Mitos dan Fakta Mie Instans Bagi Kesehatan

Mie Instans adalah salah satu jenis makanan yang populer dan banyak ditemukan di Indonesia, rasa yang nikmat dan harga yang murah menjadi salah satu alasan kenapa masyarakat sangat setia dengan mie andalan anak kost ini. Banyak kabar dan mitos terkait mie instant ini namun hanya sebagian yang mendekati kebenaran. Agar tidak lagi keliru berikut kami sampaikan beberapa mitos dan fakta terkait mie instans yang perlu di ketahui.

  1. Mie Instans Sulit di cerna tubuh

Sistem pencernaan adalah organ tubuh alami yang dimiliki manusia untuk mencerna setiap makanan yang masuk. Makanan yang lembut dan kaya serat adalah jenis makanan yang sangat di sukai tubuh karena cenderung cepat di serap. Sementara makanan lain seperti mie instant adalah jenis makanan yang sulit di cerna tubuh, sehingga tubuh memerlukan waktu lebih lama dalam memproses makanan.

Kondisi mie instant yang memerlukan waktu cerna dari seharusnya membuat tubuh akan mengeluarkan reaksi pelepasan insulin serta berpengaruh terhadap gula darah. Jika hal ini terus terjadi maka akan menimbulkan pengendapan bahan pengawet mie instant yakni hidroksanisol dan hidrokuardon.

  • Memicu berbagai gangguan kesehatan

Kandungan mie instant yang berbeda dengan serat, karbohidrat lainnya menyebabkan mie instans akan menimbulkan sindrom metabolik, tekanan darah tinggi serta memicu penyakit lain seperti diabet.

  • Memiliki kandungan natrium yang tinggi

Natrium dan garam adalah dua hal berbeda namun tidak dapat di pisahkan, kandungan Natrium kurang lebih sekitar 1.5 kali lebih sedikit dari garam yang dimiliki. Jadi dalam komposisi garam 6 gram terdapat natrium kurang lebih 2.4 gram. Natrium adalah pemicu timbulnya berbagai gangguan penyakit dari Journal of Hypertension America 2014 ditemukan bahwa Natrium menjadi salah satu faktor utama dalam kematian.

Mie instant adalah salah satu makanan yang memiliki kadar garam yang tinggi dan di dalam kandungan garam terdapat Natrium dengan kandungan yang lebih sedikit. Sehingga tingkat konsumsinya perlu di perhatikan, konsumsi mie instans yang banyak akan menyebabkan kandungan garam dan Natrium yang masuk ke tubuh juga tinggi. jangan lupa gunakan minyak herbal untuk menjaga kesehatan anda. dapatkan minyak herbal di agen minyak kutus kutus. semoga semaki sehat