Resep Cara Merebus Daging Sapi Dengan Nanas

Cara merebus daging sapi bisa dibuat empuk dengan menggunakan nanas. Dibandingkan dengan pelunak daging yang berasal dari bahan kimia, nanas tidak meninggalkan rasa yang mengganggu pada daging.

Daging Sapi

Cara merebus daging

Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari sapi yang umum dan biasa digunakan untuk keperluan konsumsi makanan. Di setiap daerah, penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung cara pengolahannya. Sebagai contoh, iga sapi dan T-bone sangat umum digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan untuk membuat steak, sehingga bagian daging sapi ini sangat banyak diperdagangkan. Namun, seperti di Indonesia dan berbagai negara Asia lainnya, daging ini banyak digunakan untuk makanan berbumbu dan santan seperti sop konro dan rendang.

Baca Juga : Trik Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto

Cara Merebus Daging Sapi Agar Eempuk Dengan Menggunakan Buah Nanas

Dipotong atau dijadikan jus

Kandungan dalam nanas yang mampu melunakkan daging adalah enzim bromelain. Enzim bromelain mampu mencerna protein dan melunakkan jaringan pada daging sebelum dimasak. Cara termudah untuk membuat daging empuk dengan nanas adalah dengan membeli nanas segar lalu dipotong-potong atau dihaluskan

Dibandingkan dengan jus nanas yang sudah jadi, sebaiknya gunakan nanas segar. Ini karena beberapa produsen jus mungkin mempasteurisasi jus nanas dan membunuh enzim yang melunakkan protein dalam daging.

Cuci nanas dan potong bagian atas dan bawah yang berwarna hijau dengan meletakkan nanas di atas talenan. Buat kembali nanas dan kupas kulitnya menggunakan pisau. Buang flek hitam di sekitar nanas sampai bersih. Tempatkan ujung bawah nanas di atas talenan dan potong sisi nanas yang tidak digunakan. Potong sisa buah menjadi potongan-potongan yang sesuai dengan blender atau food processor.

Tempatkan daging yang ingin Anda empukkan ke dalam panci dan tuangkan jus atau nanas cincang di atas daging. Balikkan sisi daging untuk memastikan semua sisi terkena nanas. Biarkan seperti itu sampai daging siap direbus. Karena asam pada nanas kuat, jangan biarkan daging buah nanas terendam lebih dari 12 jam.

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Cara merebus daging

Konsumsi buah nanas membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Bagi pria, nanas telah terbukti membantu organ reproduksi. Waspadai efek samping mengonsumsi nanas.

Nanas merupakan jenis buah dari famili Bromeliaceae yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus Merr. Tanaman nanas memiliki kulit kasar kasar dan daun runcing di atasnya. Rasa nanas segar perpaduan manis dan sedikit asam. Nanas mengandung sejumlah besar vitamin C, yang membantu melawan kerusakan sel, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University. Vitamin C juga membantu dalam mengatasi masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

Baca Juga : Cara Membuat Bakso Daging Sapi 1 kg Asli Yang Sederhana

Dari data Departemen Pertanian Amerika Serikat, kandungan nutrisi nanas per 165 gram adalah:

  • Kalori : 74
  • Lemak: 0 g.
  • Kolesterol: 0 mg.
  • Natrium: 2 mg.
  • Kalium: 206 mg.
  • Karbohidrat: 19,5 g.
  • Gula: 13,7 g.
  • Protein: 1 g.
  • Vitamin C: 28 mg.
  • Kalsium: 21 mg.

1. Membuat tulang kuat

Manfaat nanas untuk membuat tulang kuat adalah efek dari mineral mangan yang terkandung di dalamnya. Satu cangkir potongan nanas mengandung 2,6 mg mangan, mineral penting untuk mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat, menurut Linus Pauling Institute. Mangan sangat penting untuk kesehatan tulang, termasuk perkembangan dan pemeliharaan tulang. Ketika dikombinasikan dengan nutrisi kalsium, seng dan tembaga, mangan mendukung kepadatan mineral tulang, studi L. Strause et al. dalam “Jurnal Nutrisi”.

2. Mengandung antioksidan penangkal penyakit

Buah nanas mengandung antioksidan yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik, menurut penelitian Xin-Hua Lu, et al. dalam jurnal “Molekul”. Antioksidan adalah molekul yang membantu tubuh melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah suatu kondisi di mana tubuh mengandung terlalu banyak radikal bebas. Akibatnya, ada kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem kekebalan yang melemah, dan banyak penyakit berbahaya.

3. Meredakan peradangan

Manfaat nanas untuk meredakan peradangan adalah efek dari enzim bromelain yang terkandung di dalamnya. Merujuk pada penelitian Rajendra Pavan, dkk. dalam “Biotechnology Research International”, enzim bromelain dalam nanas memiliki efek anti-inflamasi. Saat dikonsumsi, enzim bromelain dalam nanas menyebabkan tubuh memproduksi zat yang melawan rasa sakit dan peradangan (radang). Bromelain juga dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melepaskan senyawa yang melawan peradangan.

4. Membantu mencegah kanker

Kandungan enzim bromelain dalam nanas dapat membantu mencegah kanker. Menurut penelitian dalam jurnal “PLOS One”, usus manusia dapat menyerap bromelain tanpa degradasi atau kehilangan sifat biologisnya. Penelitian menunjukkan bahwa bromelain dapat menghambat pertumbuhan sel dan menginduksi apoptosis sel pada kanker sehingga sel mati. Pada kanker lambung, pengobatan bromelain secara signifikan dapat mengurangi pertumbuhan sel dan gangguan DNA.

5. Mengurangi diare

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “Biotechnology Research International” menemukan bahwa bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi diare. Studi menunjukkan bahwa bromelain melawan beberapa patogen usus, seperti Vibrio cholera dan Escherichia coli yang menyebabkan diare. Bromelain tampaknya menunjukkan efek ini dengan berinteraksi dengan jalur sinyal sekretori usus.

6. Mengurangi gejala arthritis

Arthritis melibatkan rasa sakit yang parah pada persendian yang disebabkan oleh peradangan. Merujuk pada penelitian Rajendra Pavan, dkk. dalam “Biotechnology Research International”, enzim bromelain dalam nanas memiliki efek anti inflamasi untuk mengurangi gejala arthritis. Berdasarkan penelitian A. F. Walker, dkk. Diterbitkan dalam jurnal “Phytomedicine”, bromelain membantu mengurangi nyeri lutut dan meningkatkan kesehatan.

7. Membantu menurunkan berat badan

Sebuah penelitian pada hewan yang diterbitkan pada April 2018 dalam jurnal “Food Science and Biotechnology” menemukan bahwa jus nanas dapat membantu mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Studi lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil tersebut. Meski tidak berpengaruh signifikan terhadap metabolisme, buah nanas rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral esensial. “Nanas lebih rendah kalori dibandingkan makanan manis lainnya. Jadi, jika Anda makan nanas sebagai pengganti es krim untuk pencuci mulut, Anda mungkin mengonsumsi lebih sedikit kalori, yang dapat menyebabkan penurunan berat badan,” kata ahli diet Colleen Christensen, RD di dailyhealth.com.

8. Menjaga kekebalan tubuh

Manfaat nanas untuk menjaga kekebalan tubuh diselidiki dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam “Journal of Nutrition and Metabolism”. Selama periode penelitian sembilan minggu, para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang makan nanas kalengan memiliki lebih sedikit infeksi virus dan bakteri daripada anak-anak yang tidak memakannya. Para peneliti menyimpulkan bahwa makan satu hingga dua kaleng (140 hingga 280 gram) nanas setiap hari dapat mengurangi kemungkinan infeksi atau setidaknya mempersingkat durasi infeksi karena sistem kekebalan tubuh tetap terjaga.

9. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Bromelain yang secara alami terdapat dalam jus nanas dapat meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian di “Biotechnology Research International” menunjukkan bromelain dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga baik untuk jantung. Bromelain juga dapat mencegah pembentukan bekuan darah dan meminimalkan keparahan angina pektoris dan serangan iskemik transien, dua kondisi kesehatan yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, jika anda ingin cara merebus daging lebih empuk tanpa repot dan dapat menghemat waktu dirumah anda bisa menggunakan Mesin Presto Ikan Dan Daging K50. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat untuk anda.