Mobil yang Jarang Digunakan Butuh Perawatan Khusus

Tidak semua pemilik mobil menggunakan kendaraannya setiap hari. Berbagai alasan seperti kemacetan lalu lintas, sering bepergian ke luar kota, ataupun mendapatkan mobil dinas bisa menjadi penyebab. bus pariwisata pekanbaru

Apapun itu, perlu diketahui bahwa mobil yang jarang digunakan justru membutuhkan perawatan khusus agar jangan sampai terlantar dan tidak dapat dikendarai saat dibutuhkan.

Berikut ini tersaji beberapa tips untuk merawat dan menjaga performa mobil yang jarang digunakan :

Sebelum meninggalkan atau membiarkan mobil parkir untuk jangka waktu yang cukup lama, bersihkan terlebih dahulu secara menyeluruh. Diawali dengan membersihkan bagian luar (eksterior) yang bertujuan melindungi cat dari berbagai kotoran yang menempel dan mencegah timbulnya karat. Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah membersihkan bagian dalam (interior), dapat dilakukan dengan menggunakan penghisap debu dan kain bersih.

Untuk menetralkan bau apek yang dapat timbul akibat tertutupnya ruangan mobil untuk waktu yang lama, tinggalkan pengharum mobil didalamnya.

Tutupi mobil dengan sarung penutup khusus untuk mencegah bertumpuknya debu dan kotoran lain.

Walaupun tidak setiap hari, proses memanaskan mesin sebaiknya dilakukan secara berkala. Tujuannya untuk mengisi kembali setrum ke aki dan mengeringkan air hasil kondensasi.

Jika berencana untuk tidak menggunakan mobil lebih dari dua minggu :

Parkirlah mobil di ruangan yang tertutup seperti garasi, untuk melindungi cat mobil dari hujan dan panas terik serta mencegah aksi kejahatan.

Lepaskan kabel aki untuk mencegah kerusakan pada aki. Saat mencabut, awali dengan kabel negatif baru kemudian cabut kabel positif untuk menghindari resiko tersengant arus listrik dari aki. Saat memasang kembali, dahulukan pasang kabel positif.

Manfaatkan stand jack untuk mengganjal mobil agar ban mobil ikut terangkat dan tidak bersentuhan dengan lantai. Tujuannya supaya postur ban tidak berubah akibat dibiarkan menahan beban terlalu lama pada titik yang sama. Selain itu juga menjaga kondisi suspensi agar tetap berfungsi dengan baik dan tetap nyaman saat mobil digunakan kembali.

Pastikan rem tangan dalam kondisi bebas, sebab jika rem tangan dibiarkan terus bekerja dalam waktu yang lama maka akan menimbulkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem, khususnya bagi kendaraan yang masih menggunakan rem tromol.

Ganjal wiper dengan busa atau kayu, jangan biarkan wiper bersentuhan dengan kaca mobil, sebab jika dibiarkan menempel dalam waktu yang lama maka karet wiper perlahan akan mengeras dan tidak lentur lagi (karet mati) sehingga akan terasa kasar atau bahkan menimbulkan baret saat kelak dipergunakan untuk membasuh kaca depan mobil Anda.