Perbedaan Kelamin Burung Sirtu Cipoh Jantan dan Betina

Perbedaan Kelamin Burung Sirtu Cipoh Jantan dan Betina – Burung sirtu cipoh merupakan salah satu burung dengan suara yang paling unik. Tak hanya itu, suara burung sirtu cipoh ini sangatlah merdu dan mampu menarik perhatian. Tak heran, jika banyak pecinta burung di Indonesia yang mengincar burung sirtu cipoh ini untuk dijadikan ternak atau pun hanya sekedar melatih suaranya.

Namun, dalam hal kualitas suara, suara burung sirtu cipoh jantan lah yang paling menarik dibandingkan betina. Sehingga banyak orang yang mengincar burung sirto cipoh jantan ini. Untuk membedakan burung sirtu cipoh jantan dan betina, dibutuhkan ketelitian khusus. Berikut ini adalah perbedaan kelamin burung sirtu cipoh jantan dan betina.

Perbedaan Kelamin Burung Sirtu Cipoh

  1. Lihat Ciri Fisik Lidahnya

Untuk membedakan antara burung sirtu cipoh jantan dan betina kita bisa melihat ciri dali lidahnya. Sirtu cipoh jantan memiliki ciri lidah yang berwarna hitam serta ketika paruh dari burung sirtu cipoh jantan ini dibuka, maka rongga bagian atasnya berwarna hitam. Nah sedangkan sirtu cipoh betina, memiliki warna lidah dan rongga berwarna putih ke abu-abuan.

  1. Perbedaan Warna Sayapnya

Selain lidah, perbedaan kelamin burung sirtu cipoh jantan dan betina adalah dengan melihat perbedaan warna sayapnya. Dalam burung sirtu cipoh jantan memiliki sayap yang berwarna hitam dan warna putih pada sayapnya tidak berpengaruh. Sedangkan burung sirtu cipoh betina memiliki warna sayap dengan warna hitam pudar atau warna keabu-abuan.

  1. Ketebalan Bulunya

Burung cipoh jantan dan betina memiliki ketebalan bulu yang sangat berbeda. Sehingga kamu bisa memedakan apakah itu burung cipoh jantan atau cipoh betina berdasarkan ketebalan bulunya. Bulu paha burung sirto cipoh jantan tentunya lebih tebal daripada burung situ cipoh betina.

  1. Warna Bulunya

Langkah terakhir untuk membedakan burung sirtu cipoh betina dan burung sirtu cipoh jantan adalah melihat dari warna bulunya. Biasanya burung sirtu cipoh jantan memiliki warna hijau pada punggungnya yang lebih pekat. Sedangkan sirtu cipoh betina memiliki warna punggung lebih pudar.

Itulah perbedaan kelamin burung sirtu cipoh jantan dan burung sirtu cipoh betina. Tentunya kamu harus bisa membedakannya secara hati-hati dan penuh dengan ketelitian, untuk lebih lengkapnya anda bisa simak di cenayangkicau.com, sampai jumpa, terimakasih.