7 Efek Samping Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan

Efek Samping Jamu Kunyit Asam – Jamu kunyit asam dikenal sebagai minuman tradisional yang bisa memberikan manfaat yang beragam khususnya bagi kesehatan tubuh.

Jamu kunyit asam biasanya dikonsumsi untuk meredakan mual, perut kembung, nyeri haid, dan masih banyak lagi.

Minuman obat tradisional yang satu ini dibuat dari bahan utama yaitu rimpang kunyit dan asam jawa. Seperti yang kita tahu, kunyit mengandung zat curcumin dan kaya akan antioksidan. Namun, jika kunyit dikonsumsi secara berlebihan, justru dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Dosis Konsumsi Kunyit yang Benar

Pada umumnya, kunyit tergolong aman untuk dikonsumsi dan jarang menimbulkan efek samping yang serius. Namun, pada beberapa orang konsumsi kunyit yang berlebih bisa menimbulkan efek samping yang tidak mengenakkan.

Belum ada rekomendasi resmi mengenai dosis konsumsi kunyit agar bisa dirasakan manfaat-manfaatnya terutama bagi kesehatan.

Sementara itu, menurut Joint Expert Committee on Food Additives (JECFA) tingkat asupan kunyit per hari yang disarankan yaitu 3 miligram per kilogram berat badan.

Jadi misalkan Anda memiliki berat badan 50 kg, maka Anda hanya boleh mengonsumsi kunyit sebanyak 150 miligram per harinya.

Namun, di sisi lain, pada suatu penelitian disimpulkan bahwa dosis 3,600-8,000 miligram kunyit per hari tidak akan menyebabkan efek samping yang serius. Sementara itu, pada penelitian yang lainnya menunjukkan bahwa dosis 12,000 miligram kunyit masih bisa ditoleransi oleh tubuh.

Untuk lebih amannya, Anda sebaiknya mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsi jamu kunyit asam secara rutin.

Baca Juga : Cara Membuat Jamu Kunyit Asam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Efek Samping Jamu Kunyit Asam

Berikut ini beberapa efek samping yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi jamu kunyit asam terlalu banyak:

1. Iritasi Pencernaan

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi pencernaan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, kunyit jamu kunyit asam justru dapat menyebabkan timbulnnya iritasi pada sistem pencernaan.

Hal ini terjadi karena kunyit memiliki sifat yang dapat merangsang lambung untuk memproduksi lebih banyak asam.

2. Batu Ginjal

Efek samping dari mengonsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan yang selanjutnya yaitu dapat memicu pembentukan batu ginjal. Hal ini terjadi karena kunyit mengandung zat oksalat yang tinggi. Penderita batu ginjal akan merasakan tidak nyaman dan nyeri yang hebat pada bagian saluran kemih.

3. Mual dan Sakit Kepala | Efek Samping Jamu Kunyit Asam

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak atau dosis yang tinggi (di atas 450 miligram), maka jamu kunyit asam bisa mengakibatkan mual dan sakit kepala yang berkepanjangan.

4. Ruam Kulit

Meskipun jarang terjadi, namun, konsumsi jamu kunyit asam yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yaitu kulit yang mengalami ruam atau kemerahan dan gatal.

5. Kanker

Beberapa produk kunyit bubuk biasanya ada yang menggunakan tambahan pewarna makanan. Misalnya yaitu pewarna makanan jenis metanil yellow atau acid yellow 36. Menurut penelitian yang telah diujikan kepada hewan, zat pewarna metanil yellow bisa berpotensi menyebabkan kanker jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi.

6. Intoleransi Gluten dan Penyakit Celiac

Kunyit bubuk yang biasa dijual di pasaran, di dalamnya terkandung gandum, barley, dan rye. Jika dikonsumsi oleh penderita intoleransi gluten atau penderita penyakit celiac yang “alergi” terhadap gluten, maka bubuk kunyit ini dapat menyebabkan kambuh atau memperburuk gejalanya.

Hal ini dikarenakan gluten merupakan protein yang biasa ditemukan di dalam gandum, barley, maupun rye.

7. Kontraksi yang Berlebihan | Efek Samping Jamu Kunyit Asam

Wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi kunyit terlebih dahulu. Kunyit dipercaya dapat merangsang kontraksi rahim yang berlebihan, serta dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur dan keguguran.

Efek samping kunyit tidak dapat kita remehkan begitu saja. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsinya, orang-orang yang memiliki penyakit atau kondisi berikut disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu:

  • Diabetes melitus
  • Gangguan pembekuan darah
  • Kekurangan zat besi
  • Gangguan pada empedu
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD)
  • Kanker payudara, kanker rahim, dan kanker ovarium
  • Ibu hamil dan menyusui
  • Endometriosis

Jika sedang rutin mengonsumsi obat tertentu, pastikan juga untuk berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit. Pasalnya, kunyit dapat berinteraksi dengan berbagai jenis obat.

Jika Anda rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi jamu kunyit asam. Pasalnya, kunyit dapat bereaksi dengan berbagai jenis obat.

Contoh obat tersebut antara lain yaitu obat untuk mengobati penyakit menular (seperti HIV, malaria, dan tuberkulosis), depresi, asma, alergi, kanker, impotensi, kolesterol tinggi, hipertensi, diabetes, migrain, kejang, dan masih banyak lagi.

Jamu kunyit asam memang memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun, bukan berarti Anda boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Anda perlu menaati dosis yang sesuai agar tidak berlebihan sehingga menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan.

Guna mencegah efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi jamu kunyit asam yang berlebihan, Anda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter khususnya bila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu.

Demikian tadi beberapa efek samping yang dapat timbul dari konsumsi jamu kunyit asam secara berlebihan. Untuk informasi menarik lainnya, kunjungi website kami hanya di Wuhler Team.