MASJID RAYA BANDUNG

MASJID RAYA BANDUNG JAWA BARAT

Masjid Raya Bandung terletak di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat tidak hanya berfungsi sebagai pusat kegiatan keagamaan, tetapi juga sebagai pusat pariwisata dan rekreasi.

Hal ini tidak terlepas dari lokasi pendirian yang terletak tepat di jantung kota Bandung dimana mayoritas warga adalah kegiatan utama.

Ada juga persegi dekat dengan masjid agung dan membuat daerah ini selalu ramai dengan penduduk lokal atau penduduk daerah lain.

Seiring waktu, di sekelilingnya telah tumbuh pusat-pusat ekonomi, rekreasi, untuk pusat wisata.

Masjid Raya Bandung yang kita saksikan hari ini adalah hasil dari sejumlah renovasi, renovasi minor atau renovasi besar.

Renovasi dilakukan meliputi persegi penataan ulang Bandung sebagai taman kota dan mendukung daerah sekitarnya.

Dalam renovasi abad ke-19 dilakukan tiga kali, di renovasi abad ke-20 dilakukan lima kali, dan yang terakhir di abad ke-21 telah membuat salah satu renovasi besar.

Awalnya, masjid ini diharapkan untuk berdiri di 1812 ini hanya sebuah masjid kecil dengan tahap bangunan, kayu bertiang, dinding anyaman bambu dan atap jerami.

Renovasi besar pertama digagas oleh Bupati Bandung saat itu R.A. Wiranatakoesoemah IV dengan menambahkan dinding dan atap gentip.

Kemudian ada lagi renovasi besar di sekitar tahun 1850-an dengan mengganti atapnya menjadi atap overlay tiga. Model atap menghasilkan sebagai “bale nyungcung” untuk masjid ini.

Masjid agung Bandung yang tampak sekarang hasil renovasi terakhir ini adalah model kubah masjid baru yang kental dengan model bangunan masjid di Arab, dimana sebelumnya model bangunan masjid di tengah kota bandung ini adalah bercorak bangunan model khas sunda.Dan model masjid arab ini semakin diperkuat dengan dibangunnya 2 menara kembar setinggi 81 meter di sebelah kanan dan kiri masjid Raya Bandung.

Namun, perubahan yang paling drastis pertama kali dilakukan pada tahun 1955 dengan bantuan dari karya desain Ir. Sukarno untuk memfasilitasi kegiatan Konferensi Asia-Afrika pada saat itu.

Kegunaan Masjid Raya Bandung sejak zaman kuno, masjid ini tidak hanya digunakan untuk ibadah, tetapi juga digunakan untuk berbagai kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid Raya Bandung yang tampak sekarang hasil renovasi terakhir ini adalah model masjid baru yang kental dengan model bangunan masjid di Arab, dimana sebelumnya model bangunan masjid di tengah kota bandung ini adalah bercorak bangunan model khas sunda.Dan model masjid arab ini semakin diperkuat dengan dibangunnya Kubah Masjid Utama dan 2 Kubah Masjid kecil di sampingnya serta 2 menara kembar setinggi 81 meter di sebelah kanan dan kiri masjid Raya Bandung.

Kegiatannya meliputi salat berjamaah, pengajian, ceramah, diskusi agama, untuk peringatan agama besar Islam.

Dengan posisi yang strategis di pusat kota, Masjid Raya Bandung sangat menguntungkan, terutama dengan banyak pilihan pariwisata di sekitarnya.

Bahkan, semua pilihan yang mungkin tersedia. Dari mulai wisata religi, wisata belanja, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata up malam.

Sebagai contoh, untuk tur belanja, pengunjung dapat menemukan di sepanjang Jalan Dewi Sartika bahwa ada banyak distribusi dan toko fashion.

Berjalan sekitar 500 meter, pengunjung akan mencapai Braga sangat ikonik dan tempat untuk menikmati sejarah tur dan perjalanan kuliner.

Bahkan, pilihan kuliner di sekitar Masjid Raya Bandung sangat beragam, mulai dari masakan tradisional ke kuliner internasional semua tersedia.

*Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pemesanan Kubah Masjid serta Konsultasi di Kontraktor Kubah Masjid:

CV.SINAR SURYA ABADI

• Telepon: 031-7871416

• Handphone dan Whatsapp: 081235648084/082264308124

• Alamat : Jalan Ki Suryo jati selatan Rt.24 Rw.08 Kedungturi Taman Sidoarjo – Jawa Timur 61257

• Buka Setiap Hari Pukul 08.00 – 17.00

• atau Kunjungi di https://kubah-surya.com

Dapatkan harga penawaran kubah masjid terbaik dari kami dengan harga termurah serta berkualitas dengan disertai surat jaminan garansi di setiap produknya.

Kami juga bersedia survey kubah masjid di dalam kota, luar kota,maupun luar pulau dengan secara gratis.