Manfaat Minyak Biji Hitam / Jintan Hitam (Habatussauda)

Manfaat Habatussauda – Selama ratusan tahun, orang-orang Asia telah menggunakan biji hitam untuk membuat minyak biji hitam. Minyak ini menjadi berguna sebagai obat alami untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan umum secara alami. Ini karena minyak ini mengandung beberapa khasiat obat yang menyembuhkan ke tubuh.

Apa itu Biji Hitam (Nigella Sativa)?

Nigella Sative adalah tanaman putih dan biru berbunga halus yang tumbuh di Asia barat daya. Tanaman yang indah dapat memiliki hingga sepuluh kelopak bunga sebelum menghasilkan buah. Kemudian, buah dipanen dan bijinya diambil darinya dan digunakan untuk membuat rempah-rempah jinten hitam dan minyak biji hitam. Minyak biji hitam biasanya digunakan paling banyak karena cara itu memperlakukan berbagai kondisi kesehatan secara alami.

Baca Pula: 13 Manfaat Minyak Habbatussauda yang Menakjubkan

Apa manfaat kesehatan dari minyak biji hitam?

  1. Minyak biji hitam efektif dalam mengobati banyak gangguan kesehatan yang umum karena mengandung antioksidan, sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri dan virus.
  2. Minyak habatussauda ini juga bertindak sebagai pereda nyeri alami dan mendukung pencernaan. Minyak ini bahkan dapat digunakan untuk menenangkan alergi karena kemampuan alamiahnya untuk memblok histamines dalam tubuh.
  3. Wanita menggunakan minyak ini untuk membantu mempromosikan menstruasi jika siklusnya terlambat. Selain itu ibu yang baru melahirkan menggunakan tersebut untuk membantu meningkatkan produksi ASI agar lebih mudah menyusui.
  4. Selama musim dingin dan flu, minyak ini dapat digunakan untuk membuat teh hangat untuk membantu mencegah flu dan demam. Selain itu minyak ini juga bagus untuk meredakan gejala flu dan dan demam.
  5. Minyak jintan hitam juga dapat membantu dalam menghilangkan kram otot dan kejang karena mengandung komponen obat di dalamnya yang membantu menenangkan otot ke bawah sehingga dapat merileksasi.
  6. Bagi Anda yang menderita insomnia dapat menemukan bantuan dengan hanya mengambil satu sendok teh minyak dalam segelas air sebelum tidur.
  7. Minyak biji hitam telah dikenal bertindak sebagai obat penenang alami. Sifat penenang dalam obat ini juga membuatnya berguna untuk mengobati sakit gigi, sakit punggung, sakit kepala dan sakit tubuh karena sakit.

Di mana minyak biji hitam dapat ditemukan?

Anda dapat menemukan minyak habatussauda di toko makanan kesehatan setempat dan toko herbal. Namun, umumnya dibuat dengan tangan dari buah yang berasal dari tanaman Nigella Sativa. Ini karena minyak ini mengandung khasiat obat paling ampuh di dalamnya ketika baru dibuat dengan tangan.

Sifat-sifat obat yang kuat sangat penting untuk menyembuhkan tubuh dengan benar dari penyakit yang mengganggu. Namun, jika Anda tidak memiliki fasilitas untuk membuat minyak sendiri, pastikan Anda membeli minyak biji hitam murni organik sebagai gantinya dan itu harus cukup kuat.

Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Biji Hitam?

Anda dapat menggunakan minyak ini dengan beberapa cara yang beragam, yaitu:

  1. Untuk mengobati penyakit di dalam tubuh, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak ke jus, air, atau teh herbal dan meminumnya.
  2. Jika Anda ingin menggunakan minyak hitam secara eksternal untuk mengobati luka, kutil atau infeksi kulit kecil, cukup oleskan beberapa tetes minyak ke area yang terinfeksi.
  3. Jika Anda mencoba mengobati masalah kulit seperti eksim atau gatal-gatal, sebaiknya tambahkan beberapa tetes minyak ke dalam air panas dan rendam di dalamnya.

Catatan Akhir

Lain kali Anda berurusan dengan penyakit kesehatan umum, minyak biji hitam mungkin menjadi obat yang dapat membantu meringankan kondisi Anda secara alami. Namun, sebaiknya berbicara dengan dokter sebelum menggunakan obat ini untuk memastikan aman dan tepat untuk Anda.

Sumber: naturalnewsblogs.com/amazing-benefits-uses-black-seed-oil/ (Lu Jiao)