Hal yang Bisa dilakukan saat Bedrest Bagian 2

• Membuat kerajinan tangan.

originals.id – Mama hobi merajut? Lakukan saat bedrest ini. Buatlah bentuk yang sederhana seperti sepatu atau syal buat si kecil.

• Membuat makanan kesukaan.

Bagi Mama yang setengah bedrest masih diperbolehkan jalan-jalan di dalam rumah. Jadi, Mama bisa bersantai di ruang makan. Mama dapat membuat sendiri makanan kesukaan yang sederhana, misalnya mengoles roti dengan mentega dan selai, membuat salad buah. Begitu juga membuat minuman. Hindari masak memasak yang memerlukan banyak effort seperti harus ke dapur meracik bumbu, memotong bahan, memasak dan sebagainya karena waktunya lebih lama.

• Memerhatikan kondisi rumah.

Jika bedrest membolehkan Mama berjalan-jalan di rumah Mama bisa melakukan pekerjaan ringan, misalnya mengatur kamar bayi. Tapi hindari menggeser-geser perabot ya, Ma. Cukup menata barang-barang pajangan yang kecil atau menata pakaian di lemari bayi. Duduk-duduk di teras halaman/ belakang rumah memerhatikan taman, dan sebagainya juga dapat dilakukan Mama.

Tip Mengatasi Hidung Tersumbat Si Kecil

Apakah si kecil tengah terserang batuk pilek? Terkadang pilek yang menyertai batuknya bisa sangat mengganggu karena hidung si kecil jadi tersumbat. Namun tak perlu khawatir, tip di bawah ini dapat meringankan keluhan hidung tersumbat buah hati:

L Beri segelas air hangat. Cairan akan mengurangi sumbatan di hidung karena lendir jadi lebih encer. Berikan minum sedikit-sedikit tapi sering.

L Untuk bayi tetap berikan ASI sesuai permintaan supaya daya tahan tubuhnya tetap baik.

L Aroma minyak kayu putih atau balsam khusus anak juga dapat melonggarkan jalan pernapasan anak. Balurkan di dada dan lehernya.

L Pada anak yang sudah lebih besar bisa dilakukan inhalasi tradisional. Caranya, isi baskom dengan air panas dan beberapa tetes minyak penghangat. Dekatkan baskom pada wajah anak dan tutupi kepalanya dengan handuk sehingga uap hangatnya langsung terhirup. Namun, hatihati dengan air panasnya ya, Bunda.

L Usahakan agar kamar si kecil jadi lebih lembap. Caranya, letakkan ceret atau ember berisi air panas yang dibiarkan terbuka sehingga uapnya menyebar ke seluruh kamar.

L Siapkan saputangan di dekatnya untuk mengelap segera lendirnya yang keluar saat bersin.

L Jika perlu berikan obat batuk pilek sesuai gejala yang ada. Pastikan obat yang Bunda pilih diformulasikan khusus untuk anak-anak dan mempunyai kandungan zat aktif untuk mengobati gejala batuk pileknya. Bunda bisa memilih obat batuk pilek yang mempunyai rasa buah-buahan yang disukai si kecil untuk memastikan pengobatannya lebih lancar.

L Si kecil dibawa ke dokter bila: batuk pilek disertai demam yang berlangsung lebih dari 72 jam atau 3 hari, anak rewel, lesu, lemas, pusing, menggigil (kedinginan), sesak napas, sekitar bibir tampak biru, jarang buang air kecil atau tidak mau minum, dahak disertai bercak darah.