Perubahan Sepatu Bola Jaman Dahulu ke Jaman Sekarang

Tentunya terdapat banyak perubahan sepatu bola jaman dahulu hingga jaman sekarang. Hal tersebut disebabkan oleh karena  perkembangan teknologi yang semakin canggih dari masa ke masa yang membuat perkembangan dari sepatu bola pun juga berkembang dengan pesat pula. Pada tahun 1800-an, sepatu bola jaman dahulu dikembangkan di Inggris dan hanya berfungsi untuk melindungi kaki para pemain bila dari tendangan kaki pemain lain. Pada masa tersebut, sepatu bola ini dibuat dari kulit tebal sehingga beratnya mencapai 500 gr dan terdapat tali panjang serta dilengkapi pada bagian ujung depannya berpelat. Hingga tahun 1940an, sepatu bola ini sudah tak hanya sekedar menjadi pelindung kaki saja, namun juga sudah menambah kekuatan untuk menendang. Bentuknya masih sama dengan yang pertama kali hingga akhir perang dunia ke dua.

Setelah akhir Perang Dunia 2, sepatu bola pada jaman dahulu ini sudah mulai mengalami perubahan yang drastis dengaan mengutamakan kekuatan saat menendang dn juga kontrol bola yang baik.Pada tahun 1960an, sepatu bola ini mengalami perubahan bentuk yang begitu berbeda dari biasanya. Sepatu bola pada masa tersebut sudah memiliki bentuk “leher” yang memudahkan para pemain bila untuk bergerak dengan leluasa dan nyaman saat berlari. Tahun 1980, mantan pemain Middlesbrough dan Liverpool, Craigh Johnston mengembangakan inovasi baru pada sepatu bola dengan menambahkan karet pada bagian punggung. Hal tersebut berhasil membuat tendangan melengkung yang akurat.

Pada tahun 1990an adalah tahun dari kemajuan pesat dari sepatu bola ini karena teknologi yang digunakan juga ikut maju. Sepatu bola pada zaman ini sudah menggunakan sol ringaan sehingga tidak berat saat digunakan untuk berlari. Selanjutnya di tahun 2000an, sepatu bola ini  sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi menarik, seprti selective laser sintering, acc dan masih banyak lagi. Tentunya perkembangan sepatu bola ini sudah dirasakan oleh para pemain bola legendaris dan juga para pemain dominoqq online yang juga memakai serta mengamati sertiap perkembangan dan pertumbuhan dari sepatu bola masa ke masa.