Serunya Arung Jeram Sungai Elo

Wisata yang bervariasi di Yogyakarta membuat daerah ini menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang sedang menghabiskan masa liburan mereka. Banyak tempat wisata yang dikembangkan dan dihadirkan bebrapa tahun ini memanfaatkan alam yang ada. Beberapa objek wisata yang ada menawarkan keseruan dan menantang andrenalin yang membuat pengunjung berdebar-debar bahkan berteriak. Objek-objek wisata itu antara lain adalah: Cave Tubing Kalisuci, Goa Jomlang, Pantai Timang, dan yang tidak kalah serunya adalah Arung Jeram Sungai Elo.

Rafting Kali Elo

Arung Jeram jeram sendiri adalah kegiatan menyusuri jeram-jeram sungai mengunakan perahu karet. Kegiatan ini dikategorikan olahraga atau kegiatan ekstrem karena jika tidak hati-hati penumpang bisa terluka bahkan bisa kehilangan nyamanya karena terbentur bebatuan yang ada di dalam jeram. Kegiatan ini tidak bisa dilakukan sendirian namun harus berkelompok minimal 4 dan maksimal 6 orang sehingga kerjasama dibutuhkan saat mengarungi aliran sungai beserta jeramnya.

Di Magelang tepatnya di kawasan Mungkid dekat dengan Candi Borobudur, terdapat bebagai macam operator penyedia layanan arung jeram. Di sini wisatawan akan diajak menyusuri aliran Sungai Elo yang mengalir hingga ke laut selatan. Namun tentu saja di arung jeram Sungai Elo, wisatawan tidak akan mengarungina hingga ke laut tetapi hanya sampai ke titik-titik yang telah ditentukan  operator tersebut. Sungai Elo sudah sering digunakan untuk mengadakan kegiatan arung jeram dan terkenal sebagai tempat untuk berarung jeram. Bagi pemula, sungai ini cocok untuk menjadi uji nyali pertama karena sungai ini memiliki jeram-jeram dengan kelas II –III atau masuk tingkatan grade sedang dengan tingkat bahaya yang rendah.

Di kegiatan ini, wisatawan akan dipandu oleh seorang pemandu yang akan menjamin bahwa kegiatan ini akan berjalan lancar dan tanpa halangan. Sebelum turun ke air maka, sang pemandu akan melakukan briefing terlebih dahulu mengenai hal-hal yang perlu dilakukan saat arung jeram. Setelah itu akan dilakukan pemanasan agar tidak kram nantinya. Setelah semua selesai, wisatawan diminta menaiki perahu karet yang telah disediakan dan petualangan pun siap dimulai. Menyusuri arung jeram magelang sungai Elo  dibutuhkan waktu 2-3 jam. Selama itu wisatawan akan merasakan sensasi dari jeram yang ada di sepanjang aliran sungai. Tempat ini bisa menjadi pilihan paket tour ekstrem Jogja.