Tips dan Cara Budidaya Ikan Nila di Kolam Terpal

Budidaya ikan nila di kolam terpal semakin banyak di lakukan karena memiliki keunggulan dibandingkan ketika anda budidaya ikan lain. Keunggulan budidaya ikan nila antara lain: modal yang kecil, tempat budidaya berupa terpal yang jauh lebih murah dibandingkan degan anda harus membuat kolam terlebih dahulu, target pasar yang luas karena ikan nila banyak dijadikan menu masakan yang dijual setiap harinya, bibit ikan nila yang mudah di dapatkan (harga tergantung dengan jenis benih yang diinginkan) dan jenis ikan nila yang beragam.

Berbagai jenis ikan nila yaitu ikan nilai lokal asli dari Indonesia yang dikembangkan di daerah Sulawesi Utara namun pertama kali muncul dari Taiwan, merupakan jenis ikan nila yang paling sering kita jumpai. Kedua ikan nila merah gift merupakan jenis baru dari persilangan ikan nila Ghana, Singapura, Kenya, Israel, Senegal, Taiwan dan Mesir.

Dibandingkan dengan ikan nila jenis lokal ikan nila merah gift ini lebih tahan penyakit dengan masa produktif satu setengah tahun sampai dua tahun. Adapun jenis lain seperti ikan nila nirwana, ikan nila gesit, ikan nila tempe, ikan nila terbaik dan jenis lainnya yang merupakan persilangan dari jenis-jenis yang sudah ada.

Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Berikut ini langkah yaang mesti dieprhatikan dalam cara budidaya ikan nila di kolam terpal:

Budidaya ikan nila cukup mudah dan simple dilakukan, pertama siapkan terpal yang akan dipakai sebagai kolam pembudidayaan misal ukuran 3×3 meter.

Kedua, buat terpal layaknya sebuah kolam yang bisa menampung kedalaman air 80 sampai 100 cm dengan jumlah benih ikan nila yang ditabur 15 sampai 20 ekor per meter perseginya, jadi apabila kolam terpal yang dibuat berukuran 3×3 meter jumlah penaburan ikan sekitar 135-180 ekor (jangan terlalu banyak menaburkan ikan nila dalam satu kolam secara bersamaan karena nantinya aka ada benih ikan nila yang tidak bisa tumbuh sempurna).

Ketiga, Beri makan ikan 3 sampai 4 kali sehari, makan ikan nila bisa berupa plankton, tumbuhan lunak dan bisa juga diberi pelet 2-4% dari bobot biomasa.

Waktu panen ikan nila dari benih sampai siap konsumsi membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 bulan.

Demikianlah dan semoga artikel tentang tips dan cara budidaya ikan nila di kolam terpal ini bermanfaat.