Resep Masakan Sunda dengan Pepes Jamur yang Nikmat

Resep masakan Sunda memang populer dengan citarasa yang nikmat yang dioleh dengan bumbu dan cara pengolahan sederhana. Nah, berkat hal tersebut membuatnya menjadi menu andalan sehari-hari bagi khalayak umum.

Meskipun kini sudah banyak sekali restauran yang menyajikan menu masakan Sunda, tak ada salahnya jika Anda mencoba berkreasi membuat menu makanan dengan resep masakan Nusantara yang nikmat ini? Salah satunya resep pepes jamur.

Pepes merupakan masakan khas Sunda yang sudah populer ke berbagai daerah dengan imbuhan beberapa kreasi yang menarik. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kami hendak menginformasikan resep masakan Sunda berupa pepes jamur. Penasaran bagaimanakan cara meraciknya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Resep Masakan Sunda Pepes Jamur

Yuk langsung saja simak langlah membuatnya dengan resep masakan Sunda pepes jamur di bawah ini.

  1. Siapkan terlebih dahulu seluruh bumbu serta komponen bahannya, seperti jamur tiram, bawang merah, cabe rawit, tomat, daun bawang, kaldu bubuk, minyak sayur serta daun pisang untuk membungkusnya.
  2. Sebelum diolah suwir-suwir jamur tiram yang sudah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa cuci dan peras airnya hingga jamur benar-benar kering.
  3. Nah setelah itu barulah campur dengan bumbu-bumbu lainnya sesuai dengan takaran. Seperti irisan bawang putih, cabe rawit, daun bawang, dan tomat. Tambahkan pula garam, kaldu bubuk, minyak sayur serta penyedap rasa secukupnya.
  4. Kemudian bungkus adonan pepes menggunakan daun pisang yang telah dibersihkan sebelumnya. Supaya tak mudah lepas dari posisi sebelumnya, rekatkan kedua ujungnya dengan menggunakan tusuk gigi.
  5. Selanjutnya kukus buntelan pepes dalam air yang telah dididihkan sebelumnya selama kurang lebih 15 menit lamanya atau hingga pepes menjadi matang.
  6. Nah setelah matang, untuk membangkitkan aroma wangi bakar sebentar pepes tersebut dalam tungku hingga pembungkusnya menjadi agak gosong dibeberapa bagian. Selanjutnya pepes jamur siap untuk disantap. Resep masakan Sunda berupa pepes jamur ini akan semakin nikmat ketika disantap dengan menggunakan nasi hangat.

Demikianlah penjelasan terkait makanan ala Sunda berupa pepes jamur yang cocok untuk menu buka puasa yang dapat kami bagikan untuk seluruh pembaca. Semoga artikel tentang resep masakan Sunda dapat membantu Anda untuk menambah wawasan terkait masakan Sunda.