Simak 6 Cara Punya Keuangan Pribadi yang Sehat

Lelah bekerja sebulan penuh tentu tidak ada salahnya ketika kamu ingin melakukan self reward. Namun self reward yang berlebihan akan membuat kamu menjadi boros sehingga pengeluaran kamu juga menjadi tidak sehat.

Memiliki keuangan yang sehat memiliki banyak manfaat, selain kamu bisa self reward kamu juga bisa berbagi rejeki dengan orang-orang tercinta. Yuk ikuti beberapa tips ini agar kamu punya keuangan pribadi yang sehat.

  • Sisihkan jangan sisakan

Saat mendapatkan penghasilan pertama, orang cenderung akan membelanjakan uang tersebut sehingga mereka hanya akan menabung sisa uang yang dimiliki. Padahal hal ini tidak baik karna bisa saja pada akhir bulan justru kamu tidak memiliki uang untuk ditabung.

Paksakan diri kamu untuk menyisakannya di awal, kamu bisa menabung dengan rasio 10 persen.

  • Punya tujuan keuangan yang jelas

Memiliki tujuan keuangan yang jelas akan membakar semangat kamu untuk bekerja. Kamu bisa memasang tujuan dari mulai hal-hal kecil, misalkan menabung untuk biaya pendidikan anak atau membeli rumah.

  • Biasakan diri untuk mempunyai rencana anggaran

Mulailah kebiasaan keuangan yang baik, kamu bisa memulainya dengan memiliki anggaran belanja secara rutin. Untuk memiliki anggaran belanja yang sehat ini diperlukan komitmen dan konsistensi.

Kamu bisa membuatnya manual dengan buku, excel, maupun aplikasi pencatatan keuangan. Saat ini mencatat keuangan sudah sangat sederhana dan juga simple.

  • Evaluasi kesehatan keuangan

Ketika kamu telah membiasakan diri untuk mencatat keuangan, kamu bisa melakukan evaluasi setiap selesai membuat anggaran tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menemukan masalah finansial yang kamu miliki misalkan anggaran makan kamu berlebihan, kamu bisa mengambil langkah untuk melakukan penghematan.

Bisa juga masalah kamu terlalu banyak dana di tabungan, kamu bisa mengalihkannya ke instrumen investasi dengan begitu uang yang kamu simpan ini bisa bertumbuh. Salah satunya dengan berinvestasi di instrumen saham, jika kamu pemula di investasi ini kamu bisa mencoba beberapa aplikasi yang dapat memberikan kamu insight lho. emiten.com menjadi aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan insight itu. Yuk klik disini