Manfaat Kelapa Muda untuk Diet yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Kelapa Muda untuk Diet – Tanaman kelapa banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Hampir semua bagian tanamannya, dapat dimanfaatkan, tak terkecuali buah kelapa. Buah kelapa muda seringkali dikonsumsi sebagai salah satu minuman pelepas dahaga. Rasanya yang manis dan segar membuatnya memiliki banyak peminat.

Tahukah Anda? ternyata kelapa muda juga berkhasiat untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi salah satu cara untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, Anda juga perlu memperhatikan menu makanan yang sehat dan cocok untuk mendukung program diet yang sedang dijalankan.

Salah satu menu yang bisa ditambahkan dalam program diet Anda yaitu kelapa muda. Kelapa muda memiliki segudang kandungan nutrisi dan mineral yang baik bagi tubuh, terutama untuk diet. Yuk kita simak apa saja kandungan nutrisi yang ada dalam kelapa muda sebagai berikut!

Kandungan Nutrisi dalam Kelapa Muda

Buah kelapa atau dengan nama latin cocos nucifera cukup terkenal dengan segudang nutrisi yang dikandungnya. Air kelapa muda dikenal rendah kalori dan memiliki sifat antioksidan yang baik untuk menunjang program diet sehat Anda. Beberapa kandungan nutrisi dalam air kelapa muda diantaranya yaitu 16 kalori, 4,1 gram gula, asam amino, enzim, potassium, vitamin B, dan vitamin C.

Sementara itu, daging buah kelapa muda mengandung 77 kalori, 10 gram gula, 3.6 gram lemak, 1,4 gram protein, 257 gram kalium, dan 6 mg vitamin C. Tak sampai disitu, kelapa muda juga mengandung sejumlah mineral-mineral penting seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng. Selain itu kelapa muda juga mengandung kalium yang tinggi. Bahkan kandungan ini jauh lebih tinggi dibandingkan saat anda mengonsumsi minuman olahraga ataupun empat buah pisang.

Baca Juga : Cara Membudidayakan Tanaman Kelapa Agar Cepat Panen dan Berbuah Lebat

Beragam Manfaat Kelapa Muda untuk Diet

Kandungan nutrisi dalam buah kelapa muda yang melimpah dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh, terutama untuk diet. Yuk kita simak beberapa manfaat kelapa muda untuk diet berikut ini!

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Buah kelapa muda terkenal dengan manfaatnya untuk menghilangkan dahaga serta mengatasi dehidrasi tubuh. Air kelapa muda memiliki sifat yang hampir sama dengan cairan yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan kelapa muda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Tak hanya bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air kelapa muda juga berkhasiat untuk meningkatkan stamina tubuh. Saat menjalani program diet, Anda harus memperhatikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Hal ini bertujuan agar proses metabolisme tubuh menjadi lancar.

2. Menyehatkan Pencernaan

Air maupun daging kelapa muda mengandung serat yang tinggi sehingga menjadikannya berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem pencernaan. Pencernaan yang sehat tentu bisa mendukung program diet menjadi lebih efektif.

3. Menurunkan Berat Badan Lebih Cepat | Manfaat Kelapa Muda untuk Diet

Air kelapa muda terkenal rendah kalori. Oleh karena itu, air kelapa muda sangat cocok dikonsumsi untuk menggantikan minuman manis dan bersoda saat menjalani program diet. Manfaat ini bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi air kelapa muda sebanyak satu gelas sehari sebelum makan. Lakukan langkah ini secara rutin selama kurang lebih 7 hari.

4. Mencegah Stress dan Depresi

Saat menjalani diet, sangat penting untuk menjaga dan mengendalikan kondisi saat sedang stress. Kandungan vitamin B kompleks dan magnesium dalam air kelapa muda dapat merangsang produksi hormon serotonin yang berguna untuk menangkal stres dan depresi.

5. Menghaluskan Kulit

Manfaat lain air kelapa muda untuk diet adalah bisa menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan air kelapa muda memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, air kelapa muda juga baik digunakan sebagai masker atau pencuci muka. Alhasil kulit wajah akan terasa lebih halus dan sehat.

6. Mencegah Penuaan Dini | Manfaat Kelapa Muda untuk Diet

Air kelapa muda juga mengandung hormon sitokinin yang berkhasiat dalam proses regenerasi sel dan mencegah kanker dan trombosis. Oleh karena itu air kelapa muda bermanfaat dalam menghilangkan kerutan dan serta mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Waktu Terbaik Mengonsumsi Kelapa Muda untuk Diet

Air kelapa muda paling enak dinikmati di siang hari yang panas. Rasa segar air kelapa muda mampu menghilangkan dahaga serta membuat tubuh menjadi lebih segar. Terlebih lagi buah kelapa tidak sulit untuk dicari di negara tropis seperti Indonesia. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, air kelapa muda banyak digemari karena bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Manfaat air kelapa muda yang satu ini didukung karena rendah akan kandungan kalori. Selain itu air kelapa muda juga mengandung enzim serta mineral alami seperti kalium yang bisa menggantikan minuman berenergi.

Namun, air kelapa muda harus dikonsumsi dalam waktu yang tepat agar bisa memberikan khasiat yang baik bagi tubuh. Berikut ini tiga waktu yang tepat untuk mengonsumsi air kelapa muda untuk diet:

1. Sebelum atau sesudah olahraga

Air kelapa muda dipercaya dapat meningkatkan energi saat berolahraga. Kandungan elektrolit yang ada di dalam air kelapa muda juga membantu tubuh memulihkan energi setelah berolahraga. Air kelapa muda bisa Anda jadikan sebagai salah satu minuman energi terbaik saat lelah berolahhraga ataupun beraktifitas berat.

2. Minum air kelapa di pagi hari saat perut kosong

Air kelapa muda mengandung asam laurat yang dapat meningkatkan imun tubuh, melancarkan sistem metabolisme, serta membantu menurunkan berat badan. Air kelapa muda bahkan sering direkomendasikan kepada ibu hamil, untuk melawan dehidrasi dan masalah sembelit. Tak hanya itu, air kelapa muda juga mampu meredakan rasa mual dan mulas yang biasa dirasakan ibu hamil saat pagi hari.

3. Sebelum dan sesudah makan

Minum segelas air kelapa muda diyakini dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Selain itu, air kelapa muda juga dapat membantu melancarkan proses pencernaan serta mencegah kembung setelah makan. Konsumsi air kelapa muda secara rutin diyakini mampu menyeimbangkan kandungan elektrolit dalam tubuh, sehingga tekanan darah bisa terkontrol serta meningkatkan fungsi pencernaan.

Demikian beberapa informasi tentang manfaat kelapa muda untuk diet. Bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi kelapa muda. Namun, cara ini harus diimbangi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Kunjungi halaman utama website kami untuk menemukan informasi dan update menarik lainnya.