Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Diet merupakan salah satu cara yang bisa di lakukan untuk menurunkan berat badan. Ya, memang untuk menurunkan berat badan kita harus melalui proses diet. Tapi diet di sini bukan hanya tentang diet ekstrim yang tidak makan sama sekali hanya untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Diet dengan perubahan pola makan yang drastis, terutama jika Anda tidak makan, juga berisiko mengalami masalah kesehatan.

Meski berusaha keras, pola makan yang tidak sehat juga tidak membuat perubahan signifikan. Terapkan gaya hidup sehat untuk mempertahankan berat badan ideal yang stabil dalam jangka panjang.

Menetapkan Target

Tetapkan tujuan yang realistis sebelum dan selama diet. Cara menurunkan berat badan dengan cepat bukanlah solusi yang baik. 1 kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan juga target kecil seperti tidak makan gorengan, tidak makan fast food, dan lain-lain.

Optimis

Selain menetapkan target, tentunya Anda harus mengontrol pikiran untuk menurunkan berat badananda harus optimis bahwa anda bisa kurus. Jangan bayangkan makanan pemecah diet selama diet.

Aktif bergerak

Anda termasuk orang yang malas bergerak atau malas. Lebih baik tidak. Dengan Anda malas beraktivitas, tentunya tidak ada energi yang dikeluarkan dari tubuh. Sangat mudah untuk menjadi aktif.

Misalnya dengan jalan kaki. Anda bisa berjalan menuju suatu tempat dengan berjalan kaki. Jangan hanya duduk diam di depan komputer. Mulailah melakukan hal-hal yang terkesan sepele, seperti memarkir mobil jauh dari tujuan sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift atau eskalator.

Perbanyak minum air mineral

Air mineral penting bagi tubuh. Banyak manfaat yang akan di dapatkan dengan minum air mineral salah satunya memperbaiki ginjal dan menurunkan bert badan.

Selain manfaat tersebut, air mineral dapat menurunkan berat badan. Sebelum makan minumlah satu gelas air mineral, agar porsi makannya berkurang.

Konsumsi makanan kaya serat fiber

Saat ini banyak makanan yang mengandung tinggi serat.

Manfaat makanan kaya serat antara lain:

  • Membantu proses detoksifikasi dalam tubuh
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Menurunkan kolesterol tinggi
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar
  • Hindari timbunan lemak di pembuluh darah
  • Mengontrol gula darah blood
  • Memperlambat penyerapan glukosa

Perbanyak frekuensi makan, kurangi porsi makan

Banyak orang berpikir bahwa mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari akan membantu menurunkan berat badan. Sebenarnya anggapan ini salah. Orang dengan porsi makan yang besar walaupun hanya sekali malah menambah masalah baru.

Cukup dengan mengurangi porsinya, seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauk pauk tapi tetap dengan frekuensi yang sama atau lebih sering. Jadi tetaplah makan 3 kali sehari tetapi dengan porsi kecil.

Hindari makan lebih dari jam 6 sore

Pada saat makan siang anda harus makan lebih banyak agar energi bisa tercukupi hingga malam hari.

Namun Porsi makan siang harus lebih sedikit dari sarapan. Begitu juga makan malam. Karena aktivitas sudah selesai, Anda tidak perlu makan makanan berat lagi. Nasi bisa diganti dengan apel. Atau jika memang ingin makan malam, jangan langsung tidur setelah makan.

Hindari camilan dengan kandungan gula tinggi high

Hindari makan makanan dengan kandungan gula tinggi. Baca tabel nutrisi yang ada pada setiap paket snack yang akan Anda makan atau minum.

Selain itu makan dengan kadar gula tinggi akan mengakibatkan gejala diabetes. Hindari juga minuman bersoda karena minuman bersoda mengandung gula yang sangat tinggi.

Minum air jeruk nipis di pagi hari

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan. Minum air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama diet dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C akan bekerja menyerap kalsium dalam sel lemak, sehingga terjadi penurunan berat badan.

Pola makan yang alami dan sehat memang tidak terlalu ketat dan menyiksa, namun tetap membutuhkan komitmen yang tinggi agar berat badan bisa turun secara teratur dan berdampak jangka panjang.