Berikut Beberapa Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Assalamualaikum Wr. Wb. saya akan membahas manfaat pisang untuk ibu hamil. Pisang adalah salah satu buah untuk ibu hamil yang baik untuk camilan dan makanan ringan. Sangat dianjurkan untuk ibu hamil untuk mengonsumsi 3 sampai 4 porsi pisang per hari.

Karena nutrisi di dalamnya sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin. Buah pisang yang berukuran sedang biasanya 105 kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil. Hal ini karena pisang memiliki rasa yang enak dan rendah lemak. Di sini kita kupas semua nutrisi yang ada di dalam buah sekarang.

Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

1. Kekayaan Asam Folat

Buah pisang mengandung asam folat yang baik dikonsumsi wanita hamil karena mudah diserap oleh janin melalui rahim dan akan membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

2. Mengobati Anemia

Penyakit anemia adalah penyakit yang menyebabkan orang merasa lesu dan lemas. Buah pisang mengandung zat besi atau Fe yang baik untuk mengatasi gangguan anemia dan juga dapat meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

3. Manfaat Vitamin B6

Pisang mengandung vitamin B6, yang merupakan vitamin yang larut dalam air. Dengan adanya Vitamin B6 di dalam buah pisang dapat membantu meningkatkan perkembangan sel sistem saraf pusat pada janin. Dengan jumlah vitamin B6 yang tepat, ini akan mengurangi morning sickness. Jumlah harian yang dibutuhkan wanita hamil untuk mendapatkan vitamin B6 adalah 1,9 miligram. Satu pisang ukuran sedang bisa mengandung 4 miligram.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Hemoglobin

Pisang sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena memiliki peran dalam pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah. Pada buah pisang mengandung zat besi dan vitamin B6 yang berperan dalam neurotransmitter yang dapat meningkatkan pertumbuhan hemoglobin dalam tubuh.

5. Mengatasi Gangguan Sembelit

Sembelit adalah gangguan kehamilan yang umum. Pisang dapat mengurangi kembung dan dapat mengiritasi usus. Tanpa mengonsumsi suplemen buatan, ibu hamil bisa menambah asupan makanan untuk ibu hamil. Hal ini karena pisang mengandung serat yang menyebabkan pergerakan usus halus menjadi tinja. Pisang mengandung rata-rata 6 gram serat per pisang.

6. Berkhasiat Untuk Membantu Pencernaan

Ibu hamil sering mengalami sakit maag dan gangguan pencernaan selama kehamilan, hal ini akan menyebabkan janin yang sedang berkembang mengalami tekanan di perut. Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil akan mengatasi kesulitan tersebut. Pisang mengandung antasida yang akan mencegah sekresi asam. Pisang juga kaya akan pektin, yang membantu pencernaan dan menormalkan gerakan usus.

7. Obat Diare Alami

Pisang mengandung dan Pektin yang mengurangi serat larut. Bagi ibu hamil, serat dapat mengurangi diare dengan cara menghisap atau menghisap banyak air ke dalam tubuh. Maka dengan manfaat pisang untuk ibu hamil, gejala diare bisa berkurang. Tak hanya itu, potasium di dalamnya juga akan meredakan kram usus yang terkadang diare.

Baca juga : Mesin Peniris Minyak

Alergi Pisang pada Ibu hamil

Meskipun pisang baik untuk wanita yang sedang hamil lagi, namun pada beberapa orang pisang dapat menyebabkan alergi. Seharusnya, untuk mengetahui apakah ada orang hamil yang alergi, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter. Saat mengatasi alergi, anak atau ibu bisa mulai mengonsumsi pisang organik, sehingga aman dari komplikasi akibat bahan kimia dan pestisida.

Baca juga : Cara Membuat Bekatul dari Sekam Padi Untuk Pemula

Jika anda ingin mendapatkan manfaat dari pisang sepenuhnya, anda juga harus mengimbangi dengan pola hidup sehat dan mengonsumsi pisang dengan benar. Sekian dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga artikel saya tentang manfaat pisang untuk ibu hamil bermanfaat untuk anda. Anda juga bisa membaca artikel lainnya di rumahmesin.com

Terima kasih:)