Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Agar Tetap Sehat

Pohon kelapa merupakan salah satu pohon yang banyak dijumpai di Indonesia. Bagian pohon kelapa yang paling banyak dikonsumsi adalah air dan juga dagingnya. Air kelapa tersebut memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk ibu hamil. Berikut adalah manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil agar tetap sehat.

Definisi Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecacaeae. Arti kata kelapa (atau coconut, dalam bahasa Inggris) dapat merujuk pada keseluruhan pohon kelapa biji, atau buah yang secara botani adalah pohon berbuah dan bukan pohon kacang-kacangan. Istilah ini berasal dari kata Portugis dan Spanyol abad ke-16, coco yang berarti “kepala” atau “tengkorak” setelah tiga lekukan pada tempurung kelapa yang menyerupai fitur wajah. Tumbuhan ini dimanfaatkan hampir semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna, terutama bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Manfaat Bunga Pohon Kelapa

Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari akar pohonnya sampai dengan buahnya. Apa saja manfaat tersebut? Berikut adalah manfaat bunga pohon kelapa.

1. Bahan Pembuat Cuka Dan Alkohol

Bunga kelapa mulai terlihat ketika pohon kelapa sudah memiliki umur 4 – 6 tahun. Bunga kelapa tersebut memiliki warna kuning dan ketika didekati akan beraroma manis. Bunga kelana merupakan jenis bunga majemuk atau sekelompok kuntum bunga yang terangkai satu ibu tangkai bunga. Salah satu manfaat dari bunga kelapa adalah berguna dalam pembuatan alkohol dan cuka.

Getah yang dihasilkan oleh bunga kelapa tersebut dapat difermentasi dan hasil dari proses fermentasi itulah yang akan digunakan menjadi bahan pembuat alkohol maupun cuka. Proses fermentasi getah dari bunga kelapa dapat menghasilkan alkohol karena mengandung gula dan karbohidrat. Karena hasil alkoholnya tersebut menjadikan bunga kelapa juga merupakan bahan pembuatan dan yang memberikan manfaat tuak kelapa.

2. Bahan Pembuat Gula Kelapa

Bunga kelapa yang merupakan cikal bakal dari buah kelapa setelah melalui proses stadia numbang atau anak buah, dogan atau buah kelapa muda memilik manfaat sebagai salah satu bahan yang digunakan dalam proses pembuatan gula kelapa. Sebelum menjadi buah kelapa, bunga kelapa akan mengalami proses penyerbukan secara alami yang banyak dibantu oleh alam.

Bunga dari pohon kelapa tersebut dapat diambil niranya untuk dijadikan salah satu bahan pembuatan gula kepala. Proses pengambilan dan pembentukan gula kelapa dari nira bunga pohon kelapa tersebut sebenarnya sama halnya dengan proses pembuatan gula aren. Ada beberapa manfaat gula kelapa untuk kesehatan yang perlu diperhatikan.

3. Pelengkap Bunga Rangkaian

Bunga kelapa memiliki bentuk yang sangat khas sehingga dapat dimanfaatkan atas dasar bentuk dan keunikannya tersebut. Salah satu manfaat bunga kelapa dari bentuk dan keunikannya adalah dapat digunakan sebagai pelengkap dari rangkaian bunga.

Dengan adanya tambahan bunga kelapa tersebut, rangkaian bunga akan dapat terlihat lebih menarik dan eksotif. Bunga kelapa dapat dijadikan sebagai bunga hias baik indoor atau di dalam ruangan maupun outdoor diluar ruangan.

4. Cikal Bakal Buah Kelapa

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan lainnnya, bunga kelapa tentu bermanfaat sebagai cikal bakal dari buah kelapa seperti yang disebutkan sebelumnya. Dengan membiarkan bunga kelapa tetap dalam kondisi yang baik pada pohon kelapa maka pada waktunya nanti akan ada buah kelapa yang dapat juga dimanfaatkan. Proses pembuatan buah kelapa tersebut dimulai dari tahap penyerbukan yang terjadi secara alami dengan bantuan angin maupun seranga disekitar bunga kelapa.

5. Olahan Makanan

Bunga kelapa selain dapat difermentasi menjadi bahan pembuatan tuak maupun gula kelapa juga tenyata dapat diolah menjadi olahan makanan tertentu yang khas. Salah satu bentuk olahan dari bunga kelapa muda adalah gudeg. Gudeg merupakan jenis olahan makanan yang terkenal dari daerah yogyakarta.

Gudeg bunga kelapa muda merupakan salah satu jenis gudeg yang berasal dari daerah bantul. Gudeg bunga kelapa muda tersebut disebut dengan nama gudeg manggar. Rasa yang khas dari gudeg bunga kelapa muda tersebut menjadikannya sebagai salah satu makanan yang disukai oleh keluarga keraton yogyakarta.

Minuman Dari Kelapa

Air dan juga daging buah kelapa, selain dapat dikonsumsi secara langsung, namun juga dapat dikonsumsi dengan campuran berbagai bahan lainnya. Penasaran apa saja minuman bercampur daging atau air buah kelapa? Berikut adalah minuman dari kelapa.

1. Es Kelapa Muda Timun Suri

Bahan-Bahan :

  • Kelapa muda
  • Blewah
  • Timun suri
  • Selasih
  • Nata de coco
  • Gula putih yang dicairkan
  • Air
  • Es batu

Cara Membuat Es Kelapa Muda Timun Suri :

  1. Siapkan mangkuk, masukkan serutan blewah dengan ukuran besar.
  2. Tambahkan semua bahan lainnya kedalam mangkuk. Jangan lupa beri gula dan juga air serta es batunya.
  3. Es kelapa muda timun suri siap dinikmati.

2. Es Kelapa Muda Durian

Bahan-Bahan :

  • Daging kelapa muda
  • Air kelapa muda
  • Daging buah durian
  • Nangka
  • Susu kental manis
  • Es batu

Cara Membuat Es Kelapa Muda Durian :

  1. Masukkan daging kelapa muda, nangka, buah durian dan es batu dalam mangkuk.
  2. Tambahkan air kelapa muda.
  3. Campurkan susu kental manis dan aduk merata.
  4. Es kelapa durian siap disajikan.

3. Es Kopi Kelapa Muda

Bahan-Bahan :

  • Kopi americano
  • Air kelapa muda
  • Daging kelapa muda
  • Es batu
  • Es krim vanilla

Cara Membuat Es Kopi Kelapa Muda :

  1. Campurkan kopi americanto dengan air kelapa muda didalam gelas, kemudian masukkan daging kelapa muda.
  2. Tambahkan es batu kedalamnya.
  3. Terakhir beri es krim vanilla diatasnya sebagai topping.
  4. Es kopi kelapa muda siap dinikmati.

4. Es Kurma Kelapa Muda

Bahan-Bahan :

  • kelapa muda 1 buah
  • Kurma 8 biji
  • Kacang almond sesuai selera
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Kurma Kelapa Muda :

  1. Siapakan bahan, kemudian pisahkan daging kurma dengan bijinya.
  2. Setelah itu haluskan semua bahan menjadi satu dengan menggunakan blender. Setelah halus, masukkan kedalam gelas.
  3. Es kurma kelapa muda siap dinikmati.

Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

Di dalam air kelapa terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan protein. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan mineral, seperti magnesium, kalium, serta kalsium. Berkat kandungan nutrisinya tersebut, air kelapa dipercaya berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil.

1. Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dapat Membantu Mengembalikan Elektrolit Yang Hilang

Mual dan muntah atau dikenal juga dengan morning sicknees merupakan keluhan yang dialami oleh hampir setiap ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya kekurangan elektrolit.

Air kelapa bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium.

2. Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dapat Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

Penting bagi setiap ibu hamil untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tak hanya air putih, air kelapa juga dapat ibu hamil konsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

3. Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dapat Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih umum terjadi selama kehamilan. Kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena infeksi.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya ISK.

4. Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Air kelapa juga dipercaya dapat menurunkan dan mengontrol gula darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Namun, air kelapa tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia selama kehamilan, segera periksakan diri ke dokter.

5. Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dapat Mendukung Tumbuh Kembang Janin

Air kelapa mengandung kalsium yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Meski demikian, kandungan kalsium di dalam air kelapa tidak dapat dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga : manfaat air kelapa muda bagi kesehatan

Buah kelapa memiliki banyak bagian, salah satunya adalah tempurung kelapa atau batok kelapa. Batok kelapa ini bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan yang bernilai tinggi. Dan untuk menghasilkan batok kelapa yang bagus, maka bisa menggunakan mesin batok kelapa.