Cara Menghaluskan Sabut Kelapa yang Diolah Menjadi Cocopeat

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menghaluskan sabut kelapa? Namun sebelum kita berbicara tentang cara membuat smoothie kelapa, kita akan membahas tentang apa itu sabut kelapa dan produk dari santan.

Sabut kelapa atau limbah dari kelapa juga merupakan salah satu komponen buah kelapa yang apabila diolah dan diurai dapat menjadi produk kebutuhan pasar dalam negeri bahkan menjadi produk yang bernilai ekspor tinggi. Serat kakao (cocofiber) dan serbuk sabut kelapa (cocopeat) merupakan dua produk turunan santan yang telah mengalami beberapa penelitian.

Sehingga pemerintah, industri kecil, desainer, dan masyarakat luas dapat mengadopsi dan memilih bahan paduan suara kelapa yang ramah lingkungan dan terbarukan. Materi ini dapat menjadi bagian dari program pengembangan desain berkelanjutan, desain hijau, kewirausahaan sosial, dan program terkait lainnya.

Sehingga limbah sabut kelapa dapat bernilai lebih ekonomis yang tentunya berdampak positif bagi masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi perkebunan kelapa sawit.

Baca juga : Jual Cocomesh Murah dan Berkualitas

Cara Menghaluskan Sabut Kelapa Menjadi Cocopeat

Bahan :

  • Sabut kelapa 
  • Mesin pengayak
  • Mesin press

Cara Menghaluskan Sabut Kelapa Menjadi Cocopeat :

  1. Pertama, Anda perlu mengurangi kadar air dalam kulit kelapa. Keringkan di bawah sinar matahari langsung. Persentase di bawah 15%, untuk mencapai di bawah 15% biasanya memakan waktu hingga satu hari penuh. 
  2. Langkah selanjutnya, Anda tinggal menyaring bubuk kelapa. Hasil saringan paduan suara kelapa disebut debu. Bubuk yang diayak masih perlu dipisahkan dengan kulit kelapa yang besar atau kasar.
  3. Yang akan Anda gunakan untuk membuat Cocopeat adalah debu yang telah Anda pisahkan sebelumnya.
  4. Biasanya serabut yang kasar digunakan sebagai bahan bakar batu bata atau kerajinan tangan. Jika ingin membuat bentuk dan ukurannya bisa menggunakan mesin press, bentuknya bisa bermacam-macam, bisa bulat atau melingkar tergantung keinginan.

Jika Anda menjadikan cocopeat sebagai sumber penghasilan, Anda bisa mengemasnya agar bisa menarik perhatian. Target pasar biasanya berasal dari petani yang menanam hidroponik atau tanaman hias. 

Memanfaatkan Sabut Kelapa Dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Dapat Menjadi Bahan Dasar Pupuk Organik

Sabut kelapa memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang cukup tinggi dan untuk pertumbuhan tanaman, sebenarnya mulai disarankan agar kelapa dijadikan pupuk organik.

2. Dapat Menjadi Penetralisir Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Kolam ikan yang baru dibuat seringkali tidak mengandung semen yang buruk. Ini pasti akan membuat tanaman budidaya menjadi destruktif. Cara Membuat Cara ini cukup sederhana, cukup dengan menyiram sabut kelapa atau bisa juga dicampur dengan daun busuk dan dibiarkan selama 1 hingga 2 minggu dan nantinya air akan berubah warna menjadi coklat kehijauan. Perubahan warna air menandakan kolam siap untuk media budidaya ikan.

3. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Kerajinan

Juga kerajinan lain yang terbuat dari sabut kelapa yang dapat dipahami oleh lingkungan kita yaitu sabut kelapa termasuk bahan dasar untuk, kerajinan tangan atau barang dagangan.

4. Dapat Menjadi Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Pasti kalian sudah tahu kan mendengar briket dari batu bara atau batok kelapa bukan? Tentunya sekarang briket juga bisa dibuat dari sabut kelapa. Dan mungkin Anda akan merasa asing jika briket terbuat dari sabut kelapa.

5. Sabut Kelapa Sebagai Penyaring Air Sederhana

Salah satu manfaat penting dari sabut kelapa adalah sebagai alat bantu penyaringan air sederhana. Tekstur dari sabut kelapa yaitu berserat sehingga dapat membantu proses penyaringan air. Lalu bagaimana proses penyaringannya?

6. Dapat Menjadi Sebagai Pengganti Kayu Untuk Memasak

Jika Anda tinggal di perkotaan, Anda mungkin jarang melihat orang yang memasak dengan kayu atau sabut kelapa. Anda juga bisa temui di desa atau bermain di desa, yang masyarakatnya memasak dengan menggunakan kayu bakar atau sabut kelapa.

Baca juga : Berikut Beberapa Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

Itulah bcara menghaluskan sabut kelapa, begitu banyak peluang bisnis yang bisa di buat dari pohon kelapa, mungkin masih banyak yang belum tergali tentang peluang bisnis sabut kelapa. Semoga bermanfaat danĀ  dapat membantu untuk memulai bisnis sabut kelapa, terima kasih.