Resep Seblak Komplit Dan Bikin Kenyang

 Resep seblak komplit – Pada artikel ini kita akan bahas mengenai resep seblak komplit dan bikin kenyang. Sebelum ke resepnya kalian udah tahu belum apa itu seblak?

Yuk kita bahas dahulu mengenai pengertian seblak sebelum menuju ke resepnya. Cus langsung saja ke  Apa Sih Seblak itu?

Apa Sih Seblak Itu?

Seblak berasal dari bahasa Sunda yang berarti “tercengang” dalam bahasa Indonesia. Disebut siblik karena mengingatkan kita pada “kesengsaraan” saat makan biskuit mentah yang dimasak dengan bumbu.Siapa yang tidak diketahui secara pasti oleh warga Bandung? Camilan pedas dan wangi yang menyengat ini memang menjadi primadona belakangan ini.
Selain popularitas pengecoran yang semakin meningkat, tahukah Anda dari mana asal pengecoran? Seblak merupakan jajanan khas Bandung yang benar-benar menyerupai makanan dari daerah Sumpiuh, Jawa Tengah.
Sedikit orang juga yang mengatakan bahwa sablak adalah jajanan khas Jawa Tengah. Pasalnya, seblak sangat mirip dengan biskuit Godog yang sudah populer sejak tahun 1940-an, sedangkan seblak mulai populer sekitar tahun 2000-an.
Pemilik Nanutz Mania, Risa Rizki Adiaxa menuturkan, banyak orang yang mengira sablak adalah biskuit kuning yang dimasak dengan rasa pedas. Padahal seblak adalah seblak seblak bumbu yang terbuat dari kencur atau cikur dalam bahasa Sunda.
“Ada yang mengira sobak itu kerupuk goreng dan rasanya panas. Padahal sobaknya bumbu. Sekarang biskuitnya jadi topping,” kata Rida.
Resa menjelaskan, Sablaq saat ini memiliki beberapa varian. Mulai dari biskuit kuning, mi, tulang, tahu, bakso, siomay dan patagor, hingga mi bakar. Splak kini menjadi makanan yang digemari, terutama bagi kaum muda.
Dengan tekstur yang kenyal, Sablak sangat nikmat disantap saat panas dan pedas. Pengecoran tidak sulit dilakukan. Anda hanya perlu mengolah bawang tumbuk, bawang putih, dan trenggiling menjadi satu. Kemudian digoreng dengan berbagai jenis topping dengan air dan cabai.
“Siblak bikin simpel banget. Ini kemasan instan isi gelas plastik penuh dengan tutup dan lubang pembuangan. Jadi masakannya seperti mie instan tinggal difermentasi saja.”
Bahkan Nanutz Mania bukanlah satu-satunya yang membuat momen sesaat. Saat ini terdapat permintaan yang besar untuk kemasan makanan ringan yang dibuat secara fungsional dan serbaguna. Karena itu, Mommy Seblak pun menyiapkan jajanan ini di tempat.
Bahkan kini muncul jenis seblak baru, yakni rasa rendang. Pemiliknya, Mommy Seblak Lofty Rainidi menjelaskan, memiliki seblak rendang karena rendang menjadi makanan favorit di Indonesia.
“Pada dasarnya sama, hanya menambahkan bumbu rendang. Jadi orang bisa mencicipi Spellak dengan rasa yang segar dan penasaran. Tidak hanya itu kan? Katanya Lofti.

Resep Seblak Komplit Dan Bikin Kenyang

Bahan Bahan Resep Seblak

Sambal Seblak

  • 3 buah Cabai Merah Besar
  • 6 siung Bawang Merah (ukuran besar)
  • 20 buah Cabai Kecil/Rawit
  • 4 siung Bawang Putih (ukuran besar)
  • 1 cm Kencur
  • 3 sdm Minyak Goreng
  • 50 ml Air Putih

Isian Seblak

  • Sosis telur (bisa menggunakan mesin sosis telur)
  • Ceker ayam matang
  • Bakso Sapi
  • Mie keriting
  • Biskuit
  • Sayur Sawi
  • Telur rebus

Langkah Langkah Resep Seblak

  1. Pertama, rendam kerupuk selama 2 jam. Saya menggunakan kerupuk gado-gado. Mengapa saya berendam? Karena menurut saya tekstur kerupuk lebih baik direndam dalam waktu lama daripada direbus.
  2. Cara membuat sambal: Siapkan blender. Tambahkan irisan cabai merah besar, cabai rawit, bawang putih, kencur tumbuk, minyak goreng dan air. Blender hingga halus.
  3. Tumis sambal seblak dalam wajan dengan minyak goreng secukupnya. Sampai cabai matang dan mengental. Tumis selama ± 10 menit dengan api sedang.
  4. Jika cabai sudah matang, masukkan ke dalam wadah sebagian. Ambil secukupnya untuk terus membuat seblak. Sekarang gambar di samping adalah sisa sambal seblak yang saya simpan di freezer.
  5. Tambahkan 2-3 gelas air belimbing wuluh atau sesuai selera. Aduk rata sebelumnya. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Jika terlalu pedas Anda bisa menambahkan sedikit kecap.
  6. Masukkan kerupuk, ceker, mie, telur dan bakso sapi. Tunggu hingga mie dan kerupuk matang. Kemudian tambahkan sayur sawi.
  7. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng dan daun bawang! Anda bisa menambahkan jeruk nipis juga agar segar

Resep Seblak Komplit Dan Bikin Kenyang

Oh ya sedikit tips dari aku buat kalian malas ngerbus air berkali”. Mending kalian rebus aja air yang banyak trus masukkan ke termos air panas jadi gak perlu repot repot untuk rebus air berkali kali.

Nah itu dia resep seblak komplit dan bikin kenyang. Gimana nih.. udah gak sabar nyobain kan. Selamat mencoba ya