Defibrillator : Pengertian, Fungsi & Cara Kerja

Defibrillator adalah ? Mungkin tidak banyak yang mengerti tentang defibrillator. Bahkah orang awam sama sekali belum pernah mendengar istilah ini mungkin. Tetapi apabila anda pernah melihat adegan di televisi ketika seorang pasien tengah disetrum menggunakan alat yang mirip dengan strika. Jika anda perhan melihatnya, itulah yang disebut alat defibrillator.

defibrillator adalah

Jadi, kita bisa definisikan bahwa defibrillator merupakn alat kesehatan yang digunakan untuk alat pertolongan seorang yang mengalami “henti jantung” karena berbagai hal seperti serangan jantung mendadak, kecelakaan, tenggelam dan kondisi lainnya sehingga membuat detak jantung tidak beroperasi dengan normal.

Bagian – Bagian Defibrillator

Alat canggih ini jelas memiliki beberapa komponen dalam menjalankan tugasnya ini. Komponen utama untuk perangkat ini adalah Baterai yang dapat di carge. Kemudian terdapat Elektroda Pads, Kemudian Main unit yang disertai dengan monitor serta printer. Namun yang utama adalah mesin, baterai dan Pads Elektroda.

Cara Kerja Defibrillator

Ketika seseorang mengalami gangguan jantung (fibrilasi ventrikel) detak jantung tidak beraturan,kencang, dan fungsi jantung tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kemudian defibrillator dengan mengubah arus listrik DC dari baterai menjadi AC dengan Energi tertentu. Dengan sengatan listrik yang disesuaikan dengan impedancy pasien akan dapat membuat kelistrikan jantung terkejut dan jantung akan memulai detaknya dengan normal.

Jenis Defibrillator

Kalau kita lihat di toko alkes yang jual defibrillator setidaknya terdapat dua jenis defibrillator di pasaran. Yaitu Defibrillator Manual dan yang satu lagi defibrillator otomatis (AED). Keduanya memiliki fungsi yang sama, namun berbeda pada proses atau cara menggunakannya.

Harga Unit Defibrillator

Alat ini tergolong cukup mahal, karena memang dari proses produksinya pun tidak berada di negeri kita Indonesia. Untuk satu unit defibrillator otoatis mencapai puluhan  juta rupiah. Sedangkan untuk defibrillator manual bahkan bisa mencapai harga ratusan juta rupiah untuk merk – merk eropa.

Demikianlah sedikit pembahasan singkat mengenai apa itu defibrillator. Yaitu sebuah alat medis yang sangat penting yang berfungsi untuk menormalkan kembali aritma jantung yang mengalami gangguan  seperti serangan jantung seperti yang sudah kita bahas diatas. Sekian, semoaga bermanfaat !