Memilih bahan APD yang cocok untuk digunakan

Merebaknya pandemi corona saat ini sangat menyulitkan tidak hanya bagi pekerja, namun juga tenaga medis. Penanganan corona sejak dini sangat diperlukan agar tidak semakin meluasnya penyebaran virus ini. Meskipun penyebaran virus corona ini  hanya memalui kontak langsung dengan suspect corona dan dropplet dari penderita namun penularannya sengat cepat sekali. Virus yang menyerang organ pernapasan ini sangat sulit diatas. Pencegahannya salah satunya menggunakan masker untuk kita dan penggunaan APD untuk para tenga medis.

APD yang seperti apa yang bisa digunakan oleh tenaga medis kita? Baik itu digunakan oleh dokter, perawat atau tenaga lainnya seperti ahli gizi dan cleaning service agar tidak tertular corona. Ada beberapa model dari APD yang dijual baik oleh industri besar atau konveksi kecil rumahan. Bahan yang digunakan mulai dari bahan spundbond, polyester, plyprophilen dan  bahan anti air lainnya.

Jual Baju APD

Banyak konveksi yang jual APD medis untuk para dokter yang mengangani pasien corona di Indonesia. Bahan yang paling baik digunakan adalah bahan spundbond dengan laminasi. Apa guna laminasi ini? Bahan spundbond sejatinya tidak tahan dengan air. Bahan ini akan hancur jika terkena guyuran air dengan jumlah yang banyak. Guna laminasi adalah mencegah air agar tidak meresap kedalam kain. Sehingga jika saat menangani pasien dan pasien tersebut batuk atau bersin, cairan tersebut tidak merembes atau masuk kedalam APD. Sehingga pemakai lebih aman saat bertugas.  Bahan ini hanya digunakan sekali saja dan langsung menjadi limbah medis. Ini akan lebih aman dibandingkan dengan bahan lainnya yang bisa di pakai berulang kali.

Bahan milky adalah bahan yang cukup bagus juga. Selain anti air, bahan ini juga dilapisi dengan lapisan putih di dalamnya. Bahan ini cocok untuk digunakan di beberapa puskesmas. Alasannya adalah karena lebih sedikit menangani pasien corona dan bisa di cuci kembali daripada harus membeli APD kembali. Ketebalan bahan ini juga cukup tebal dan aman. Dengan bahan campuran parasut dan kain katun didalamnya membuat bahan ini mudah dan nyaman digunakan pada saat bertugas.