Jangka Waktu dan Bunga gadaian BPKB Berapa Persen Per-Bulan?


Pegadaian atau lembaga keuangan menyediakan 4 jenis pembiayaan. yang keseluruhannya dapat di peroleh hanya dengat menggadaikan atau jaminan BPKB kendaraan bermotor untuk dapat memperoleh pinjaman dana yang sesuai dengan kebutuhan anda, entah itu untuk biaya pernikahan, modal usaha ataupun untuk kebutuhan konsumtiff lainnya.

Disini kami akan menjelaskan, berapa persen kisaran bunga per bulan dengan menggadaikan BPKB kendaraan bermotor, mari kita simak..

Besaran Bunga yang Di Tetapkan

Suku bunga kredit yang ditetapkan oleh pihak lembaga keuangan atau perbankan juga menjadi salah satu peran hal penting yang wajib calon nasabah pertimbangkan, karena hal tersebut akan mempengaruhi secara langsung besaran piutang nya nantinnya. Pilih lembaga keuangan atau perbankan yang menawarkan suku bunga kredit yang paling ringan, biasanya berkisar diantara 0,98 persen hingga 1 persen per-bulannya.

Tenor atau Jangka Waktu Pinjaman

Masa atau waktu pinjaman juga menjadi acuan poin penting untuk anda pertimbangkan, jangan sampa anda sebagai calon nasabah harus membayar sejumlah cicilan piutang yang sangat besar setiap bulannya hanya karna masa kredit yang diberikan jangka pendek. Hal seperti ini justru akan membuat masalah baru di dalam keuangan atau finansial dan juga usaha. Pilih lembaga keuangan atau perbankan yang bisa memberikan waktu atau tenor kredit yang cukup panjang, setidaknya diatas 4 tahun, sehingga anda sebagai calon nasabah dapat memiliki waktu yang terbilang cukup panjang dalam memanfaatkan pinjaman (ringan).

Berbagai Macam Biaya

Ketika kita akan mencairkan pinjaman jaminan gadai bpkb mobil atau biasa disebut BPKB kendaraan bermotor ke lembaga keuangan atau perbankan, maka anda sebagai calon nasabah akan dikenakan beberapa sejumlah biaya oleh pihak lembaga keuangan atau bank dan ini juga wajib di pertimbangkan sejak di awal hari.
Amati lebih jelas mengenai semua biaya tersebut dan pilih lembaga keuangan yang memberikan biaya atau bunga yang paling ringan dan masuk akal.

Lakukan perhitungan atau simulasi

Wajib lakukan perhitungan diawal sebelum mengajukan pinjaman jaminan bpkb kendaraan ke lembaga keuangan atau ke bank, karena hal ini sangat penting untuk melihat kemampuan kita untuk bayar dan juga seberapa efektif uang tersebut bagi kebutuhan modal.

Mari kita Simak contoh simulasi kredit:

Jika anda sebagai calon debitur berniat mengajukan pinjaman dengan sebesar Rp. 2 Miliar ke lembaga keuangan atau bank dengan menjaminkan BPKB 2 buah mobil yang mewa yang anda miliki sebagai jaminannya. Baca juga artikel lainnya: gadai bpkb mobil di bogor
Setelah melakukan proses apprasial, maka akan diketahui nilai ke 2 mobil tersebut adalah sebesar Rp. 2,5 miliar.

Nilai jaminan: Rp. 2,5 miliar

Biaya provosi: 4% x Rp. 2,5 miliar = 108 juta

Biaya asuransi: Rp. 5 juta

Total pinjaman kita yang diterima: Rp. 2,4 miliar

Bunga pinjaman flat sebesar 2 persen per-bulan, dengan jangka waktu pinjaman 36 bulan.

Bunga per-bulan: (Rp. 2,5 miliar x 12 persen x 2) / 36 = Rp. 42 juta

Total dari bunga pinjaman selama 3 tahun: 42 juta x 36 = Rp. 720 juta

Total hutang: Rp. 2,5 + Rp. 720 juta = Rp. 3,219 miliar

Cicilan per-bulan: Rp. 3,219 miliar / 36 = Rp. 231 juta

Demikian CONTOH pembahasan mengenai tentang besarnya persentase bunga gadai bpkb kendaraan, semoga bermanfaat.