Mengenal Minyak Atsiri Lavender dan 8 Manfaat Untuk Kesehatan

Hallo Sahabat!!

Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi artikel pada situs website ini, semoga dengan adanya artikel pada situs website ini dapat membantu apa yang sedang dicari oleh Sobat dan pastinya semoga dapat menambah wawasan.

Pada kesempatan kali ini, penulis mau membagikan mengenai Minyak Atsiri Lavender. Pastinya Sobat juga sudah membaca yang tertera di judul artikel ini. Yupss benar sekali.

Minyak Atsiri Lavender ini merupakan salah satu jenis Minyak Atsiri. Tau ngga si Sobat, ada berapa jensi Minyak Atsiri? Ada sekitar 140 Jenis Minyak Atsiri yang diperdagangkan di pasar Internasional, dan ada sekitar 40 jenis Minyak Atsiri yang di produksi oleh Indonesia, tetapi hanya ada 12 jenis saja yang mendapatkan standar ekspor.

Jenis Minyak Atsiri ini yaitu Minyak Lavender, merupakan salah satu jenis yang banyak diminati oleh orang banyak lhoo. Dan berikut ini penjelasan lebih lanjutnya mengenai Minyak Atsiri Lavender

Minyak Atsiri Lavender.

Minyak Atsiri Lavender dan 8 Manfaat Untuk Kesehatan

Jenis Minyak Atsiri ini memiliki nama lain atau dikenal dengan nama ilmiah Lavandula Angustifolia merupakan salah satu jenis minyak atsiri yang berasal dari bunga lavender tentunya.

Tanaman Lavender ini merupakan tanaman asli dari Mediterania, Semenanjung Arab, dan juga Rusia. Saat ini, tanaman Lavender banyak di tanam diseluruh belahan dunia.

Dan tanaman ini tentunya bisa diolah menjadi Minyak Atsiri. Minyak yang diekstrasi dengan proses destilasi uap, yang dimana bunga lavender ini melalui proses dikukus, dan uapnya ditangkap, setelah itu minyak dipisahkan kemudian dikumpulkan dari airnya.

Jenis Minyak Atsiri ini bisa ditemukan di toko makanan sehat atau juga di toko herbal atau obat. Dan memiliki banyak kegunaan, salah satunya sebagai salah satu bahan dasar kosmetik dan produk obat perawatan tubuh. Selain itu juga nih Sobat, bahwa jenis Minyak Atsiri ini juga memiliki beberapa kegunaan yang bisa digunakan sebagai obat dan penambah rasa pada makanan.

8 Manfaat Minyak Atsiri Lavender.

8 Manfaat Minyak Atsiri Lavender

Manfaat dari Minyak Atsiri Lavender ini juga tidak kalah dengan jenis Minyak Atsiri lainnya. Dan berikut ini 8 manfaat yang bisa didapat saat menggunakan Minyak Atsiri Lavender :

Mengusir Nyamuk dan Serangga Lainnya.

Manfaat Minyak Atsiri Lavender = mengusir nyamuk

Jika Sobat menggunakan produk lotion antinyamuk, Sobat mungkin sudah familiar nih dengan manfaat dari jenis Minyak Atsiri ini yang memang dapat mengusir serangga.

Nah untuk mendapatkan khasiat dari minyak ini, Sobat bisa mencampurkannya dengan beberapa tetes minyak lavender dengan sedikit air ke botol semprotan. Disaat Sobat akan berpergian ketempat, Sobat bisa melindungi diri dari gigitan serangga dengan cara menyemprotkan saja.

Mencerahkan Kulit.

8 Manfaat Minyak Atsiri Lavender = mencerahkan kulit

Minyak Atsiri Lavender memang mampu mengurangi kondisi warna kulit yang tidak merata, termasuk juga bintik-bintik hitam. Selain itu juga, dengan larutan Minyak Lavender dan minyak kelapa juga dapat mengurangi noda dan juga kemerahan pada kulit, serta juga dapat mengatasi hiperpigmentasi pada kulit.

Mengobati Infeksi Jamur.

8 Manfaat Minyak Atsiri Lavender = Mengobati infeksi jamur.

Sebuah studi yang pernah dilakukan menemukan bahwa jenis Minyak Atsiri ini efektif untuk mengobati infeksi yang terjadi akibat jamur. Para peneliti juga telah menemukan bahwa Minyak Atsiri Lavender ini mematikan berbagai jenis strain yang dapat menyebabkan penyakit pada kulit nih Sobat.

Didalam penelitian tersebut juga Minyak Atsiri yang disuling melalui genus Lavandula dari tanaman lavender tampaknya berkerja dengan cara menghancurkan membran sel dari jamur. Dan juga membuktikan bahwa jenis Minyak Atsiri ini sangat kuat dan menunjukan aktivitas antijamur pada spektrum yang luas Sobat.

Mengatasi Jerawat.

8 Manfaat Minyak Atsiri Lavender = mencegah jerawat

Jenis Atsiri ini dapat membunuh bakteri, sehingga dapat mencegah dan juga memulihkan terjadinya breakout jerawat. Minyak Lavender mempu melancarkan pori-pori dan juga mengurangi peradangan disaat Sobat mengaplikasikannya ke kulit.

Caranya pun mudah Sobat, larutkan Minyak Atsiri Lavender ini dulu dengan minyak pembawa (kelapa, jojoba, zaitun, dan lain sebagainya), dan kemudain dioleskan ke area yang berjerawat, setelah itu membersihkan muka hingga bersih.

Merangsang Pertumbuhan Rambut.

Salah satu studi yang pernah dilakukan pada hewan telah menemukan bahwa jenis Minyak Atsiri ini dapat merangsang pertumbuhan rambut, serta dapat membuat rambut menjadi lebih tebal. Penelitian terhadap manusia diperlukan untuk membuktikan manfaat Minyak Atsiri Lavender.

Caranya cukup mengoleskan larutan Minyak Lavender dan juga minyak kelapa ke kulit kepala. Kemudian bisa pijat dengan lembut.

Mengobati Gangguan Kecemasan.

Para peneliti menemukan bahwa aroma dari Minyak Atsiri Lavender ini dapat membantu pasien dokter gigi yang gelisah. Para peneliti juga mengukur tingkat dari kecemasan 340 pasien dewasa. Setengah dari pasien tersebut terpapar atau menghirup aroma dari jenis Minyak Atsiri ini, dan sebagian lainnya tidak.

Kemudian para peneliti menemukan bahwa, mereka yang menghirup aroma dari Minyak Atsiri Lavender ini mengalai tingkat ceman yang rendah dibandingkan dengan pasien yang tidak terpapar aroma dari jenis Minyak Atsiri ini.

Menyamarkan Kerutan.

Jenis Atsiri ini kaya dengan molekul antikosidan nih Sobat,sehingga dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas ini dapat menyebabkan penyakit, termasuk juga berkontribusi terhadap pembentukan garis-garis halus dan juga kerutan wajah.

Caranya bisa dengan mengoleskan larutan Minyak Lavender dan juga minyak pembawa bisa dengan minyak kelapa. Kemudian oleskan ke kepala langsung pada bagian kerutan menggunakan tangan yang bersih.

Berpotensi Untuk Membasmi Kutu Rambut.

Pakar telah menemukan bahwa minyak ini dapat mencegah munculnya kutu rambut, bahkan membasminya. Walau studi lanjutan masih diperlukan, potensi manfaat dari jenis Minyak Atsiri ini sudah tidak diragukan bahkan menjajikan.

Tetapi perlu diingat nih Sobat, bahwa khasiat Minyak Lavender ini tidak dapat menggantikan penanganan dari kutu rambut yang Sobat alami/ Sobat bisa mencobanya dengan cara ini, yaitu dengan melalukan pijatan ke kulit kepada menggunakan Minyak Atsiri Lavender ini dan juga minyak kelapa.

Dan itulah mengenai Minyak Atsiri Lavender dan 8 Manfaat Untuk Kesehatan. Sobat bisa menggunakan minyak dan mendapatkan beberapa manfaat yang baik bagi kesehatan Sobat nih.

Tetapi sebelum penggunaan, disarankan untuk dilarutkan terlebih dahulu dengan minyak pembawa (jojoba, kelapa, zaitun, dan lain sebagainya), dan perlu dites juga, bisa dibagian punggung tangan, atau lengan bebas tetapi jangan dioleskan terlalu banyak karena ini sedang tahap pengetesan.

Jika setelah 24 jam tidak ada efek negatif yang timbul pada kulit, itu tandanya jenis Minyak Atsiri tersebut cocok digunakan untuk kulit Sobat. Tetapi jika sebaliknya, maka segera hentikan pemakaian. Karena jika tidak akan membuat kulit semakin buruk.

Untuk artikel lainnya silahkan Sobat bisa kunjungi Jenis Minyak Atsiri. Masih ada banyak jenis Minyak Atsiri lainnya yang juga sangat bermanfaat.

Sekian dari penulis yang kece ini, mohon maaf jika terdapat kekurangan atau kesalahan dalam artikel ini. Jika ada saran atau kritik yang membangun bagi penulis silahkan bisa disampaikan melalui laman komentar chat yang ada dibawah.

Dan jangan lupa juga untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya kepada Sobat yang lain. Yuk saling berbagi ilmu!

Terima Kasih dan sampai jumpa esok!