4 Fungsi Kapasitor Dalam Komponen Elektronika

Suatu rangkaian elektronika sangat memerlukan fungsi dari sebuah komponen kapasitor. Kapasitor merupakan salah satu komponen elektronika yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Kapasitor sendiri memiliki besaran dalam muatan listrik yang dinyatakan dengan Farad (F).

Secara umumnya fungsi kapasitor terbagi menjadi dua kelompok. Pertama yaitu kapasitor memiliki kapasitas tetap. Kedua yaitu kapasitor memiliki kapasitas yang berubah-ubah atau biasa disebut kapasitor variabel.

Kapasitor mempunyai sifat dasar yaitu bisa menyimpan energi di dalam medan listrik. Dalam aliran arus DC, kapasitor berfungsi sebagai isolator atau penahan arus listrik. Sedangkan pada arus DC, kapasitor berfungsi sebagai konduktor.

Untuk lebih lengkapnya terkait dengan fungsi kapasitor simak ulasan dibawah ini.

Penyaring atau Filter

Kapasitor filter yaitu sebagai penyaring frekuensi atau rentang frekuensi pada suatu rangkaian elektronika. Biasanya kapasitor menyaring signal  frekuensi yang memiliki kekuatan rendah. Dalam besaran nilai frekuensi biasa disebut dengan sinyal DC.

Penyimpan Muatan Listrik

Inilah fungsi kapasitor yang sesungguhnya yaitu sebagai penyimpan muatan listrik. Banyak peralatan elektronika yang menggunakan kapasitor sebagai penyedia arus listrik, sehingga dengan itu alat elektronik bisa berfungsi sesuai dengan semestinya. Misalnya seperti mobil, AC, kipas angin, dan lain sebagainya.

Power Supply

Kapasitor yang berada dalam power supply ini biasa disebut dengan kapasitor dropper. Kapasitor dropper merupakan jenis konverter daya listrik yang menggunakan hambatan kapasitor untuk mengurangi tegangan yang lebih rendah. Perangkat yang menggunakan jenis ini yaitu mobil.

Cara kerja kapasitor dropper pada mobil yaitu kapasitor akan berperan sebagai sumber arus awal. Kapasitor ini memiliki kemampuan tinggi dalam menyalurkan arus listrik lebih cepat dibandingkan dengan aki mobil. Karena seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sistem penyaluran daya listrik pada aki berjalan cukup lambat, sehingga disini peran kapasitor sangat penting.

Cadangan Energi

Fungsi kapasitor berikut yaitu sebagai energy saver. Dimana kapasitor disini cukup penting, karena ada kalanya suatu aliran sirkuit bisa saja terputus tiba-tiba yang disebabkan oleh arus tansien. 

Nah itulah beberapa ulasan terkait dengan fungsi kapasitor dan beberapa juga cara kerjanya. Semoga artikel ini dapat bemanfaat dan bisa dijadikan sebagai refrensi.