Tap Mesin

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu pernah dihadapkan dnegan masalah-masalah kecil tentang kerusakkan di rumah. Contohnya kerusakan keran air karena mur yang terlepas dari tempatnya, atau mur yang terlepas dari pintu lemar. Permasalahan-permasalahan terkait dengan mur kadang menjengkelkan jika bagian mur terlepas atau sulit untuk melepaskan mur dari posisinya. Lalu apa yang biasanya Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Sebenarnya Anda tidak perlu khawati dengan hal tersebut, apalagi sampai meinta jasa teknisi hanya untuk melepas mur dari tempatnya. Anda cukup menggunakan mesin tap untuk membantu anda mengatasi masalah ulir dan juga mur. Tahukah Anda ap aitu mesin tap?

Mesin tap adalah alat yang dapat digunakan untuk membuat bagian ulir pada dalam permukaan bahan kerja atau membuat lubang mur dengan menggunakan tangan ataupun dengan menggunakan mesin. Tap disebut juga dengan istilah snei.

Tap atau snei tidak hanya dapat digunakan untuk membuat ulir yang baru, namun juga daoat digunakan untuk memperbaiki ulir yang sebelumnya telah rusak. Nah untuk menelusuri lebih jauh, mari kita mempelajari tentang jenis-jenis tap yang digunakan sebagai alat cutting tools.

  1. Tap pembentuk ulir

Tap pembentuk ulir umumnya digunakan untuk membentuk ulir pada bahan kerja yang permukaannya cukup lunak seperti aluminium, tembaga, kuning ataupun baja karbon. Cara kerja tap pembentuk ulir adalah dengan menggulung ulir ditempatnya dengan cara menggeser bahan sebagai benda kerja. Karena itu tidak diperlukan pemotongan benda kerja, namun perlu diperhatikan untuk membuat countersink pada permukaan material atau bahan kerja.

  • Tap perbaian ulir otomatis

Tap perbaikan ulir otomatis biasnaya digunakan untuk keperluan komponen-komponen otomotif. Tap jenis perbaikan ulir otomatis berfungsi untuk memperbaiki ulir bagian dalam khusus untuk komponen otomotif. Selain itu ia juga dapat digunakan untuk menghilangkan goresan atau torehan pada permukaan bahan kerja, dan juga dapat digunakan untuk mempersihkan kotoran berupa kerak karbon pada bagian busi. Kelebihan menggunkan tap perbaikan ulir otomatis adalah ia dapat memperbaiki ulir dalam tanpa melakukan pemotongan bagian bawah.

  • Tap mur

Mesin tap denga jenis tap mur biasanya digunakan untuk memproduksi ulir pada mur pada jumlah massal atau banyak. Pada saat proses pemotongan mur, setelah mur berhasil ditap maka mesintap tidak akan langsung berhentu. Mur yang telah ditap akan ditampung pada bagian penampung mesin tap. Tap mur memiliki bentuk yang Panjang dan memiliki ukuran diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan bagian dalam ulir

  • Tap puli

Tap puli memiliki bentuk tangkai yang sangat Panjang dan dapat digunakan untuk metap tempat yang sulit untuk dijangkau oleh tap yang memiliki ukuran tap dengan Panjang yang normal. Tap puli biasanya digunakan untuk membuat ulir pada bagian dalam komponen hub atau puli. Selain digunakan untuk mengetap hub dan puli, tap puli juga dapat digunakan untuk mengetap bagian yang Panjang dan tidak terjangkau oleh tap pada umumnya.

  • Tap Galur Spiral

Tap galur spiral memiliki bentuk yang sama dengan namanya yaitu memiliki bentuk berupa galur yang spiral. Terdapat dua jenis tap galur spiral, yaitu tap galur spiral biasa dan tap galur spiral khusus. Tap galur spiral biasanya memiliki sudut heliks antara nilai 25 derajat hingga 30 derajat. Tap jenis ini cocok digunakan untuk mengangkut atau mengeluarkan tatal apabila terdapat lubang buntu pada material atau bahan yang dikerjakan, terutama jika bahan kerja terbuat dari baja atau aluminium Tangguh.

Sedangkan tap galur spiral khusus memeiliki nilai sudut heliks lebih besar yaitu 45 derajat hingga 60 derajat. Kondisi ini cocok digunakan untuk membat tatal pada lubang yang buntu, terutama untuk material yang berbahan lunak seperti logam. Karakter tap galur spiral yaitu mengeluarkan tatal menuju kerarah belakang atau dapat juga dikeluarkan kea rah tangkai tap.

  • Tap Ujung Spiral

Tap ujung spiral memiliki bentuk spiral hanya pada bagian ujungnya saja. Tap ujung spiral hanya memiliki tiga buat flute sehingga membuat proses tatal menjadi lebih mudah. Hal ni dikarenakan jumlah galur yang sedikit akan membuat lebih banyak ruang untuk tatal.  Tap ujung spiral biasanya digunakan untuk membuat pemotongan ulir pada bagian dalam yang memiliki lubang tembus. Tap ujung spiral umumnya terbuat dari bahan HSS atau baca berkecepatan tinggi dan juga dari bahan karbida. Tap ujung spiral biasanya juga disebut sebagai tap gun atau tap pistol.

  • Tap pipa

Umumnya tap pipa digunakan untuk membuat potongan ulir pada sambungan sambungan dan alat bantu pipa. Penggunaan tap pipa biasanya dilakukan untuk menghalagi gas atau air pada pipa merembes. Sifat tap pipa yang memiliki suaian yang ketat dapat membantu menghambat keluarnya gas atau air. Tap pipa terdiri dari dua jenis, yaitu

  1. Tap pipa lurus

Tap pipa lurus biasanya digunakan  untuk mengetap ulir lurus untuk pipa yang digunakan pada tekanan rendah, seperti bahan bakar dan minyak.

  • Tap pipa tirus

Tap pipa tirus biasanya dirancang untuk membuat tap ulir pada pipa yang terbuat dari logam berat dan bukan besi. Pipa logam berat biasanya digunakan untuk menyalurkan cairan atau gas. Tap jenis ini juga digunakan untuk menghasilkan ulir yang membutuhkan akurasi  dan kinerja yang cukup tinggi.

  • Tap Tangan Standar.

Tap tangan standar adalah jenis tap yang dapat digunakan secara manual. Bentuknya seperti ulir luar atau sekrup yang memiliki bagian memanjang dan melengkung atau yang biasanya disebut dengan flute atau galur. Galur berfungsi untuk membuat sisi pemotong dari tap. Jenis tap ini biasanya digunakan untuk membuat lubang baru pada bahan kerja.

Dalam satu set tap tangan biasanya terdapat tiga jenis tap dengan fungsi yang berbeda, terdapat jenis tap tapper, tap plug, dan tap bottoming. Tap tapper memiliki bentu yang tirus, dengan ukuran panjangnya tapnya adalah 7-10 ulir. Tap tappper biasanya digunakan untuk membuat memubat tap pada lubang baru. Tap jenis plus memiliki ukuran ulir 3-5 ulir, digunakan untuk membuat ulir bagian dalam yang sebelumnya telah dibuat dengan menggunakan tap berjenis tapper. Kemudian terdapat tap jenis bottoming yang berfungsi untuk membuat ulir dalam yang tidak mampu dicapai oleh tap berjenis tapper dan plug. Ukuran tap berjenis bottoming umumnya adalah 1-2 ulir.

Tap atau mesin snei sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pengetahuan seputar mesin snei atau tap dibutuhkan terutama untuk pertukangan. Tap akan mempermudah pekerja untuk membuat uir pada bahan kerja dengan ukuran yang tinggi dan kinerja yang cepat. Anda hanya perlu mengetahui apa saja tap yang dapat anda gunakan untuk menghadapi masalah pembuatan ulir. Sangat mudah bukan? Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda.

untuk Informasi lebih mengenai Tap Mesin langsung ke https://gofir.co.id/threadingtools/ ya