Tips Aman dan Nyaman Rumah di Daerah Banjir

Beberapa wilayah di Indonesia sangat rawan terkena banjir. Curah hujan yang tinggi seringkali menyebabkan banjir di banyak daerah termasuk kota-kota besar. Banjir tentu merugikan masyarakat karena dapat mengganggu aktivitas bekerja dan sekolah.

Kendaraan tidak dapat beroperasi dengan baik dan sering mogok karena air yang naik terlalu tinggi. Tidak hanya itu, air yang menggenang dapat menimbulkan berbagai penyakit yang mudah menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

Belum lagi jika air sampai masuk ke dalam rumah warga, hal ini tentu menyebabkan keadaan rumah menjadi tidak aman dan nyaman. Bukan tidak mungkin air membawa benda-benda yang bisa membahayakan ke dalam rumah. Berbagai peralatan dan perabot yang berada di dalam rumah juga bisa mengalami kerusakan.

Aman dan Nyaman Punya Rumah di Daerah Banjir

Melihat berbagai dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh banjir, kali ini kami berikan tips cara menata rumah minimalis di daerah banjir agar tetap aman dan nyaman. Simak beberapa tips rumah di daerah banjir yang bisa menjadi solusi bagi Anda selama ini sebagai berikut.

Persiapan Sebelum Membangun Rumah

Jika Anda akan membangun rumah di daerah yang rawan banjir, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Membangun pondasi yang tinggi

Pondasi yang tinggi bisa dibuat dengan menimbun lokasi pondasi dengan tanah terlebih dahulu. Pondasi yang tinggi bisa menghambat air masuk ke dalam pintu rumah.

Memilih desain rumah panggung

Desain Rumah Panggung Modern

Rumah panggung tidak hanya bisa dibangun di daerah tempat honeymoon di Lombok. Anda bisa membangun rumah panggung di kota dengan desain yang lebih modern.

Meninggikan Permukaan Teras

Anda juga bisa meninggikan permukaan teras menuju ke ruang tamu. Peninggian ini bisa dilakukan dengan memberi beberapa anak tangga. Selain teras, Anda juga bisa meninggikan permukaan ruang tamu dan ruangan lain yang biasanya terkena banjir.

Perhatikan Perabotan

Jika rumah Anda berada di daerah yang rawan banjir, sebaiknya menaruh perabotan seminimal mungkin di lantai dasar. Hal ini untuk menghindari kerusakan atau kehilangan perabot saat terkena banjir. Anda juga bisa memilih material dan perabot rumah yang tahan air.

Banjir memang bisa terjadi kapan saja saat musim penghujan. Oleh karena itu, Anda bisa mengantisipasinya dengan tips rumah di daerah banjir di atas sebagai solusinya.