Pengurusan Dokumen IMB Untuk Salon yang Harus Anda Ketahui

Di era yang modern ini menjadikan cara mencari uang juga semakin mudah. Bahkan hanya dari rumah saja Anda sudah bisa menghasilkan uang yang bisa di bilang cukup banyak. Belum lagi para generasi muda yang semakin maju saja pemikirannya sehingga memiliki banyak ide kreatif yang sangat berguna utamanya untuk mereka yang membutuhkan lowongan pekerjaan.

Karena memang kaum muda di tuntut untuk memiliki ide yang kreatif sehingga bisa membuat usaha sendiri. Jadi tingkat pengangguran di Indonesia tidak semakin tinggi. Dan ini sudah terbukti saat ini, banyak sekali kaum muda yang lebih memilih membuka usahanya sendiri daripada sibuk melamar pekerjaan ke perusahaan yang tingkat keterimanya masih belum pasti.

Cara Mengurus IMB Untuk Bangunan Salon 3 Lantai

Salah satu jenis usaha yang saat ini sedang booming di kalangan kaum muda adalah bisnis online. Dimana Anda hanya perlu bekerja dari rumah, bekerja tanpa tekanan tetapi bisa menghasilkan banyak uang. Selain bisnis online, nyatanya bisnis salon juga menarik perhatian banyak minat dari kaum muda mudi di Indonesia.

Namun untuk membangun bisnis salon bukan hanya memikirkan bagaimana cara mencari pelanggan saja. Namun Anda juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni serta peralatan yang canggih dan juga lengkap. Selain itu jika Anda berniat membuka salon dengan 3 lantai maka Anda harus mengurus izin mendirikan bangunan terlebih dahulu.

Adapun persyaratan yang harus Anda siapkan untuk membuat IMB pendirian bangunan salon 3 lantai adalah sebagai berikut ini.

  1. Formulir permohonan IMB
  2. Surat pernyataan tidak sengketa (bermaterai)
  3. Surat Kuasa (jika dikuasakan)
  4. KTP dan NPWP ( pemohon dan/yang dikuasakan)
  5. Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Dokumen
  6. Bukti Pembayaran PBB
  7. Akta Pendirian (Jika pemohon atas nama perusahaan/badan/yayasan)
  8. Bukti kepemilikan tanah (surat tanah)
  9. Ketetapan Rencana Kota (KRK)/RTLB
  10. SIPPT (untuk luas tanah > 5.000 m2)
  11. Gambar rancangan arsitektur (terdiri atas gambar situasi, denah, tampak, potongan, sumur resapan) direncanakan oleh  arsitek yang memiliki IPTB, diberi notasi GSB, GSJ dan batas tanah)
  12. Gambar konstruksi serta perhitungan konstruksi dan laporan penyelidikan tanah (direncanakan oleh perencana konstruksi yang memiliki IPTB)
  13. Gambar Instalasi (LAK/LAL/SDP/TDP/TUG)
  14. IPTB (Izin Pelaku Teknis Bangunan) arsitektur, konstruksi dan instalasi ( legalisir asli )
  15. IMB lama dan lampirannya (untuk permohonan merubah/menambah bangunan)

Memang cukup banyak dokumen yang harus Anda siapkan. Karena bangunan ini nantinya akan di gunakan sebagai bangunan usaha dan bukan untuk bangunan tempat tinggal.

Proses Pembuatan IMB Bangunan Salon 3 Lantai

Jika dokumen yang Anda miliki sudah lengkap maka datanglah ke PTSP (loket pelayanan terpadu satu pintu) yang biasanya terletak di pusat pemerintahan dimana Anda tinggal. Lalu serahkan dokumen yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Setelah dokumen di terima maka akan di cek terlebih dahulu dan akan di lakukan survey lokasi ke tempat pembangunan salon Anda nantinya.

Setelah melalui tahapan survey lokasi, maka petugas akan memberikan totalan biaya yang harus Anda bayarkan. Biasanya jika petugas tersebut memang petugas resmi maka Anda akan di minta membayar biaya pembuatan IMB di bank daerah setempat. Lalu serahkan struk pembayaran ke loket PTSP tempat Anda pengajuan dokumen tadi.

Kemudian cukup tunggu 25 hari hingga dokumen IMB milik Anda selesai di buat. Namun bagi Anda yang ingin proses mudah tidak pakai ribet maka gunakan jasa imb id ataupun berkonsultasi dengan perizinan imb id sebelum membuat dokumen IMB untuk bangunan salon 3 lantai milik Anda.