Kreasi kerajinan barang bekas

Kreasi kerajinan barang bekas

Kreasi kerajinan barang bekas – Barang bekas menumpuk di rumah? Jangan dibuang begitu saja. Inilah saatnya mengubah barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat. Lihat saja koleksi kreasi bekas ini untuk mendapatkan inspirasi!

Jika barang bekas tidak dimanfaatkan , lebih baik di jual untuk didaur ulang kembali.  Disana barang bekas akan diproses dengan mesin daur lang seperti halnya plastik yang dihancurkan dengan mesin pencacah plastik, sebelum proses pembentukan menjadi barang yang lebih bernilai.

Barang bekas hampir ada di setiap rumah. Tak jarang, barang bekas tersebut dibuang tanpa diolah kembali. Padahal, barang-barang tersebut bisa dijadikan kerajinan tangan yang bermanfaat. Secara tidak langsung Anda juga membantu mengurangi jumlah sampah yang ada.

Kreasi kerajinan barang bekas

Pot dari Botol Bekas | Kreasi kerajinan barang bekas

Botol plastik adalah salah satu barang rumah tangga yang paling umum digunakan. Alih-alih membuangnya, Anda bisa mengubahnya menjadi pot yang lucu dan menarik. Jika Anda memiliki anak kecil di rumah, undang dia untuk membuat kreasi dari botol-botol ini.

Untuk membuatnya, potong botol menjadi dua secara horizontal. Ambil saja bagian bawahnya untuk membuat pot. Bentuk botol plastiknya sesuai selera. Kemudian, gunakan cat untuk menghias pot dari botol plastik tersebut.

Kreasi Botol Bekas untuk Dekorasi Meja

Selain dari plastik, Anda juga bisa membuat kerajinan tangan dari botol kaca bekas. Botol kaca umumnya berasal dari kecap, sirup, dan minuman bekas. Daripada membuangnya, kamu bisa mengubahnya menjadi dekorasi meja seperti di gambar.

Anda hanya membutuhkan cat semprot untuk membuat kreasi tersebut. Agar lebih menarik, tambahkan aksesoris lain, seperti pita emas dan pita warna-warni.

Lampu Gantung dari Botol Plastik | Kreasi kerajinan barang bekas

Anda juga harus mencoba kreasi dari botol plastik bekas. Peralatan yang dibutuhkan antara lain botol plastik, gunting, dan kawat. Agar lebih cantik, gunakan botol pastel dengan warna berbeda, seperti hijau, coklat, dan bening.

Potong botol plastik menjadi daun. Satukan daun yang sudah dibuat dengan kawat sehingga membentuk rangkaian seperti pada gambar. Tambahkan lampu di antara untaian daun plastik dan gantung di atas ruangan.

Kreasi Lampu Duduk dari Botol

Tak hanya lampu gantung, botol plastik juga bisa dibuat menjadi lampu duduk. Kali ini Anda bisa menggunakan kemasan air mineral bekas seperti botol Aqua untuk membuatnya.

Anda bisa mencoba kreasi botol Aqua bekas ini bersama anak Anda di rumah. Ambil sebotol besar air mineral dan potong menjadi dua secara horizontal. Ambil bagian atasnya lalu potong lagi seperti pada gambar.

Gunakan cat kuning dan hijau agar botol tersebut terlihat seperti nanas. Masukan lampu ke dalam botol bagian bawah lalu gunakan bagian atasnya sebagai penutup.

Kerajinan dari Kemasan Minuman Gelas

Selanjutnya, Anda juga bisa membuat kreasi barang bekas dari botol aqua gelas atau kemasan minuman lainnya. Contohnya adalah membuat tempat minuman gelas seperti pada gambar.

Anda hanya membutuhkan sejumlah bekas Aqua gelas atau minuman sejenisnya, kawat, dan gunting. Anda juga bisa menyiapkan pita warna merah untuk hiasan.

Mainan Istana dari Kardus

Jika Anda punya kardus bekas kulkas, cobalah mengubahnya menjadi istana seperti pada gambar. Istana kardus ini nantinya bisa menemani si kecil bermain dengan bonekanya. Selain menyenangkan, si kecil juga bisa meningkatkan imajinasinya.

Anda tidak harus membuat istana kardus sebesar ini. Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa membuatnya dalam ukuran yang lebih kecil. Tidak ada pola khusus, jadi Anda bisa membuat istana kardus sekreatif mungkin.

Nah itulah sedikit contoh Kreasi kerajinan barang bekas yang bisa anda lakukan dirumah.