Tips Atasi Pilek dengan Cara Sederhana

Seluruh orang pasti dulu pilek, dengan tanda-tanda bersin-bersin, hidung tersumbat ataupun meler. Dalam setahun, orang dewasa setidaknya terserang pilek dua atau tiga kali. Sebuah studi oleh Amerika Medial Association memperkirakan tersedia 500 juta orang terkena pilek atau comon cold tiap-tiap tahunnya.

Berbeda dengan flu, pilek lazimnya disebabkan oleh rhinovirus. Pilek bahkan lazimnya cuma terjadi sebagian hari saja agar tidak perlu obat-obatan spesifik untuk memecahkannya.

Berikut ini sebagian metode gampang memecahkan pilek yang dikutip dari prosehat tentang cara atasi flu.

Menghirup uap teh panas

Secangkir teh penas tidak cuma dapat menghangatkan tubuh. Seperti dikutip dari Health.com, sebelum saat meminumnya, Anda dapat menghirup uap dari teh panas itu untuk melegakan hidung yang tersumbat. Dokter THT, Murray Grossan, MD dari Cedars-Sinai Hospital, Los Angeles mengatakan, dia rutin minum teh hitam atau teh hijau panas yang dicampur lemon dan madu.

Menghirup uap teh panas berguna untuk menstimulus silia atau folikel rambut di hidung mengeluarkan bakteri. Murray membeberkan, lemon dapat menolong mengencerkan lendir atau ingus, walaupun madu sebagai antibakeri.

Vitamin C

Konsumsi vitamin C didalam dosis besar diandalkan bisa menolong mengurangi lamanya pilek berlangsung. Akan tapi, tingkat keberhasilanya berbeda-beda tiap-tiap orang. Dosis safe vitamin C tidak lebih dari 1000-2000 mg per hari. Bila benar-benar banyak dapat membikin Anda bahkan sakit perut.

Vitamin C diukur benar-benar penting untuk perkembangan jaringan dan sebagai antioksidan. Tetapi, berdasarkan Madline Plus, suplemen vitamin C dosis tinggi sebaiknya dihindari dikala hamil atau mempunyai penyakit ginjal.

Makan sup ayam

Makan semangkok sup ayam hangat bisa saja dapat benar-benar menolong dikala pilek. Penelitian terhitung menandakan mengkonsumsi kaldu ayam dapat membikin kebugaran tubuh lebih bagus.

The New York Times terhitung dulu mengutip sebuah studi oleh Dr. Stephen Renard yang menonjolkan terdapatnya pengaruh makan sup ayam pada sel darah putih. Peneliti menemukan, sup ayam bisa menghalangi pergerakan neutrofil, ialah variasi sel darah putih yang menyokong terjadinya infeksi.

Jadi, makan sup ayam dapat menolong mengurangi tanda-tanda penyakit saluran pernafasan atas. Akan tapi, para peneliti belum mengenal pasti yang mana bahan dari sup ayam yang bermanfaat menghalangi neutrofil.

Minum obat sirop atau kapsul

Bila pilek disertai tanda-tanda batuk-batuk, pilihlah obat batuk yang pas, ialah yang bisa mengurangi ingus ataupun sputum. Akan tapi, memecahkan batuk-batuk belum pasti bisa menghalau pilek.

Sebagian obat batuk dapat membuat beraneka pengaruh samping. Seumpama, obat batuk yang memiliki kandungan dekongestan bisa tingkatkan tekanan darah. Seperit dikutip dari Laman MD, hindari obat batuk hal yang demikian kalau mempunyai tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Obat batuk sirop yang memiliki kandungan antihistamin ataupun dekongestan terhitung kerap kali diaplikasikan untuk memecahkan keadaan sulit hidung tersumbat. Tetapi, WebMD menceritakan sebagian antihistamin terkini tak ternyata berprofesi untuk memecahkan pilek.

Sebaiknya Anda waspada kalau minum beraneka obat, semisal paduan obat yang memiliki kandungan penghilang rasa sakit seperti acetaminophen dengan antihistamin atau dekongestan. Observasi pertanda pengaplikasian.

Jika sakit berlanjut, baiknya panggil dokter ke rumah untuk mendapatkan penanganan lebih maksimal lagi kedepannya. Biar tidak salah dalam penangan