Pilihan kerja part time yang cocok untuk mahasiswa


Mahasiswa tentunya akan merasakan yang namanya bokek alias tak punya uang. Biasanya bokek datang ketika kiriman uang dari orang tua dengan jumlah yang sedikit atau sebaliknya pengeluaran kita yang terlalu banyak. Banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, biasanya salah satunya karena faktor tugas dari dosen yang banyak sehingga menyebabkan pengeluaranmu menjadi membengkak.

Jika kamu bukan berasal dari keluarga kaya tentunya tidak enak jika selalu meminta kiriman tambahan kepada orang tua. Oleh itu sebisa mungkin kamu harus pintar-pintar mengelola keuangan entah itu dengan berhemat atau menghasilkan uang sendiri.

Menarik ya jika menghasilkan uang sendiri? Sebagai mahasiswa tentunya kamu belum pernah mencoba untuk mencari uang sendiri, karena menjadi mahasiswa tentunya masih menjadi tanggung jawab orang tua. Tapi tak ada salahnya untuk kamu bisa mencoba. Asalkan kamu bekerja keras dan tahu caranya, tentunya tak begitu susah untuk menghasilkan uang sendiri, apalagi di era modern saat ini. Tren mahasiswa menghasilkan uang sendiri sudah marak dikalangan umum. Yaitu dengan kerja part-time atau kerja paruh waktu berarti kamu tidak perlu bekerja penuh seperti orang kantor pada umumnya. Hanya beberapa jam sesuai dengan acara tertentu saja, sehingga kamu bisa mengerjakan sembari kuliah.

Terpikir untuk kerja part-time? Berikut beberapa referensi kerja part-time yang cocok untuk kamu :

Guru Les Privat

Jika kamu merasa membuka bisnis sendiri itu susah, kamu bisa melakukan kerja part-time dengan menjadi guru les privat. Bermodalkan pengalaman dan pengetahuan, kamu bisa memperoleh puluhan ribu hingga ratusan ribu setiap sesinya. Biasnaya tergantung tingkat kesulitan mata pelajaran. Biasanya yang dibayar paling mahal adalah guru les privat SBMPTN.

Desainer

Kamu kuliah dijurusan desain atau suka mendesain? Kamu bisa mencoba pekerjaan sebagai desainer untuk menambah keuanganmu sebagai mahasiswa. Misal saja kamu buka jasa desain CV, logo, kartu nama, atau bahkan desain website teman kamu. Nantinya hasil kerja part-time kamu bisa dijadikan sebagai portfolio untuk bekerja di perusahaan nantinya.

Barista atau waiter

Bermunculan coffee shop mulai menjamur di kota besar. Hal ini memberikan peluang untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan. Kamu bisa mendaftar sebagai barista atau waiter di sebuah coffee shop. Untuk kamu penikmat kopi, bisa nih kerja part-time di coffee shop sekalian mencari ilmu dengan owner dan barista senior, ya bisa dihitung sebagai belajar untuk nantinya kamu membuka coffee shop sendiri.

Online Shop

Bisnis online shop di instagram cukup menjanjikan buat kamu. Karena pengguna instagram di Indonesia semakin bertambah disemua kalangan. JIka kamu tak memiliki modal, kamu bisa menjadi dropship yaitu menawarkan produk ke orang-orang kemudian kamu bisa memesankan barangnya. Carilah produk yang memiliki value, beratnya ringan, tentunya harga terjangkau, dan memiliki foto produk yang bagus.

Social Media Influencer

Meningkatnya popularitas sosial media, mulai bermunculan pekerjaan baru yang dinamakan Social Media Influencer. Jika kamu memiliki followers banyak, kamu bisa menggunakan pekerjaan ini. Karena banyak perusahaan yang memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk mereka karena dinilai lebih efektif daripada sekedar iklan biasa.

Fotografer

Jika kamu memiliki kamera, kamu bisa menekuni untuk menjadi seorang fotografer. Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan jasa fotografer untuk mempromosikan produknya agar terlihat menarik. Kemudian setiap momen tentunya ingin selalu diabadikan oleh seseorang. Misal saja pembukaan sebuah cafe, sang owner tentunya ingin mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan jasa fotografer.

Menarik bukan untuk kamu tekuni? Selain menambah penghasilan kamu agar lebih mandiri, hasil dari yang kamu kerjakan akan membantu menambah skill kamu untuk bekerja nantinya. Biasanya yang mengambil part-time seperti penulis artikel, online shop, kemudian desainer tentunya ingin memiliki kost yang nyaman untuk melancarkan pekerjaan part-timemu.

Karena tempat tinggal tentunya akan berpengaruh pada kelancaraan pekerjaanmu. Berbagai referensi kost seperti kost dekat trisakti bisa kamu cari pada mamikos.com. Mamikos sebagai website dan aplikasi yang menyajikan informasi seputar kost idamanmu.