Software Manajemen Pengiriman Vs Broker Kargo: Mana yang Lebih Baik?

Software Manajemen Pengiriman Vs Broker Kargo: Mana yang Lebih Baik?
Banyak pengirim menghabiskan hampir sama banyaknya dengan pengiriman seperti yang mereka lakukan untuk penggajian. Akibatnya, mereka mencari cara untuk meningkatkan manajemen pengangkutan dengan tujuan mengurangi biaya pengangkutan. Saat membuat departemen logistik akan terlalu mahal, sebagian besar pengirim menerapkan software logistik atau menyewa broker pengiriman. Juga dikenal sebagai software manajemen pengiriman, software logistik memungkinkan pengirim menjadi penyedia logistik mereka sendiri dengan menyediakan fungsi logistik yang komprehensif. Juga dikenal sebagai Third Party Logistics (3PL), broker pengiriman membuat pengaturan pengangkut atas nama pengirim.

Kedua opsi tersebut dapat menghasilkan solusi yang menggabungkan waktu pengiriman yang cepat, layanan pengiriman yang sangat baik, dan tarif yang terjangkau. Tetapi software logistik menawarkan keuntungan tertentu yang seringkali tidak dimiliki oleh perantara pengiriman barang, dimulai dengan biaya layanan yang rendah.

Biaya Layanan Rendah

Tidak semua opsi pialang membutuhkan investasi yang signifikan. Tetapi yang tidak berorientasi pada layanan logistik tertentu (misalnya cross docking, serta pelacakan dan penelusuran), bukan solusi yang komprehensif. Untuk manajemen lengkap dari proses pengiriman melalui 3PL, pengirim harus menggunakan adaptor pelanggan atau pengembang pelanggan, yang dapat menghabiskan biaya sebesar pemeliharaan departemen logistik.

Layanan Pelanggan Yang Sangat Baik

Keluhan nomor satu di antara pelanggan 3PL adalah perasaan jauh dari proses pengiriman. Dalam banyak kasus, ini adalah hasil dari apa yang seharusnya 3PL lakukan: mengambil fungsi logistik dari tangan pengirim. Tetapi banyak pengirim menemukan bahwa mereka menginginkan lebih banyak kendali atas pengiriman daripada yang mereka yakini sebelumnya. software logistik menghilangkan jarak antara pengirim dan proses pengiriman dengan memungkinkan pengirim menjadi penyedia logistiknya sendiri.

akun travel influencer

Opsi Pengiriman Lebih Luas

Broker pengiriman akan memberikan lebih banyak opsi daripada yang dapat Anda sadari sendiri, tanpa bantuan software logistik. Tetapi opsi tersebut dapat dibatasi dibandingkan dengan opsi yang ditawarkan oleh software logistik. Beberapa perantara pengiriman menggunakan sistem posting elektronik, di mana operator yang tersedia disesuaikan dengan muatan yang tersedia, untuk mengatur pengiriman. Meskipun menggunakan sistem ini adalah strategi yang valid, seharusnya ini bukan satu-satunya strategi, seperti yang sering terjadi. software logistik atau software ekspedisi memberdayakan pengirim untuk menjalin hubungan dengan operator yang tidak menggunakan sistem pengiriman.

Kontrol Pengiriman

Hampir setiap pengirim menginginkan kendali atas proses pengiriman. Tetapi ketika membuat departemen logistik akan terlalu mahal, banyak pengirim menyerahkan proses – dan kontrol – ke penyedia 3PL. Software logistik memberi Anda kendali yang sama atas pengiriman seperti yang dilakukan departemen logistik, tetapi sebagian kecil dari biaya. Jika muncul masalah dengan software, atau jika Anda memerlukan opsi logistik baru, penyedia software dapat menyelesaikan masalah atau membuat perubahan yang diperlukan.

Kesimpulan

Proses pengiriman melibatkan biaya yang signifikan, yang dapat dikurangi dengan menerapkan solusi logistik strategis untuk sistem manajemen transportasi. Meskipun perantara pengiriman adalah opsi yang valid, sering kali kekurangan manfaat dasar yang selalu disediakan oleh software manajemen pengiriman: biaya layanan yang rendah, opsi pengiriman yang luas, dan kontrol proses pengiriman. software logistik sering diiklankan sebagai solusi untuk pengirim kecil hingga menengah, tetapi juga dapat bermanfaat bagi pengirim besar yang ingin menghemat uang dengan tidak menyewa tim ahli logistik internal.

Salam,
Penyedia Sewa Mobil Surabaya