Hal Yang Bisa Dilakukan Saat Bedrest

generasimaju.com – BERIKUT kegiatan yang Mama bisa lakukan di saat bedrest. Akan lebih menyenangkan bila pasangan dapat menemani di saat Mama beraktivitas.

• Menonton televisi Posisi Mama di tempat tidur saat bedrest umumnya disarankan berbaring miring agar aliran darah ke arah plasenta lancar. Dengan posisi tersebut Mama bisa menonton teve. Pilih acara favorit Mama. Yang pasti tontonan yang dipilih harus bersifat santai dan menghibur. Jangan memilih tayangan yang menyeramkan atau “berat” sehingga menambah pikiran.

• Membaca buku, majalah, tabloid. Bagi Mama yang hobi membaca, bisa menyelesaikan novel yang sedang dibaca. Atau baca tabloid nakita untuk memperkaya informasi tentang kehamilan, persalinan, dan menyusui.

• Hubungi teman atau kerabat dekat. Adanya perangkat gadget lebih mempermudah Mama untuk berkomunikasi. Mengobrol dapat menyenangkan hati. Berceritalah tentang apa pun bisa dengan menelepon secara langsung, lewat chatting via line, e-mail, whatsapp, atau BBM.

• Main games. Tentunya dalam posisi berbaring. Manfaatkan fitur-fitur yang ada dalam perangkat gadget. Namun tetap perlu diperhatikan untuk tidak bermain terlalu lama sehingga membuat mata menjadi lelah dan tangan pun capek.

• Menulis. Mama bisa mengungkapkan perasaan, pengalaman, maupun berbagai ide dalam bentuk tulisan. Meski mungkin sekadar tulisan status di media sosial atau di buku harian, di blog, dan sebagainya. Siapa tahu pengalaman yang Mama tuliskan jika dikumpulkan bisa menjadi sebuah buku. Lakukan jika Mama memang sedang ingin menulis, jangan menjadi beban. Ketika menulis dengan menggunakan laptop, perhatikan posisi duduk. Bila perlu konsultasikan pada dokter, berapa lama Mama boleh berada dalam posisi duduk.

• Browsing internet. Ada banyak pilihan situs, termasuk situs parenting. Atau mungkin Mama yang hobi berbelanja bisa memenuhi keinginannya dengan browsing ke situs-situs belanja online. Jadi, tetap menyenangkan, bukan?

• Memanjakan diri dengan perawatan. Zaman sekarang beberapa rumah sakit menyediakan fasilitas perawatan kecantikan, termasuk nyalon untuk Mama yang sedang bedrest. Manfaatkan fasilitas tersebut tentu dengan sebelumnya menanyakan apa yang boleh dan tidak pada dokter terlebih dulu. Mama juga bisa merias wajah agar tetap kelihatan cantik meski di saat bedrest. Terkadang penampilan fisik segar bisa memengaruhi mood dan perasaan Mama menjadi lebih baik dan menyenangkan.