Pengertian & Contoh Alat Elektromedik

Kita mengetahui ada banyak sekali alat – alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit dan klinik. Sebagaimana sudah kita bahas pada kesempatan yang lalu tentang alat kesehatan dan fungsinya, jadi secara umum ada tiga macam alat kesehatan yang terdapat di rumah sakit, klinik dan juga instansi pelayanan kesehatan lainnya.

contoh alat elektromedik

Oke, bila anda penasaran kategori alat tersebut yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik, Diagnostic In Vitro. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu diantaranya yaitu tentang alat Elektromedik.

Pengertian Alat Elektromedik

Apa itu alat Elektromedik ? Alat Elektromedik adalah alat – alat kesehatan yang dalam proses operasionalnya harus menggunakan energi listrik. Atau bisa juga disebut sebgai alat – alat yang didalamnya terdapat rangkaian elektronik. Alat ini tidak bisa beroperasi tanpa menggunakan listrik baik dari listik PLN ataupun catu daya baterai.

Contoh Alat Elektromedik

Untuk lebih memperjelas bahasan kita mengenai alat elektromdik, berikut ini saya ikutsertakan beberapa contoh alat elektromedik yang digunakan di rumah sakit dan klinik.

# Defibrillator

Tahukah anda apa itu defibrillator ? Ya, alat kejut jantung. Alat ini bekerja dengan cara memberikan stimulus energi listrik untuk mengembalikan aritma jantung menjadi normal kembali. Biasanya ini digunakan ketika seseorang mengalami serangan jantung dan kondisi jantung mengalami fibrilasi ventrikel.

# EKG (Elektrokardiograf)

EKG atau sering disebut juga sebagai alat rekam jantung. Fungsi alat ini yaitu untuk menganalisa kondisi kesehatan jantung untuk mengindikasi ada tidaknya kelainan jantung. EKG bekerja dengan cara merekam aktifitas kelistrikan jantung dengan menggunakan bantuan elektroda dan kemudian menampilkannya pada sebuah grafik dengan karakteristik yang khas.

# ESU (Elektrosurgical Unit)

Jika anda pernah menjalani operasi bedah. Kemungkinan anda pernah melihat alat tersebut. ESU digunakan sebagai pisau operasi yang berfungsi untuk membuat sayatan (bedah) pada jaringan. Contoh penggunaan alat ini yaitu pada operasi sesar. Pisau Elektronik ini bekerja dengan energi listrik tegangan tinggi sehingga dapat digunakan sebagai alat potong.

Masih banyak lagi alat – alat elektromedik lainnya yang bisa kita temukan di rumah sakit atau klinik. Tiga contoh diatas hanya sebagian kecilnya saja. Sekarang anda sudah bisa mencari informasinya sendiri. Sekian, semoga bermanfaat !