Wajib Coba, 10 Ide Kerajinan dari Daur Ulang Barang Bekas!

Pernahkah kalian melakukan kegiatan daur ulang barang bekas? Punya banyak barang yang tidak terpakai tapi tidak tahu cara mengolahnya? Mempelajari beberapa ide daur ulang bekas di bawah ini bisa menjadi solusi terbaik. Karena ide-ide tersebut, Anda dapat mengolah barang-barang yang tidak terpakai sesuai dengan kreativitas dan selera Anda sendiri.

10 Ide Kreatif dan Inovatif Daur Ulang Barang Bekas

Sebenarnya ada banyak ide daur ulang di luar sana. Namun, beberapa kreasi barang bekas ini sangat mudah dan praktis. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencobanya di rumah. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Tempat Perhiasan dari Botol Bekas

10 Ide Kreatif dan Inovatif Daur Ulang Barang Bekas

Bagaimana cara daur ulang sampah plastik? Anda bisa menggunakan ide pembuatan botol bekas ini untuk menyimpan dan memajang perhiasan. Karena ukurannya yang kecil, Anda bisa meletakkan tempat perhiasan ini di atas meja rias.

Untuk membuatnya, siapkan terlebih dahulu semua bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu empat sampai tiga botol plastik bekas, batang besi, baut, dan mur.

Kemudian, potong bagian bawah botol lalu buat lubang dengan bor di tengahnya. Masukkan batang besi ke dalam potongan botol. Agar posisi potongan botol tidak mudah berpindah, gunakan baut dan mur untuk menopangnya.

Jangan lupa untuk memberi jarak antara satu bagian botol dengan bagian lainnya. Bagaimana? Ide mendaur ulang barang bekas dan cara membuatnya cukup mudah bukan?

2. Mainan dari Rol Tisu Toilet

Mainan dari Rol Tisu Toilet daur ulang barang bekas

Kreasi mainan berbentuk lebah ini sangat mudah dibuat. Anda juga dapat membuat karakter hewan lainnya. Setelah itu, Anda bisa menggunakannya sebagai sarana edukasi untuk mengenalkan anak pada serangga dan hewan lainnya.

Bahan yang dibutuhkan adalah tisu toilet roll, lem, dan kertas. Anda dapat mencetak gambar lebah dari internet di atas kertas dan kemudian menempelkannya di gulungan kertas toilet. Anda juga bisa menggambarnya sendiri dengan cat berwarna.

3. Kreasi Bunga dari Toilet Tissue Rollers

Anda juga bisa mengubah gulungan tisu toilet bekas menjadi rangkaian bunga yang cantik. Anda hanya perlu menyediakan sejumlah gulungan tisu toilet, lem serbaguna, dan manik-manik untuk membuatnya.

Pertama, ratakan gulungan kertas toilet. Anda dapat menggunakan alat bantu seperti rolling pin atau botol kaca untuk mempermudah.

Kedua, potong gulungan tisu yang sudah dipipihkan dengan lebar sekitar 1-2 cm saja. Setelah itu, satukan keenam potong gulungan tisu tersebut hingga membentuk bunga seperti pada gambar. Gunakan lem agar potongannya saling menempel.

Selanjutnya, atur bunganya sesuai selera. Tambahkan juga manik-manik sesuai kreativitas Anda. Selesai.

4. Koinobori dari Plastik Bekas

Koinobori adalah bendera berbentuk ikan koi yang biasanya dipasang untuk merayakan Hari Anak di Jepang. Tapi, tanpa menunggu Hari Anak, kamu juga bisa membuat koinobori ini di rumah.

Menariknya, kamu bisa menggunakan plastik kemasan snack atau barang bekas lainnya untuk membuat koinobori ini. Setelah selesai, Anda bisa meletakkannya di halaman rumah Anda sebagai hiasan.

5. Pot dari Ban Bekas

Pot dari Ban Bekas daur ulang

Tahukah Anda bahwa ban mobil merupakan salah satu limbah yang paling sulit terurai secara alami? Dibutuhkan sekitar 50 tahun untuk satu ban mobil terurai di tanah.

Untuk itu, memanfaatkannya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat adalah pilihan yang tepat. Salah satunya adalah dengan mengubahnya menjadi pot bunga seperti pada gambar di atas.

Cara membuatnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengecat ban bekas lalu menempelkan papan kayu di salah satu sisinya sebagai alas. Tambahkan tanah dan pot dari ban bekas siap pakai.

6. Pot dari Majalah Bekas

Jika Anda membutuhkan pot untuk tanaman indoor, ide daur ulang kardus dan majalah bekas ini bisa menjadi solusinya. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk membuat pot yang terlihat biasa menjadi lebih menarik.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah majalah bekas, kardus agak tebal, gunting, dan lem. Mulailah dengan membentuk kotak dari karton. Sesuaikan ukuran kotak dengan pot yang Anda miliki.

Selanjutnya, buat gulungan dari majalah bekas. Sesuaikan gulungan dengan ketinggian kotak yang telah dibuat. Rekatkan gulungan yang sudah jadi untuk menutupi seluruh permukaan kotak. Terakhir, Anda bisa memasukkan tanaman ke dalam kotak.

7. Tempat Pensil dari Buku Bekas

Jangan hanya membuang buku bekas Anda. Anda bisa mengubahnya menjadi tempat pensil berbentuk bunga seperti pada gambar di atas. Daur ulang barang bekas sederhana ini cocok untuk Anda yang sering kehilangan pulpen atau pensil karena lupa di mana letaknya.

Cara membuatnya tidak begitu sulit. Kamu hanya perlu menyiapkan lima ikat kertas dari buku bekas. Kemudian potong panjang bundel sesuai kebutuhan.

Selanjutnya, ambil pensil yang sudah tidak terpakai sebagai tempat menempelkan bungkusan kertas. Tutupi pensil dengan kertas yang agak tebal terlebih dahulu.

Kemudian, tekuk bundel kertas secara horizontal dan tempelkan kedua ujungnya ke pensil. Lakukan hal yang sama untuk bundel kertas lainnya sampai membentuk seperti bunga. Jangan lupa gunakan lem serbaguna yang kuat agar semua ikatan saling menempel sempurna.

8. Bingkai Foto dari Koran Bekas

Salah satu ide mendaur ulang barang bekas menjadi barang berguna yang harus Anda coba di rumah. Hanya dengan beberapa lembar koran bekas, kamu sudah bisa membuat bingkai foto yang unik dan menarik.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto adalah karton atau papan kayu sebagai alas, koran bekas, peniti, dan lem.

Untuk membuatnya, ambil selembar koran dan lipat dari ujung ke ujung. lakukan hal yang sama pada lembar koran yang lain. Anda dapat membuat sekitar delapan hingga sepuluh lipatan koran.

Setelah itu, koran yang dilipat menyerupai bentuk pada gambar. Jika sudah, tempelkan bingkai koran di atas karton bekas. Terakhir, tempelkan pin ke koran sebagai hiasan.

9. Truk Mainan dari Kardus Bekas

Ide daur ulang kardus ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah. Mainan anak tidak selalu harus mahal. Dengan kardus bekas, Anda juga bisa memberikan mainan kecil yang asyik.

Untuk membuat truk mainan ini, Anda hanya membutuhkan kotak kardus yang cukup lebar. Kemudian, bentuk karton seperti truk. Anda dapat menambahkan bola plastik yang dibagi dua sebagai ban.

Agar lebih menarik, Anda bisa menggambar di permukaan karton. tambahkan juga dekorasi untuk mempercantiknya.

10. Mainan Anak dari Kardus Bekas

Selain dibuat menjadi truk mainan, kamu juga bisa menggunakan kardus bekas untuk membuat kerajinan sederhana ini. Kardus bekas kreasi ini juga bisa dijadikan mainan untuk anak-anak.

Jika Anda pernah melihat desain makanan dari karton, seperti pizza dan martabak, kreasi mainan ini mungkin tidak asing lagi. Ya, mainan kardus didesain menyerupai kemasan makanan yang bisa dibuka dan ditutup dengan mudah.

Cara membuatnya cukup mudah. Namun, dibutuhkan ketekunan dan kreativitas agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Itulah beberapa cara daur ulang barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Nah, ide daur ulang barang bekas bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat! See you ^^