MASJID AGUNG AL-AQSHA – KLATEN

Masjid Agung Al-Aqsha Klaten adalah masjid yang berada di Jl. Jogja – Solo, Jonggrangan, Klaten Utara. Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Indonesia.

Masjid yang berada di daerah Klaten yang dibangun sejak tahun 2012 dan memiliki lahan seluas sekitar 5.226 meter persegi pada masa bupati H. Sunama, S.E, M.Hum.

Dulunya tempat Masjid Agung Al-Aqsha ini merupakan sebuah terminal Bus utama di Klaten, dan sedangkan lahan parkir dan tamannya pada masjid ini dulunya merupakan salah satu gedung SMA Negeri 3 Klaten. Dan sekarang terminal Bus Utama Klaten dipindahkan dekat dengan Jalan lingkar Klaten.

Kini sekarang Masjid Agung Al-Aqsha ini menjadi kebanggaan warga Klaten, karena dari arsitektur maupun desain masjid yang sangat mewah dan megah karena memiliki arsitektur dengan nuansa Timur Tengah.

Apalagi tempat yang strategis, yang berada di pinggir Jl. Solo – Yogya sehingga Masjid Agung Al-Aqsha ini sering dijadikan tempat sebagai transit untuk ibadah sholat serta beribadah sholat bagi pengemudi kendaraan maupun wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan.  

Bangunan yang memiliki 3 lantai dan dilengkapi dengan taman dan tempat parkir yang sangat luas, memiliki menara yang setinggi 66.66 meter dan menara pandang yang tingginya sekitar 35 meter.

Pada saat pembangunan masjid Agung Al – Aqsha ini menghabiskan waktu selama 4 tahun anggaran dimulai dari tahun 2012 – 2015 dari dana anggaran pendapatan (APBD) sekitar 60 miliar.

Pada tahun 2012, pembangunan menghabiskan dana sekitar 9,5 miliar untuk tahap I , kemudian pada tahap ke II pada tahun  2013 menghabiskan dana sekitar 27,9 miliar , pada tahap ke III tahun 2014 menghabiskan dana sekitar 11.3 miliar  dan tahap ke IV tahun 2015 dengan dana 11,3 miliar.

ARSITEKTUR MASJID AGUNG AL – AQSHA

Bangunan masjid yang memiliki luas sekitar 5.200 meter persegi, dan mampu menampung sekitar 3.000 jama’ah. Ruangan utama pada Masjid Klaten ini terdapat di lantai 2, yang di desain ala Timur Tengah. Pada di lantai 2 dan di bagian mihrab nya memiliki tinggi 10 meter yang bewarna emas dan dihiasi ukiran surah Al-Fatihah dan Al-Isra’  serta bagian tengahnya terdapat ukiran surah Al-AQsha yaitu nama dari masjid ini.

Selain di bagian mihrab nya, kubah bagian dalamnya membuat parea jama’ah semakin memukau dan kagum, kubah yang desain ornament ala Timur Tengah dan dibagian kubah dalam tengah – tengah ini terdapat tulisan Allah.

Kemudian pada lantai 3 masjid ini, difungsikan untuk menampung jama’ah apabila jama’ah pada lantai 2 sudah penuh.  Masjid Klaten ini juga memiliki fasiltas yang lengkap seperti, kamar mandi bersih, ruang transit, perpustakaan dan ruangan untuk kepentingan para jama’ah.