Macam Macam Steak Daging Sapi Perlu Kalian Tahu

macam macam steak daging sapi

Macam Macam Steak Daging Sapi – Hai para pecinta steak daging sapi, kalian sudah pada tahu belum sih kalau sebenarnya steak daging itu bermacam – macam? Pasti di antara kalian juga masih ada yang belum mengetahuinya kan. Makanya yuk langsung simak terus artikel ini sampai selesai ya, karena pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Macam Macam Steak Daging Sapi Perlu Kalian Tahu.

Menu makanan steak merupakan salah satu menu hidangan yang wajib di santap jika kalian mengadakan pesta malam atau bakar – bakar saat akhir tahun. Makanan ini memiliki rasa khas, nah perlu kalian ketahui juga jenis potongan dari daging yang dibuat steak ini dapat berpengaruh pada rasanya dan tingkat kematangan daging steaknya lhoh. Kira – kira apa saja ya jenis potongan steak daging ini sama jenis manakah yang cocok untuk dijadikan steak? yuk simak saja di bawah ini untuk mengetahuinya.

Macam Macam Steak Daging Sapi Perlu Kalian Tahu

1. Tenderloin (fillet mignon)

Salah satu macam steak daging sapi yang banyak di sukai dan rasanya yang paling empuk dan mahal adalah steak daging sapi dengan potongan daging tenderloin ini. Daging sapi tenderloin ini di ambil dari pinggang pendek daging sapi bagian dalam yang berbentuk potongan otot panjang. Ternyata yang dapat membuat potongan tenderloin ini empuk karena pada bagian ini otot sapi hanya sedikit bekerja.

Perlu kalian ketahui juga, potongan tenderloin ini kurang memiliki aroma tinggi daging namun rasanya tetap nikmat kok dimakan apalagi teksturnya yang empuk. Daging tenderloin ini hanya memiliki sedikit kandungan lemak sehingga akan cepat kering jika dimasak menggunakan api yang panas. Biasanya potongan daging tenterloin ini lebih sering di kenal dengan sebutan nama fillet mignon.

2. Macam Steak Daging Sapi Top Loin (new york strip steak)

Kalian lebih sering mengenal macam steak daging sapi top loin ini dengan sebutan Kansas strip, strip loin, atau New york strip steak. Tidak hanya itu saja, rupanya top lion juga terkadang disebut dengan nama steak club.

Potongan daging top loin ini juga sama istimewanya dengan daging steak potongan rib eye, karena pada potongan ini daging memiliki rasa yang lebih kuat dan memiliki tekstur yang cukup lembut daripada potongan lainnya.

3. Rib Eye

Rib eye merupakan potongan daging sapi yang sangat cocok dan terbaik untuk dijadikan steak. Karena potongan ini menyajikan kombinasi kelembutan daging yang mewah, rasa yang lebih lezat, dan sedikit berlemak.

Rib eye memiliki dua buah varian atau versi yaitu disajikan dengan tulang dan tampa tulang. Mungkin rib eye ini lebih kalian kenal dengan sebutan tulang rusuk atau iga.

4. Macam Daging Grill Top Sirloin

Top sirloin ini memiliki rasa daging yang nikmat dan menduduki peringkat pertama untuk rasa daging sapi. Kelembutan dagingnya yang membuat top sirlon ini memiliki banyak sekali penggemarnya, selain itu macam potongan daging steak yang satu ini juga memiliki harga yang terjangkau dan murah. Top sirloin ini di ambil dari daging yang membentang dari punggung bawah sampai tulang pinggul sapi.

Top sirloin ini juga mmempunyai tekstur yang jauh lebih empuk jika dibandingkan dengan macam daging steak lainya. Untuk memasaknya kalian juga perlu berhati – hati dan perlu memperhatikan agar daging tidak terlalu matang karena akan membuat daging menjadi kering dan membuat tekstur lebih keras.

5. T – Bone

T – bone merupakan potongan daging yang bentuk dan teksturnya sangat mirip dengan potongan daging porter house. Yang membedakan hanya lah potongan T – bone ini di potong sedikit ke bagian depan pinggang yang pendek di daging sapi.

Hal tersebut lah yang membuat bagian ini hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada otot tenderloin yang masih menempel. Selain itu karena bagian ini lebih jauh dari pantat, maka otot rib eye di T – bone memiliki tekstur yang lebih lunak jika dibandingkan dengan macam potongan daging porter house.

6. Porter House

Porter house merupakan potongan daging steak yang di ambil dari pinggang pendek sapi (short loin) yaitu bagian ujung pantatnya. Pada potongan daging porter house ini dagingnya masih memiliki sedikit bagian otot rib eye di satu sisi dan otot tenderloin pada di sisi lainnya. Ternyata bagian potongan daging yang satu ini memiliki tekstur daging yang cukup empuk lhoh untuk dibakar dan selain itu juga mempunyai harga yang cukup murah untuk standar daging steak.

Nah itulah Macam Macam Steak Daging Sapi Perlu Kalian Tahu, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian semua aamiin.