Payung Hukum Jika Akun Media Sosial Anda Diretas

Payung Hukum Jika Akun Media Sosial Anda Diretas – Anda tentu saja mempunyai account sosial media seperti facebook, adapun langkah amankan, payung hukum, dan bagaimana perlakuan yang bakal Anda kerjakan bila andaikan telah diretas akan diterangkan berikut ini.

Mengantisipasi pada ini, pemakai account facebook perlu membuat sandi yang susah untuk dipahami atau diterka oleh faksi lain. Satu Sandi dipandang kuat jika watak yang dipakai berbentuk gabungan huruf, angka, dan lambang. jaga kerahasiaan sandi account facebook dan menukarnya secara periodik. tidak asal-asalan terhubung account facebook dengan sarana internet khalayak. siaga dan waspada dalam buka link/link atau program yang dikirim atau di-posting oleh pemakai facebook lain karena beberapa salah satunya sebagai trojan atau malware yang dipakai aktor kejahatan untuk memperoleh pemakai name dan sandi pemakai facebook secara ilegal.

Payung Hukum Jika Akun Media Sosial Anda Diretas

Pada beberapa kasus lain, ada aktor yang membuat account facebook dengan memakai identitas (nama, alamat, photo) korban dengan arah supaya diri aktor dan content yang dikirim oleh aktor dipandang seakan-akan datang dari korban. Pada hal tersebut, tindakan itu bisa digolongkan sebagai “kecurangan Info atau Document Electronic” yang bisa dijaring dengan Pasal 35 UU ITE.

Payung Hukum Untuk Menghakimi Peretas

Peretasan account sosial media sebagai tindak pidana seperti ditata dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 mengenai peralihan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE),

Cara Bila Telah di Retas

1. jika anda alami account sosial media diretas oleh seseorang secara menantang hukum, dapat membuat laporan aduan ke penyuplai program. laporan aduan ini menjadi bukti jika anda alami peretasan account sosial media oleh orang tidak dikenali.

2. anda dapat membuat laporan sangkaan tindak pidana peretasan sosial media ini ke Polda yang telah mempunyai penyidik kwalifikasi siber crime.

3. ketiga, anda dapat membuat aduan dan keinginan pelindungan ke Komisi Pelindungan Saksi dan Korban (LPSK), bila orang yang lakukan peretasan memberikan ancaman jiwa dan keselamatan anda.

Jika Anda saat ini memerlukan pengacara perceraian di bali bisa langsung kunjungi website pengacaradibali.com