Cek Tagihan Listrik Via Website PLN dan Penyebab Listrik Padam

Cek tagihan listrik via website PLN sudah lama dilakukan oleh masyarakat karena jauh lebih praktis dan cepat. Tapi tahukah Anda, selain website PLN banyak juga website pihak kedua yang menawarkan pengecekan tagihan listrik transparan? Website-website tersebut memiliki sistem terintegrasi yang memungkinkannya membaca dan menerjemahkan tagihan pelanggan listrik melalui kode-kode unik.

5 Penyebab listrik rumah padam sebagian atau total

Bicara tentang tagihan, pernahkah Anda merasa kesal ketika PLN mematikan listrik baik sebagian atau total? Tindakan PLN ini pada dasarnya dilakukan bukan tanpa alasan. Berikut ini penyebab-penyebabnya:

  1. Korsleting Listrik

Selain dimatikan oleh PLN langsung, listrik rumah mati juga bisa disebabkan korsleting listrik. Kondisi ini terjadi karena keteledoran Anda sebagai pengguna listrik bisa juga disebabkan karena bencana alam. Jika korsleting listrik yang menyebabkan listrik rumah padam, Anda bisa mengatasinya dengan menghubungi PLN atau cari tahu sendiri cara penyelesaiannya.

  • Power Surge

Berapa jumlah daya listrik yang Anda gunakan di rumah? Penggunaan listrik berlebih menyebabkan naiknya beban tegangan listrik yang mengakibatkan power surge. Tidak heran jika listrik akan padam dalam waktu singkat. Kondisi ini diawali dengan beberapa gejala, termasuk peralatan yang mati mendadak, laptop atau PC eror dan sebagainya. Jika Anda tahu daya listrik rumah kecil, usahakan menghindari penggunaan listrik berlebih.

  • Blackouts

Meskipun sering mengalami listrik padam sebagian, Anda tetap wajib bayar tagihan listrik keseluruhan alias tidak bisa setengah-setengah. Salah satu penyebab kondisi ini adalah blackouts. Apa itu blackouts? Merupakan kondisi hilangnya tegangan listrik yang terjadi dalam beberapa menit atau tegangan nol hingga mengakibatkan data corrupt pada berbagai peralatan.

  • Undervoltage

Jika tegangan naik dengan cepat di luar batas daya listrik tidak baik dan bisa menyebabkan listrik padam. Hal yang sama juga terjadi ketika tegangan listrik mengalami penurunan dalam jangka waktu panjang. Peristiwa ini disebabkan karena perangkat motor listrik terlalu panas.

Bagaimana cara cek tagihan listrik via website PLN?

Sebagai pengguna listrik budiman, Anda ingin menjadi pelanggan yang baik dengan menyelesaikan hutang tagihan listrik secara teratur. Tapi sudahkah Anda memahami tutorial cek tagihannya? Atau masih baru dengan informasi ini?

Selain mengandalkan website PLN, Anda juga bisa mengikuti tutorial berikut ini untuk cek tagihan penggunaan listrik:

  1. Cara belanja token prabayar

Khusus untuk belanja token prabayar, Anda bisa melakukannya via aplikasi atau website dengan mengakses situs profesional seperti Hotelmurah.com. Karena hampir semua situs menawarkan opsi belanja token listrik dengan mudah dan cepat. Caranya, silakan pilih token prabayar dan berikan data-data yang diminta sistem termasuk ID pelanggan. Setelah itu pilih pulsa yang Anda inginkan dan bayar tagihan yang keluar.

  • Cara cek tagihan listrik pascabayar

Selain melayani belanja token listrik, beberapa situs dan aplikasi juga menyediakan opsi pembayaran tagihan listrik seperti Hotelmurah ini. Pilih menu listrik, masukkan data yang dibutuhkan dan lunasi tagihannya. Jumlah metode pembayaran yang tersedia sangat beragam, Anda yang sudah terkoneksi dengan mobile banking bisa memanfaatkan saldo tabungan untuk pelunasan tagihan listrik.

Atau bisa juga dengan menggunakan dompet virtual, cara ini sangat populer belakangan ini dan banyak dilakukan masyarakat urban. Tidak sulit bukan?

Cara di atas tidak hanya membantu Anda melakukan pembayaran tagihan listrik secara realtime tapi juga membantu Anda melakukan pengecekan tagihan kapan pun saat dibutuhkan.  Sehingga, Anda bisa menyesuaikan antara kebutuhan rumah tangga lainnya dengan kebutuhan pelunasan tagihan listrik. Jangan sampai cek tagihan listrik via website PLN hanya Anda simpan begitu saja tanpa berusaha untuk dilunasi tagihannya.