Kelebihan dan Kekurangan Bahan Tas Kanvas

Tas kanvas nerupakan jenis tas yang tahan dengan berbagai macam kondisi, sama halnya dengan bahan kanvas yang tahan dan kuat. Awalnya kain kanvas dibuat dari serat jerami modifikasi, namun seiring berkembangnya teknologi kanvas dibuat dengan bahan dasar katun atau linen sehingga kekuatan kanvas saat ini hampir sama dengan denim dan sejenisnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika kanvas banyak dijadikan bahan dasar pembuatan sepatu, pakaian dan beberapa jenis tas seperti tote bag. 

Adapun kelebihan dan kekuarangan penggunaan kain kanvas dalam pembuatan berbagai jenis barang, berikut beberapa diantaranya: 

1. Mudah ditemukan dengan harga yang tetjangkau.

2. Memiliki kekuatan yang baik dan tidak mudah sobek.

3. Mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai jenis cat dan aksesoris jahit bahkan tempel.

4. Terdapat berbagai macam warna, mulai dari yang terang sampai gelap.

5. Sebagian bahan kanvas memiliki sifat kedap air.

Sedangkan beberapa kekuarangan yang dimiliki bahan kanvas ialah:

1. Memiliki harga yang cukup mahal bagi sebagian jenis kain, khususnya yang berserat tinggi karena kekuatan yang dimilikinya sangat baik.

2. Pada jenis kanvas yang tebal akan kurang cocok atau sulut dikombinasikan dengan motif jahit.

3. Jenis kanvas tebal hanya cocok digunakan sebagai bahan sepatu dan tas, tidak pada pakaian dan aksesoris lainnya. Itulah beberapa kelebihan dan kekuarangan bahan kanvas yang perlu Anda ketahui. Hal ini tentunya sangat bermanfaat ketika suatu saat nanti Anda ingin membuat tote bag kanvas sendiri dengan ide dan motif yang bisa dibuat sesuai selera, maka bisa dipilih bahan yang sekiranya sesuai dengan tetap mempertimbangkan kekurangan yang dimilikinya. Berbeda jenis kanvas, maka berbeda pula harga yang ditawarkan mengingat fungsi dan penggunaannya juga berbeda.