Contoh Syair, Pengertian, dan Macam-Macamnya

Syair adalah puisi lama yang tiap-tiap bait terdiri dari empat larik yang sepintas memang memiliki kemiripan dengan puisi, pantun dan sajak namun tentunya berbeda. Bahasa yang terdapat pada syair biasanya masih berbentuk sebuah kiasan. Syair sendiri biasanya berisi tentang sebuah cerita yang memuat akan nasihat-nasihat, sebagai contoh syair agama. Pada awal kemunculan nya, syair memiliki peran dalam penyebaran agama Islam agar para pembaca dan pendengarnya tertarik dengan agama Islam yang diperkenalkan. Syair juga termasuk karya sastra yang lama seperti cerita rakyat Indonesia jaman dahulu.

Berikut merupakan beberapa hal mengenai syair dan contoh syair yang bisa menjadi referensi anda.

contoh syair
sumber: elrajab.com

1. Isi syair

Syair dapat berisi sebuah cerita, ajaran agama maupun mengisahkan kejadian, contoh syair panji. Wujud syair dapat berupa rangkaian kata yang diciptakan oleh pengarangnya sebagai sebuah manifestasi akan ekspresi pengarang. Syair juga dapat dikontemplasikan dengan peralatan musik khas syair seperti rabana.

2. Macam-macam syair

Berdasarkan isi, umumnya syair di bagi menjadi 5 macam yaitu, Syair Agama, yang mengandung ajaran agama. Syair Sejarah, bertemakan nilai sejarah, ada syair Romantis, yang kisah percintaan. Syair Kiasan, mengandung kiasan untuk mengkritik kejadian. Serta syair panji, mengisahkan kejadian dalam kerajaan.

3. Contoh syair

Berikut merupakan contoh syair kiasan yang bisa menjadi referensi anda dalam membedakan syair dan puisi.

wahai kau bidadari

bidadari dalam mimpi

bidadari dambaan hati

lama nian kau kunanti

bukan hanya sekedar cinta

bukan pula karna harta

dan bukan untuk nafsu buta

tapi kau untuk ke surga

bidadari pujaanku

kaulah tulang rusukku

pesonamu laksana peluru

menghujam k dalam kalbu

kau layaknya penerang

hadir di tengah perang

syukur selalu tak pernah lekang

atas engkau dinda sayang

terimakasih teruntuk adinda

terimaku apa adanya

tiada harta tiada tahta

hanya ada rasa cinta

janjiku pada Tuhan

tuk hilangkan susah di badan

lenyapkan duka pikiran

dalam hidupmu bidadari impian

Syair memang memiliki sebuah kemiripan dengan puisi, namun jika dilihat pada contoh syair tentunya berbeda dengan puisi. Syair sendiri dulunya berkembang karena ada pengaruh dari puisi bangsa Paris dan Arab yang sedang terkenal di kalangan sufi. Inilah hal yang menjadi alasan bahwa syair dibawakan oleh para ulama maupun cendekiawan muslim. Hal tersebut tidak hanya untuk menyebarkan agama Islam dengan mengajarkan kitab suci Al-quran, hadits, dan kitab risalah, namun juga sebagai sastra.