Mengenal Rumah Klasik Adat Banjar

Mengenal Rumah Klasik Adat Banjar

Mendengar nama rumah klasik adat Bubungan Tinggi, Anda harus juga siap dengan arti “rumah Banjar”/”Rumah Ba’anjung”. Kedua-duanya mengacu pada rumah adat Kalimantan Selatan. Dimaksud rumah Banjar, karena memang sebagian besar suku di Kalimantan Selatan merupakan suku Banjar. Rumah yang mereka diami ini menyebar di semua lokasi Kalimantan Selatan. Oleh karena itu dia dinobatkan menjadi rumah adat provinsi itu. Mengenai makna “Rumah Bubungan Tinggi” merujuk pada model rumah adat tersebut yang memang sisi atamnya tinggi serta lancip sampai membuat sudut 45 derajat menurut kontraktor rumah klasik.

Mengenal Rumah Klasik Adat Banjar

Konon beritanya, rumah adat Kalimantan Selatan ini telah ada semenjak era abad 16, persisnya pada saat pemerintahan Pangeran Samudera atau yang juga dikenal dengan nama Sultan Suriansyah. Di awalnya waktu membuatnya, rumah adat  Banjar ini dilengkapi dengan konstruksi sederhana berupa segi-empat yang condong memanjang dari depan ke balakang. Akan tetapi, seiring waktu berjalan, rumah adat Banjar ini lalu diubah sesuai dengan keperluan si pemilik dengan memberikan sisi rumah di samping kiri serta kanan. Mengenai arti yang dipakai untuk rumah adat Banjar yang ditambahkan sisi spesifik tersebut ialah “disumbi”. Padamulanya, rumah adat Banjar ini cuma dapat didapati di lingkungan kraton Banjar. Akan tetapi lama kelamaan, kita penduduk ikut ikut bangun rumah dengan mengambil bangunan di lingkungan istana itu sampai persebarannya hampir merata bahkan juga sampai ke Kalimantan Tengah serta Kalimantan Timur.

Sama dengan rumah adat yang lain, pembuatan rumah klasik adat Banjar ikut tidak asal-asalan pentingnya konstruksi fiksik rumah. Beberapa bahan yang dipakai berpadu dengan keyakinan yang diyakini dan aspek fisik tanah di lokasi kerajaan Banjar waktu itu.

Pada saat pembagunan seorang pemilik harus menghitung dengan spesifik bahan baku pembangunan rumah klasik tersebut agar menghasilkan desain rumah yang di inginkan dan hemat biaya tentunya. Namun sekarang jangan bingung tentang perhitungannya karena sekarang ada kontraktor rumah klasik yang siap membantu anda mengatasi masalah tersebut dengan menghubungi kontak yang tertera di webite tersebut.