Macam Alat Kesehatan Di Ruang ICU

Alat Kesehatan Di Ruang ICU – Rumah Sakit mempunyai bermacam ruang yang sengaja disediakan khusus, untuk keperluan pasien dan juga menolong tenaga kesehatan supaya lebih konsentrasi dalam menangani penyakit pasien. Salah satunya yakni ruang ICU, atau biasa orang menyebutnya sebagai intensive care unit.

ICU ialah ruangan khusus yang disediakan oleh Rumah Sakit dengan standar nasional ataupun internasional, untuk merawat pasien dengan penyakit maupun cidera yang serius.

Ruangan ICU ini membantu memulihkan keadaan pasien secara maksimal dan dilengkapi dengan berbagai macam peralatan medis yang menunjang. Selama berada di ICU pasien akan dipantau selama 24 jam penuh baik oleh dokter maupun tenaga kesehatan lainnya.

Alat Kesehatan Di Ruang ICU

Macam Alat Kesehatan Di Ruang ICU
Alat Kesehatan Di Ruang ICU

Mungkin diantara Anda, belum ada yang tahu peralatan medis apa saja yang tersedia di ruangan ICU. Oleh sebab itu kami akan memberikan sebuah informasi tersebut, diantaranya :

  • Tabung Oksigen

Perlengkapan pertama yang semestinya ada dalam ruang ICU adalah tabung oksigen. Di mana tabung ini menolong pasien saat mereka kesusahan bernapas atau bahkan tak dapat bernapas secara normal. Tabung berukuran besar maupun kecil ini selalu ada di ruang ICU, untuk menolong para pasien.

  • Regulator Oksigen

Masih serupa dengan alat yang terkait dengan oksigen. Salah satu alat yang wajib ada di dalam ruang ICU adalah regulator oksigen. Alat medis yang terkait dengan alat bantu pernapasan ini memang wajib ada, karena regulator oksigen yg wajib ada ini untuk membantu pasien supaya bernafas dengan normal sebagaimana biasanya regulator.

Alat ini berfungsi untuk meregulasikan atau mengatur laju aliran oksigen dari tabung kehidupan sen supaya tidak berkurang maupun berlebihan.

  • Monitor

Monitor adalah salah satu alat yang diterapkan di dalam ruang ICU, di mana monitor membaca memperlihatkan grafik seputar daya kerja organ tubuh, contohnya denyut jantung , oksigen dan juga aliran darah atau tekanan darah yang dimiliki oleh pasien hal yang demikian.

Monitor ini memiliki peran penting, sebab daya kesehatan tak bisa menjaga satu persatu pasien selama 24 jam atau hingga mereka kembali sehat dan normal.

  • Pulse Oximeter

Pulse Oximeter merupakan alat yang diterapkan untuk mengukur kadar oksigen ataupun kepekatan oksigen dalam darah tanpa memasukkan alat apa saja ke dalam tubuh ( non- invasive ). Dalam penilaian pulse oximeter kadar oksigen dilambangkan sebagai SpO2 dan hasil pengevaluasiannya ditampilkan dalam persentasi, maka alat medis yang satu ini biasanya ada di ruang ICU.

Oke, mungkin itu dulu yang bisa saya sajikan untuk Anda terkait alat kesehatan di ruang ICU. Yang awalnya Anda belum tahu, kini Anda sudah tahu bahwa ada bermacam-macam alat kesehatan di ruang ICU yang mempunyai peran penting dari masing-masing alat medisnya.