Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan. Hallo semua kembali lagi di artikel kali ini. Disini kita akan membahas manfaat minyak kelapa untuk kecantikan

Bagi kalian para wanita pastinya ingin menjadi cantik. Untuk itu kalian berusaha dengan berbagai cara agar menjadi cantik. Tetapi apakah kalian tahu? bahwa minyak Kelapa bisa membuat kita menjadi lebih cantik loh! Kok bisa. berikut penjelasan manfaat minyak kelapa untuk kecantikan.

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) merupakan salah satu minyak kelapa terbaik saat ini. Sebagai minyak kelapa asli bukan olahan, VCO diekstrak dari bahan kelapa segar tanpa menambahkan bahan kimia dan diproses tanpa suhu tinggi. Kandungan alami minyak kelapa murni ini tetap utuh dan tidak rusak.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, coconut oil juga bemanfaat untuk merawat kecantikan, ladies. Kamu bisa merawat kulit dengan menggunakan minyak kelapa. Berikut ini beberapa manfaat coconut oil untuk kecantikan:

Bisa melembabkan kulit

Minyak kelapa dipercaya manfaatnya untuk melembabkan kulit. Formula antibakteri pada minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit eksim dan melawan bakteri stafilokokus. Kamu juga bisa melembabkan bibir kering dan pecah-pecah dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa secara rutin.

Joyce Park menjelaskan, minyak kelapa kaya akan asam lemak yang mengandung antibakteri dan anti-peradangan. Asam lemak di dalam minyak kelapa bisa membantu melindungi dan menutrisi kulit dalam dua cara. “Minyak kelapa memberikan kontrol barrier yang baik dan membantu kita mempertahankan kelembapan kulit, yang sangat bagus karena membantu merawat dan mencegah kekeringan,” kata Dermatologdari New York City, Robert Finney, seperti dilansir Allure. Namun, hindari penggunaan minyak kelapa di wajah karena bersifat komedogenik, terutama jika wajahmu rentan mengalami noda.

Lenyapkan jerawat membandel

Kaya kandungan vitamin C, minyak kelapa sangat bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam pada wajah, baik noda hitam bekas jerawat, flek hitam penuaan dini, dan juga bekas kuka. Oleskan coconut oil ini di area wajah yang diinginkan dan lakukan rutin untuk hasil optimal.

Hapus Makeup

Minyak kelapa dapat memecah kotoran yang larut dalam lemak seperti riasan dan sebum, yang jika dibiarkan dapat menyebabkan kulit berminyak. Jika kamu memakai riasan tebal dan memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak, cobalah menggunakan minyak kelapa sebagai pembersihan awal. Kemudian, lanjutkan pembersihan dengan produk berbahan dasar air yang lembut. Namun, hindari penggunaan minyak kelapa sebagai pembersih makeup jika kulitmu rentan jerawat.

Saat kamu kehabisan pembersih wajah, kamu bisa menggunakan coconut oil untuk menghapus makeup dengan baik. Gunakan VCO untuk membebaskan pori-porimu dari makeup untuk kesehatan kulitmu.

Untuk rambut berkilau

Minyak kelapa juga bisa membantu kesehatan rambutmu, segar berkilau sepanjang hari. Selain itu coconut oil juga efektif untuk meminimalkan hilangnya protein yang mengakibatkan kualitas rambut menurun.

Merawat telapak kaki pecah-pecah

Minyak kelapa bisa menjadi jawaban dari masalah kulit pecah-pecah. Caranya cukup gunakan minyak kelapa pada telapak kaki yang sudah mulai kering.

Mencegah kerutan pada area mata

Area mata merupakan area yang sangat sensitif, karena itu menggunakan produk yang tak banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti minyak kelapa akan menjadi pilihan yang tepat. Cukup oleskan minyak kelapa di area tulang mata, bukan di area kulit yang terlalu dekat dengan mata.

Mengatasi sunburn

Sunburn atau kulit yang terbakar memerah dan perih karena paparan panas matahari rupanya dapat diatasi dengan minyak kelapa. Meski tak memiliki efek mendinginkan, minyak kelapa juga kaya akan pelembab yang menjaga agar kulit tak mengelupas dan vitamin E agar kulit tak meradang merah.

Pembersih wajah

Membersihkan wajah atau menghapus makeup dengan minyak kelapa memiliki keuntungan yaitu menjaga produksi minyak alami pada kulit. Cukup gunakan kapas untuk menghapus makeup, kemudian cuci wajah hingga bersih.

Sebagai scrub tubuh

Campur setengah gelas minyak kelapa dengan setengah gelas pink salt. Gunakan campuran ini sebagai scrub saat mandi dengan menggosoknya ke seluruh tubuh untuk mengangkat sel mati padakulit, lalu bilas dengan air hangat.

Sebagai massage oil

Kamu juga bisa manjakan tubuh dengan menggunakan minyak kelapa sebagai minyak pijat untuk melemaskan otot-otot yang kaku, yaitu dengan mencampurkan minyak kelapa murni dengan beberapa tetes minyak lavender.

Meredakan eksim

Minyak kelapa tidak dapat mengobati eksim, melainkan membantu mengurangi beberapa gejalanya, seperti kekeringan dan gatal. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan bahwa minyak kelapa murni dapat meredakan eksim lebih baik daripada minyak mineral. “Mengingat kemampuannya untuk membantu melindungi kulit dan mengunci kelembapan, minyak kelapa bagus untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan eksim,” ungkap Finney. Tipsnya, gunakan produk perawatan kulitmu terlebih dahulu kemudian menguncinya dengan minyak kelapa. Untuk perawatan eksim lebih lanjut, pastikan kamu mengonsultasikannya dengan dokter.

Deep conditioner

Cobalah menggunakan minyak kelapa sebagai leave-in treatment jika kamu memiliki rambut rusak dan rentan patah. “Minyak kelapa dapat membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi pada batang rambut karena pewarnaan, panas, dan sinar matahari,” kata Finney. Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa panas sebagai perawatan pra-sampo untuk menenangkan rambut kering sebelum keramas dan menggunakan kondisioner. Biarkan selama setidaknya satu jam agar benar-benar meresap dan menembus ke batang rambut. 5. Scrub badan Jika kulitmu terasa kusam, cobalah menggunakan minyak kelapa sebagai eksfoliator alami, demi kulit yang lebih cerah dan lembut. Minyak kelapa juga bisa membantu mengatasi iritasi dari eksfoliasi. Bagi pemilik kulit sensitif, hindari melakukannya lebih dari sekali seminggu.

Pembersih kuas

Minyak kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kuas. Ahli kimia kosmetik, Perry Romanowski merekomendasikan untuk mengoleskan minyak kelapa ke kuas kecantikan untuk mengurai riasan, lalu mengoleskannya untuk menghilangkan minyak berlebih, sebelum membilasnya dengan sabun dan air. “Menggabungkan sabun dan minyak hanya mengikat surfaktan dalam larutan deterjen dan bersaing dengan ‘kotoran’ lainnya pada kuas makeup, sehingga tidak akan membuat kuas bersih dengan optimal,” katanya. Kamu bisa menggunakan sabun apapun, tapi Romanowski tidak menyarankan penggunaan sabun dengan aroma yang terlalu banyak karena dapat meninggalkan aroma kuat pada kuas.

Lip balm

Komposisi lemak dalam minyak kelapa membantu mengisi komponen yang hilang yang menyebabkan kulit bibir kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa juga merupakan obat yang ideal untuk bibir pecah-pecah karena sifatnya semipadat pada suhu kamar, sehingga tidak terlalu berantakan dibandingkan minyak lainnya. Masukkan sedikit minyak kelapa ke dalam toples kecil dan ratakan di bibir sepanjang hari.

Perawatan ketombe

Memiliki kandungan anti-peradangan dan antimikroba, minyak kelapa dapat bermanfaat untuk dermatitis seboroik alias ketombe. Untuk mencegah ketombe, cobalah melakukan perawatan dengan minyak kelapa setiap malam. Oleskan sedikit minyak ke akar dan pijat dengan ujung jari dengan gerakan melingkar. Perawatan ini tidak akan membuat ketombe hilang, tetapi dapat membantu melembutkan serpihannya, sehingga membuatnya lebih mudah terkelupas.

Deodoran

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk menangkal bau tak sedap karena memiliki sifat antimikroba yang dapat mengurangi bau, termasuk bau badan. Jika merasa tidak nyaman mengoleskan mengoleskan minyak kelapa langsung ke ketiak, cobalah memilih deodoran dengan kandungan minyak kelapa.

Minyak kutikula

Minyak kelapa bisa membantu mengatasi kutikula kering dan pecah-pecah. Sebab. Kondisi tersebut jika dibiarkan dapat membuat kuku rapuh. 11. Pelindung rambut Finney mengatakan, cara terbaik untuk melindungi ujung rambut yang rapuh dari sinar matahari dan klorin adalah dengan melapisinya dengan minyak kelapa sebelum dibasahi. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelindung alami antara rambut dan air. Bonusnya, rambutmu mungkin akan lebih halus dari biasanya.

Salep Luka

“Sifat antimikroba dan basis minyak menyebabkan minyak kelapa dapat digunakan pada luka kecil dan luka bakar serta dapat membantu penutupan luka,” kata Finney. Oleskan minyak ke area yang luka beberapa kali sehari sampai mulai bersih. Jika luka malah memburuk, konsultasikanlah dengan dokter.

Cara Menggunakanya

1. Pelembab bibir

Bibir pecah-pecah rasanya tidak nyaman dan membuat kita tidak percaya diri. Banyak pelembab bibir yang dijual di pasaran mengandung bahan kimia yang berpotensi menghasilkan racun. Minyak kelapa merupakan alternatif yang ideal untuk mengatasi bibir pecah-pecah, begitu pula ketika minyak kelapa ini dioleskan pada bagian perut. Banyak orang yang mendapatkan manfaat dari minyak kelapa ini.

2. Pelembab kulit

Kita biasanya menggunakan krim atau lotion untuk melembutkan kulit terutama pada bagian wajah dan tangan. Minyak kelapa dapat melembabkan kulit dan memperbaiki jaringan kulit yang kering. Ambil sedikit minyak kelapa ke telapak tangan dan gosokan pada lengan, wajah dan bagian tubuh manapun yang diinginkan.

Minyak kelapa juga baik untuk memperbaiki kondisi kaki yang keras dan retak-retak akibat berdiri terlalu lama. Retak di kulit telapak kaki mungkin tidak akan hilang, tetapi kaki akan menjadi lebih halus dan kenyal.

Minyak kelapa juga berfungsi sebagai exfoliator alami untuk mengelupaskan sel kulit mati, layaknya garam atau gula. Minyak kelapa mampu mengikis kulit mati dan membersihkan kotoran yang menghambat pori-pori tanpa membuat kulit iritasi. Gunakan minyak alami dengan bahan yang sedikit kasat sehingga pengelupasan kulit akan lebih sempurna, seperti warna kulit yang lebih merata dan tekstur kulit menjadi lebih lembut.

3. Mengobati gangguan kulit

Minyak kelapa diklaim dapat mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim. Penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan protein pada minyak kelapa dapat mendorong proses regenerasi sel-sel kulit dan mengobati berbagai masalah kulit lainnya. Dengan demikian, minyak kelapa tidak hanya dapat melawan bakteri penyebab infeksi, tetapi juga membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Itulah beberapa penjelasan terkait manfaat minyak kelapa untuk kecantikan, semoga bisa membantu anda. terimakasih telah berkunjung

bagi kalian yang mengalami kesulitan terkait mesin kelapa atau mesin lainya bisa menghubungi rumahmesin.com lho.

Baca juga manfaat lainya tentang minyak kelapa