyerap panas dari panggangan. Tentu saja kue Anda akan lebih berisiko gosong.

6. Olesi kuning telur setelah setengah matang

Beberapa jenis kue kering harus diolesi dengan kuning telur di atasnya, seperti nastar dan kue kacang. Sebaiknya olesi kuning telur saat kue setengah matang, karena jika Anda memasukkannya ke dalam oven lebih awal, lapisan atas kue akan mudah gosong.

Selain itu, menyikat kuning telur saat setengah matang akan menghasilkan warna kue yang lebih indah.

Trik Agar Kue Matang Merata Ke Dalam

Agar kue matang merata ke dalam, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Pastikan ketebalan kue seragam sehingga tidak ada kue yang matang lebih awal dari yang lain.
  • Perhatikan juga suhu oven agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah, yaitu pada kisaran 150-170 derajat Celcius. Panaskan oven selama sekitar 10 menit sebelum memanggang kue.
  • Jangan berlebihan saat menguleni, menggulung, atau membentuk kue, cukup aduk rata.

Tips Agar Kue Tidak Lengket Di Loyang

Untuk menghindari kue yang sulit dikeluarkan dari wajan saat dimasak, ikuti dua tips ini.

  • Gunakan gula atau bahan tambahan seperti keju, choco chips, dll sesuai selera, agar kue tidak cepat karamel, yang akhirnya membuat kue gosong dan menempel di wajan.
  • Gunakan kertas roti untuk loyang agar kue tidak bersentuhan langsung dengan loyang. Jika tidak, olesi sedikit dengan margarine secara merata.

Itulah beberpa tips membuat kue ering sederhana bagi Anda yang ingin mulai membuat kue kering. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba memasak! Semoga berhasil. See you ^^