Manfaat Gula Aren Untuk Asam Lambung

Gula aren adalah alternatif gula sehat pengganti gula pasir karena terbuat dari bahan bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia. Tahukah kamu jika manfaat gula aren untuk kesehatan sangat banyak, salah satunya bermanfaat untuk lambung. Gula aren dapat berfungsi mengatasi asam lambung atau maag. Untuk lebih jelas, baca terus artikel mengenai manfaat gula aren untuk asam lambung berikut ini.

Lambung adalah salah satu organ percernaan yang penting. Berfungsi untuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal itu dibantu oleh beberapa enzim, yaitu pepsin, renin, dan HCL. Namun terkadang, ada beberapa masalah atau penyakit yang menyerang lambung, seperti asam lambung (maag) dan gastroenteritis.

Asam lambung atau yang biasa disebut maag adalah sebuah penyakit lambung yang sangat sering diderita. Kondisi ini terjadi apabila tingkat produksi asam suatu enzim di lambung meningkat, sehingga asam lambung naik sampai ke esofagus dan menyebabkan iritasi pada dinding serta otot lambung.

Penderita maag akan merasakan sakit perut, panas dan nyeri pada ulu hati (heartburn) serta merasakan mual. Hal ini akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada daerah perut dan tubuh. Jika maag tidak segera diatasi maka akan menyebabkan penyakit yang lebih serius dan tubuh yang sangat lemas.

Penyebab maag biasanya ada bermacam macam, contohnya adalah makanan yang dikonsumsi kurang bersih dan mengandung bakteri atau pola makan yang salah, misalnya seperti telat makan. Jika terkena maag maka harus segera diobati agar tidak semakin parah. Bisa dengan meminum obat maag atau dengan bahan alami, yaitu gula aren. Ya, gula aren dapat menyembuhkan maag.

Apa Itu Gula Aren?

manfaat gula aren untuk asam lambung

Sebelumnya, kita kenalan dulu dengan gula satu ini. Sering kali gula aren disamakan dengan gula merah atau gula jawa, padahal itu jenis gula yang berbeda. Gula aren adalah gula yang terbuat dari nira pohon jantan gula aren atau enau yang didapat dengan cara menyadap lalu dimasak selama waktu yang lumayan lama hingga kental seperti gulali dan berubah warna menjadi coklat gelap.

Gula aren yang yang masih berbentuk gulali harus segera dicetak menggunakan cetakan yang biasanya terbuat dari batok kelapa dan bambu. Setelah itu hanya perlu menunggu gula aren hingga mengeras menjadi gula aren yang warna cokelat gelap. Gula aren pun siap digunakan.

Pembuatan gula aren bisa dibilang sangat sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar serta kesabaran yang ekstra, baik dalam proses menyadapnya ataupun dalam memasaknya, karena memasak gula aren membutuhkan waktu yang sangat lama bahkan sampai berjam jam.

Gula aren sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Kandungan nutrisi yang ada pada gula aren pun sangat banyak, antara lain vitamin C, zat besi, fosfor, kalium, protein, niacin, riboflavin, thiamin, dan ascorbic acid. Itu samua sangat berguna untuk kesehatan tubuh.

Manfaat gula aren untuk tubuh dan kesehatan ada banyak, misalnya saja yaitu mengatur kadar kolesterol, sumber energi tubuh, meredakan nyeri sendi, membantu masalah kencing, kaya antioksidan, mencegah anemia, mencegah masalah pernapasan, mengobati masalah menstruasi, menurunkan berad badan, dan dapt membersihkan darah.

Manfaat Gula Aren Untuk Asam Lambung

Selain mengandung beberapa nutrisi seperti di atas, gula aren juga mengandung bahan pemanis sukrosa dan fruktosa sama seperti gula kebanyakan. Ada juga serat pangan berupa insulin. Insulin sangat bagus untuk kesehatan percernaan karena dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik (probiotik) di dalam usus, terutama bakteri jenia Lactobacili dan Bifidobacteria.

Kandungan riboflavin dalam gula aren juga berperan penting dalam mengatasi maag. Riboflavin dapat berfungsi dalam membantu pembentukan antibody, sel yang rusak dan energi. Masih ada manfaat lain dari riboflavin, yaitu mengatasi sistem percernaan. Salah satunya adalah mengatasi masalah asam lambung.

Naiknya produksi asam lambung bisa diatasi dengan kandungan riboflavin sehingga tidak akan menyebabkan masalah yang lebih serius pada lambung. Selain itu sel sel yang rusak pada sistem percernaan bisa diganti menjadi sel baru oleh riboflavin.

Itulah yang terjadi mengapa gula aren dapat bermanfaat dalam mengatasi asam lambung. Sekarang sudah tahu bukan jika ternyata gula aren bisa untuk mengatasi maag. Untuk itu jika kamu terserang penyakit maag atau asam lambung, segeralah mengonsumsi gula aren, bisa secara langsung maupun dibuat menjadi minuman.

Setelah mengetahui manfaat gula aren untuk asam lambung, baca juga artikel khasiat asam jawa dicampur gula merah.

Cara Membuat Minuman Gula Aren

Dengan dibuat minuman, maka selain dapat mengobati asam lambung juga dapat berguna untuk menghangatkan tubuh. Cara membuat gula aren menjadi minuman herbal sangat mudah, kamu hanya pertu menyiapkan secukupnya gula aren dan air panas segelas atau 200 ml. Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut.

  • Taruh secukupnya gula aren pada gelas.
  • Tuangkan air panas ke dalam gelas berisi gula aren sebanyak 200 ml.
  • Aduk aduk hingga gula aren larut.
  • Disarankan untuk meminum minuman gula aren tersebut saat masih hangat.

Meminun seduhan gula aren setiap hari dapat mengembalikan sel yang rusak pada lambung yang terjadi karena pergesekan dinding lambung dengan makanan. Minuman tersebut juga menjadi obat herbal dalam mengatasi asam lambung dan membuat tubuh terhindar dari obat obatan kimia yang biasa dikonsumsi untuk mengatasi maag.