Contoh Sampah Organik

Masih bingung perbedaan antara sampah organik dan anorganik? Yuk ketahui penjelasan contoh sampah organik yang akan membantu mengurangi pencemaran lingkungan.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam mengelola sampah memang harus dibagi antara organik dan anorganik agar tidak menimbulkan adanya pencemaran lingkungan karena tidak dibuang di bak sampah fiberglass .

Dengan demikian maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu sampah organik dan anorganik. Untuk lebih jelasnya maka ketahui contoh sampah organik yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Sampah organik memang dapat diuraikan sendiri dalam waktu lama, tetapi jangan biarkan menumpuk terlalu lama karena bisa menimbulkan pencemaran lingkungan. Ketika diolah maka bisa menjadi pupuk yang bermanfaat untuk tumbuhan.

Contoh Sampah Organik

Bagi Anda yang masih bingung mengenai sampah organik sebaiknya ketahui terlebih dahulu penjelasannya dalam list di bawah ini.

  1. Sisa makanan

Ketahuilah bahwa contoh sampah non organik yang biasanya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu sisa makanan yang bisa menjadi kompos. Pastinya sisa makanan ini bisa berupa sayuran, kulit biji dari sayur, tulang ikan, dan lainnya.

Ketika membuang sisa makanan maka dijadikan satu dan jangan biarkan menumpak yang menimbulkan bau tidak sedap.

  • Kotoran hewan

Selanjutnya, contoh sampah organik yang berikutnya yaitu kotoran hewan. Nah, kotoran hewan jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama justru bisa menjadi pupuk tumbuhan yang manfaatnya sangatlah besar. Tetapi tidak semua kotoran hewan bisa dijadikan pupuk ya.

Contoh kotoran hewan yang bisa dijadikan pupuk yaitu kotoran hewan sapi maupun kambing.

  • Kayu

Nah, kayu juga menjadi salah satu contoh sampah organik yang akan kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Jadi kayu ini dalam yang lama memang dapat menjadi sampah jika tidak digunakan.

Untuk memanfaatkannya kembali maka Anda bisa menjadikannya sebagai salah satu produk kerajinan.

  • Sampah organik dari rumah sakit

Berikutnya, sampah organik yang sering dijumpai yaitu sampah yang berasal dari rumah sakit. Jadi, sampah dari rumah sakit memang tidak dapat didaur ulang karena mengandung bahan kimia.

Untuk meminimalkan jumlah sampahnya maka bisa membuangnya di bawah tanah.

Demikianlah seputar penjelasan mengenai contoh sampah organik yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!